Travel

5 Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi Sebelum Lenyap

5 Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Keindahan tempat-tempat yang menakjubkan ini mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk berbondong-bondong menyaksikannya langsung. Meski dikenal sebagai obyek wisata selama berabad-abad, nyatanya kelestarian tempat-tempat tersebut mulai terancam. Hal ini disebabkan perubahan iklim, revitalisasi maupun pengelolaan yang buruk, sehingga beberapa di antaranya terancam hilang untuk selamanya.

Inilah 5 tempat terindah yang wajib kamu kunjungi sebelum lenyap dari muka bumi.

1. Taj Mahal

5 Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi taj mahal

Taj Mahal adalah makam yang populer di dunia karena keindahannya. Makam yang dibangun oleh seorang raja pada masa itu untuk mengenang istri tercintanya kini tak lagi terpelihara dengan baik. Bangunan yang paling terkenal di kota Agra, India ini terancam lenyap akibat kerusakan lingkungan.

Hujan asam, jelaga dan partikulat dari pabrik-pabrik dan kilang minyak di sekitarnya disinyalir sebagai salah satu penyebab kerusakan bangunan megah ini. Bagian depan makam yang putih berubah menjadi kuning pucat. Bahkan diperkirakan pondasi kayu bangunan yang berusia lebih dari 3 abad itu akan hancur dalam lima tahun jika tidak segera ada perbaikan. Sayang sekali jika simbol kemegahan kota Agra itu harus lenyap dari muka bumi.

2. Maldives

Maldive beach Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Maldives atau Maladewa dikenal sebagai negara kepulauan dengan terumbu karang terindah di dunia. Uniknya, negara ini juga berada di tempat paling rendah di bumi. Sekitar 80 persen pulaunya hanya berada pada ketinggian 8 cm dari permukaan laut. Diperkirakan bila es di kutub mencair karena pemanasan global yang tidak segera ditangani ini, negara eksotis tersebut hanya tinggal kenangan.

3. Venesia

venesia 5 Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kalau kamu penyuka tempat-tempat romantis, memang wajib mengunjungi kota kanal Venesia ini. Terletak di Italia, Venesia terdiri dari 118 pulau-pulau kecil yang disebut-sebut akan tenggelam saat iklim berubah di wilayah tersebut.

Kondisi parah akibat banjir yang terjadi tahun 2009 lalu membuat situasi cukup mengerikan. Frekuensi banjir yang meningkat setiap tahunnya pun meninggalkan banyak pertanyaan, sampai kapankah Venesia mampu bertahan?

4. Madagascar

madagascar masoala Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi Sebelum Lenyap

Ketidakseimbangan alam, penebangan hutan secara liar memaksa Madagascar menjadi tempat selanjutnya yang terancam lenyap dari muka bumi. Pulau kecil di bagian ujung bawah Afrika itu, dikenal sebagai rumah bagi tiga persen hewan dan tumbuhan di muka bumi. Namun spesies flora dan fauna tersebut terancam punah. Bahkan diyakini dalam 35 tahun ke depan, hutan di pulau tersebut akan hilang akibat penebangan liar, pembakaran dan perburuan liar.

5. Pulau Komodo

komodo island rinca

Pulau yang paling terkenal di Indonesia karena kejernihan lautnya dan kehidupan laut yang beragam ini juga ikut terancam lenyap. Padahal pulau Komodo adalah pulau tempat berdiamnya kadal terbesar di dunia – Komodo.

Naiknya permukaan laut telah mengancam kehidupan hutan bakau di pesisir dan pantai. Selain itu perubahan temperatur laut serta tingkat keasamannya dapat membunuh karang di sekitar pulau. Sayang sekali memang, pulau yang populer di seluruh dunia karena kadal terbesarnya itu tidak terjaga kelestariannya.

Nah, itulah 5 tempat terindah yang wajib kamu kunjungi sebelum lenyap. Dari beberapa tempat itu, tempat manakah yang pernah kamu kunjungi?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top