Travel

Ramai Soal Kudeta Militer, Intip Dulu 5 Tempat Wisata Di Myanmar Ini!

Pagoda Shwedagon

Tempat wisata di Myanmar memang tak bisa lepas dari peninggalan agama Budha. Tanah Seribu Pagoda ini dipenuhi dengan pagoda-pagoda kuno dan indah di setiap sudutnya. Mulai dari yang sederhana dengan ukuran kecil hingga yang besar dengan taburan emas dan permata.

Myanmar memiliki iklim tropis, sub tropis, dan angin musim serta terbagi dalam tiga musim yaitu musim kemarau, kemarau panas, dan hujan. Suhu rata-rata negara ini adalah 27 derajat celcius dan semakin dingin di wilayah utara. Walaupun beberapa waktu terakhir Myanmar menarik perhatian karena kudeta militer, namun negara ini juga punya destinasi unik dan menarik untuk dikunjungi. Penasaran? Langsung simak yuk!

Lihat Juga: Travelling Dengan Aman Di Musim Hujan, Intip Tips-Tips Berikut Ini

Kuil Ananda, Memukau Dengan Puncaknya Yang Berlapis Emas

Kuil Ananda, Tempat Wisata Di Myanmar
Kuil Ananda

Salah satu yang bisa dikunjungi saat berada di Kota Bagan adalah Kuil Ananda. Pagoda kuno yang dibangun pada 1105 di masa kekuasaan Raja Kyanzittha ini bukan saja arsitekturnya yang memukau. Puncak pagoda yang berlapis emas membuatnya menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke Myanmar.

Bukan itu saja, di dalam kompleks kuil ini juga terdapat patung Shin Arahan yang berwarna emas. Shin Arahan sendiri adalah biarawan yang berasal dari Kerajaan Thaton. Ia dipercaya berhasil mengubah kepercayaan dan agama Raja Anawrahta dan Raja Kyanzitta menjadi penganut Budha dan membangun kompleks kuil ini.

Pagoda Shwedagon, Salah Satu Pagoda Termegah Di Myanmar

Pagoda Shwedagon
Pagoda Shwedagon

Shwedagon adalah salah satu pagoda paling megah di Myanmar. Kompleks pagoda ini didominasi oleh warna keemasan dan dikelilingi stupa yang khas serta sebuah stupa raksasa berada di bagian tengahnya. Tidak hanya kental dengan nilai spiritual tapi juga nilai sejarah, karena itulah tempat wisata di Myanmar satu ini wajib masuk daftar kunjungan saat traveling ke Myanmar.

Pagoda Kyaiktiyo “Golden Rock Pagoda”, Tempat Wisata Di Myanmar Paling Unik

Pagoda Kyaiktiyo

Berbeda dari dua tempat di atas, Pagoda Kyaiktiyo atau yang dikenal juga dengan nama “Golden Rock Pagoda” ini dikenal karena keunikannya. Sebuah batu besar berwarna keemasan lengkap dengan stupa di bagian atasnya menjadi daya tarik tersendiri.

Namun yang lebih unik adalah letaknya yang berada di tepi tebing dengan posisi sangat seimbang seperti melawan gravitasi. Lokasinya di puncak gunung Kyaiktiyo, tempat ini menjadi salah satu situs Budha terpenting di negara Myanmar. Katanya, pagoda ini bertengger di atas sehelai rambut Budha.

Mrauk U, Tempat Wisata Di Myanmar Yang Tak Boleh Terlewat

Mrauk U
Mrauk U

Destinasi di Myanmar selanjutnya yaitu Mrauk U yang merupakan situs peradaban kuno dengan pemandangan memukau. Di sini, wisatawan disuguhi hamparan 700 bangunan pagoda dan kuil yang berdiri berdampingan dengan alam dan para petani di desa sekitar.

Dulu, dipercaya ada lebih 6000 bangunan pagoda dan kuil yang berdiri di kawasan ini. Namun, runtuhnya dinasti dan kondisi alam membuat peradaban di kawasan ini yang sebelumnya berjaya mulai berjatuhan.

Menikmati Kuil Bagan Dengan Balon Udara

Kuil Bagan
Kuil Bagan

Berbicara soal destinasi wisata pagoda dan kuil di Myanmar, Bagan adalah satu yang menawarkan banyak objek wisata berupa pagoda. Tidak kanya kuil, di kompleks ini wisatawan juga bisa menjumpai bangunan istana kuno yang berdiri megah. Ingin merasakan sensasi yang lebih menarik? Traveler bisa menikmati panorama kuil dan situs purbakala di tempat ini dengan menyewa balon udara.

Itulah lima tempat wisata di Myanmar yang bisa dikunjungi saat liburan di negara yang dikenal juga dengan nama Burma. Walaupun tidak bisa segera berkunjung dalam waktu dekat, tapi tidak ada salahnya untuk menjadikan Myanmar sebagai tujuan wisata selanjutnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top