Travel

6 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Liburan Nggak Harus Mahal!

6 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Liburan Nggak Harus Mahal!

Musim liburan sudah tiba, nih! Khawatir keluar budget berlebih saat liburan? Tenang, banyak tempat wisata gratis di Bandung yang bisa kamu kunjungi!  

Bandung dikenal dengan kondisi alamnya yang sejuk, surganya inovasi kuliner hingga tempatnya belanja pakaian-pakaian lucu dan kekinian! Maka nggak heran, jika setiap musim liburan, Bandung selalu jadi target wisata para pelancong.

Kamu, bagaimana? Siap cus ke Bandung liburan ini? Di bawah ini Loper akan kasih rekomendasi ke kamu, tempat wisata gratis di Bandung yang bisa bikin kamu berhemat! Lumayan kan, uang lebihnya bisa kamu pakai untuk membeli oleh-oleh buat orang-orang tercinta.Yuk, simak!

1. Bukit Teletubbies di Cicalengka

Ingat serial kartun anak-anak tahun 2000-an, Teletubbies? Iya, Tinky-Winky, Dipsy, Lala dan Poo yang lucu dan imut itu lho! ada sebuah destinasi wisata di Bandung yang menyerupai latar dalam serial tersebut, yakni Bukit Teletubbies.

Gambar: jakartastudio.com

Landskapnya keren, berupa kumpulan bukit-bukit hijau nan menyejukkan mata. Udara segar tidak melulu ada di Lembang dan Ciwidey, Bukit Teletubbies ini letaknya di Cicalengka. Jangan takut tekor bila jalan-jalan ke sini bersama keluarga atau pasangan, karena kamu bisa menikmati semua panorama ini gratis!

2. Kampung Cibunut

Butuh tempat wisata yang instagramable biar feed kamu makin kece? Di Bandung, kamu bisa datang ke Kampung Cibunut untuk dapat foto-foto di latar yang keren!  Sekitar 500 rumah di kampung tersebut sengaja dicat warna-warni dan dihiasi aneka mural untuk menarik wisatawan.

Serupa dengan kampun warna-warni yang ada di Semarang dan Malang, Kampung Cibunut Bandung nggak kalah serunya! Hebatnya lagi nih, berlibur ke sini tidak dipungut biaya alias gratis. Siapkan pose andalan kamu sebanyak-banyaknya, ya!

3. Bukit  Jamur Rancabonang

Satu lagi tempat wisata gratis di Bandung yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa, Bukit Jamur Rancabonang. Di sini, kamu bisa berkeliling melihat taman pohon cemara yang unik. Tidak seperti cemara pada umumnya yang tinggi dan runcing, di sini semua pohon cemara dibentuk menyerupai jamur, oleh sebab itu bukit ini dinamai demikian.

Tak ketinggalan, terdapat kebun teh yang cantik berkat adanya perpaduan dua warna kuning dan hijau yang tampak rapi dan luar biasa.

Datang ke sini, hiruplah udara sebanyak-banyaknya sebelum kamu memulai aktivitas kembali setelah liburan usai. Jangan lupa ambil foto bersama orang-orang terkasih untuk kenang-kenangan. Ingat, masuk ke sini gratis, jadi, jangan ragu datang beramai-ramai, ya!

4. Tebing Gunung Hawu

Hai, pencinta adrenalin! Kata siapa untuk memuaskan hobi yang ekstrem harus bayar mahal? Di Tebing Gunung Hawu, kamu bisa duduk bersantai di hammock pada ketinggian yang menantang adrenalin! Dua tebing dihubungkan dengan tali dan hammock, kemudian, silakan melintas di atasnya. Berani?

Gambar: Beritagar

Atau kamu bisa menyalurkan hobi olahraga panjat tebing di sini. Jangan lupa peralatan yang aman dan lengkap ya, guys! Dijamin, keringatmu akan terbayar begitu sampai di atas tebing. Pemandangan super!

Buat kamu yang cuma butuh pemandangan segar, landskap di Tebing Gunung Hawu ini paling pas dinikmati saat matahari terbit. Menatap indahnya langit matahari terbit, bisa kamu dapatkan gratis di sini.

5. Alun-Alun Kota Bandung

Kamu yang ingin istirahat sejenak setelah perjalanan menuju Bandung, tapi, ingin tetap merasakan nuansa kota Paris Van Java ini dari dekat, coba deh mampir dulu ke Alun-Alun Kota Bandung yang selalu ramai dan seru setiap waktu.

Gambar: INews

Lokasinya yang berada di pusat kota, memungkinkan kamu dekat ke mana-mana. Kulineran bisa, penginapan banyak. Nggak nyesel deh kamu menyempatkan waktu untuk datang ke sini! Apalagi lapangannya yang keren dan instagramable oke banget buat foto-foto!

6. Jalan Braga

Tempat wisata gratis di Bandung yang terakhir adalah Jalan Braga. Di sini, kamu akan menemukan bangunan-bangunan kuno yang akan memberikan nilai sejarah yang tinggi. Di jalan ini juga terdapat Gedung Sate dan Gedung Merdeka yang terkenal itu, jadi, kamu bisa mengunjungi banyak tempat sekaligus jika datang ke sini.

Berkeliling di Jalan Braga ini gratis, tapi, tentu saja, kamu harus menyiapkan uang lebih untuk kulineran di tempat bersejarah ini. Jangan cemas, banyak pedagang kaki lima yang siap mengganjal perut kamu dengan harga bersahabat. Tetap hemat, kan?

Kulineran di Jalan Braga ini semakin seru karena di sini adalah surganya kuliner jadul khas Bandung seperti Toko Sumber Hidangan yang menyediakan aneka penganan lezat khas Bandung nan legendaris!

Nah, itu dia tempat wisata gratis di Bandung yang kami rekomendasikan untuk kamu. Jadi, mau ke Bandung kapan, nih? Jangan lupa untuk tetap menyiapkan rencana perjalanan yang matang, ya. Karena meski gratis, liburan tetaplah harus menyenangkan, jangan sampai ada kendala yang mengganggu. Selamat berlibur, kamu!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top