Travel

9 Cara Ampuh agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan

Alasan Mengapa Anda Harus Pergi Travelling Sendirian

Apakah Anda salah satu orang yang senang berwisata? Anda memiliki kendala karena selalu mabuk perjalanan? Tentu hal ini sangat mengganggu Anda bukan? Mabuk perjalanan biasanya ditandai oleh rasa pusing, mual, keluar keringat dingin, muntah, atau bahkan diare.

Biasanya, orang-orang yang sering mengalami mabuk perjalanan seringkali membawa obat atau bahkan meminum obat sebelum. Lalu bagaimana cara yang dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan? Berikut tips-nya untk Anda:

1. Apabila Naik Kapal Laut

Apabila Anda akan pergi wisata dengan menaiki kapal laut, usahakan untuk duduk di bagian tengah kapal. Pastikan juga Anda selalu menghirup udara segar. Dengan menghirup udara segar, maka oksigen yang akan masuk ke dapal tubuh Anda akan semakin banyak. Hal inilah yang dapa membuat Anda terhindar dari rasa mual saat melakukan perjalanan.

2. Apabila Naik Kereta Api

Usahakan pilihlah tempat tutuk yang berada di dekat jendela. Apabila Anda menaiki kereta api tanpa AC, Anda akan mendapatkan udara segar selama perjalanan dan hal ini akan menghilangkan rasa mual. Namun apabila Anda naik kereta yang ber-AC, dengan duduk di dekat jendela maka Anda pun akan dapat melihat pemandangan di sepanjang jalan. Jangan lupa untuk mengusahakan duduk ke arah yang menghadap ke depan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa pusing selama perjalanan.

3. Apabila Naik Pesawat 

Apabila Anda berencana bepergian menggunakan pesawat terbang, mintalah untuk duduk di dekat tepi sayap. Mengapa? Dengan demikian Anda dapat melihat pemandangan dengan sekilas. Selain itu, Anda juga tidak akan langsung melihat pemandangan di bagian bawah pesawat yang dapat menimbulkan rasa pusing.

4. Apabila Naik Mobil

Anda mungkin lebih sering berwisata menggunakan mobil bukan? Jika Anda selalu mabuk perjalanan, cobalah untuk duduk di samping pengemudi. Dengan deminian, Anda dapat melihat langsung suasana jalanan yang ada di hadapan Anda. Tidak hanya itu, dengan duduk di samping pengemudi maka udara yang Anda dapatkan akan lebih segar jika dibandingkan dengan duduk di belakang dan berdempetan dengan orang lain.

5. Jangan Membaca

Untuk membunuh rasa bosan di perjalanan, seringkali sebagian besar orang melakukan kegiatan membaca. Ternyata cara ini adalah cara yang salah karena dengan membaca, maka Anda akan merasa pusing di tengah-tengah perjalanan. Untuk membunuh rasa bosan, sebaiknya Anda melakukan kegiatan lain seperti mengobrol dengan orang lain.

6. Posisi kepala

Posisi kepala menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa? Ada baiknya kepala Anda selalu bersandar pada sandaran tempat duduk. Hal ini tentunya dapat menghindari Anda dari mabuk perjalanan, terutama dari rasa pusing. Tidak hanya itu, Anda pun akan merasa lebih rileks selama perjalanan.

7.  Bau Asap Rokok

Asap rokok dapat menjadi salah satu penyebab mabuk perjalanan karena asapnya yang ters-menerus dihirup oleh Anda tentu akan membuat Anda kehilangan udara segar. Kurangnya udara segar tentu akan membuat Anda menjadi sangat mual. Untuk itu, jangan pernah duduk di samping orang yang merokok dan Anda juga jangan merokok selama di perjalanan.

8. Hindari Makanan Pedas

Makanan? Ya, dengan mengkonsumsi makanan yang salah maka Anda akan dapat mengalami mabuk perjalanan. Apakah semua makanan dapat berisiko menimbulkan mabuk perjalanan? Jawabannya tidak. Makanan yang berpotensi memicu mabuk perjalanan adalah makanan yang tergolong pedas. Tidak hanya itu, hindari pula mengkosumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

9.  Jangan Biarkan Perut Kosong

Ya, sebelum melakukan aktivitas khususnya bepergian baik itu dekat maupun jauh, Anda harus makan terlebih dahulu. Ini sangat penting untk diperhatikan agar Anda tidak masuk angin. Coba saja perhatikan apabila Anda bepergian jauh dan belum makan, tentu Anda akan merasa mual dan akhirnya muntah.

Itulah cara-cara yang dapat Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan. Semoga beberapa cara tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top