Travel

Agar Dapat Tidur Nyaman Di Pesawat

Jarang sekali diantara kita yang benar-benar bisa tertidur pulas saat kita berada di pesawat. Terkecuali jika kita cukup uang untuk membeli tiket kelas bisnis atau eksekutif. Secara umum, kita harus menyesuaikan diri dengan kondisi tempat duduk yang sempit selama dalam perjalanan dan bisa jadi selama berjam-jam jika tujuan kita cukup jauh. Jika tidak membawa buku atau tablet Anda, maka hiburan Anda mungkin hanya musik dan film yang disediakan oleh maskapai penerbangan di pesawat ditingkahi dengan tangis bayi dan anak-anak penumpang yang menemani sepanjang perjalanan Anda. Singkatnya, tidur adalah salah satu cara yang paling tepat. Selain kita bisa lebih segar saat sampai di tujuan, juga membuat perjalanan terasa lebih cepat karena selama beberapa jam kita tertidur. Lalu, dalam kondisi sesak dan relatif kurang nyaman, bagaimana caranya kita bisa tidur nyenyak di pesawat?

MEMILIH PENERBANGAN

Jika perjalanan Anda menghabiskan waktu beberapa jam, coba pilih penerbangan yang direct flight atau tanpa transit sehingga waktu istirahat kita tidak terganggu. Jika terpaksa harus menggunakan penerbangan dengan transit, pilih maskapai penerbangan yang menyediakan jarak seat Anda dengan seat di depan cukup longgar sehingga tetap nyaman meskipun harus transit. Pilih penerbangan yang paling akhir/malam sehingga selain biasanya harga tiketnya lebih murah, juga karena malam hari jadi kita cenderung mudah mengantuk.

PERSIAPAN FISIK

Bisa saja Anda mengkonsumsi obat tidur untuk memastikan Anda terlelap selama berada di udara, namun sebelumnya sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum Anda menentukan berbagai obat-obatan untuk dibawa dalam perjalanan terutama saat mengudara. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi, jadi selalu siapkan botol air minum di samping Anda. Sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman beralkohol karena udara yang kering di saat terbang membuat Anda cepat dehidarasi dan alkohol akan memperburuknya. Anda memang harus minum cukup air, tetapi sebaiknya dikendalikan untuk menghindari Anda bolak balik ke kamar kecil. Tetapi di sisi lain bagus juga jika Anda bolak-balik ke kamar kecil sehingga Anda cukup berjalan kaki untuk melancarkan peredaran darah.

Bagaimanapun, tubuh Anda harus siap menghadapi tidur yang tidak senyaman di rumah sehingga beberapa kali harus terbangun. Manfaatkan hal ini untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu di tempat tujuan Anda. Sebaiknya Anda terjaga paling tidak satu jam sebelum memasuki zona waktu yang baru.

PEMILIHAN SEAT

Katakanlah saat ini tidak mungkin membeli tiket eksekutif untuk mendapatkan seat yang dapat direbahkan. Seat yang nyaris tegak, kaki yang tidak bisa selonjor serta jarak yang sempit antara seat Anda dan seat di depan semakin mempersulit Anda untuk tidur dengan nikmat. Untuk kondisi semacam ini, sebaiknya Anda memilih tempat duduk di samping jendela. Selain dapat melihat dengan jelas pemandangan diluar, saat kita tidur kita dapat merebahkan kepala pada dinding pesawat, dan terhindar dari gangguang penumpang di samping Anda tatkala mereka perlu ke kamar kecil. Perhatikan saat tidur dirumah apakah Anda seringkali tidur menghadap ke kanan atau ke kiri. Jika ke kanan, coba pilih seat di bagian kanan pesawat begitu pula sebaliknya. Mungkin bisa juga Anda memilih seat yang dekat dengan pintu keluar darurat agar mendapatkan ruang kaki yang lebih luas. Namun untuk ini biasanya Anda harus membayar lebih. Jika Anda tidak merasa terganggu dengan aroma kamar kecil, Anda juga dapat memilih seat tengah atau belakang dengan posisi di depan kamar kecil. Tidak ada gangguan dari seat di belakang Anda dan seringkali seat bagian ini kosong sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk tidur.

MENYIAPKAN PENUTUP TELINGA/EARPLUGS, PENUTUP MATA/SLEEP MASK dan BANTAL LEHER/NECK PILLOW

Anda perlu menyiapkan tiga barang diatas untuk tidur lebih nyaman di pesawat. Penutup telinga akan meminimalisasi suara ribut di sekitar Anda, penutup mata untuk Anda yang tidak terlalu menyukai sinar lampu yang terang saat tidur dan bantal leher agar leher Anda tidak sakit dan pegal selain juga untuk melindungi leher Anda. Bantal juga meminimalisir Anda terbangun pada saat pesawat mengalami turbulence. Anda juga bisa mendengarkan musik sehingga pikiran Anda fokus untuk tidur.

MENGGUNAKAN PAKAIAN YANG NYAMAN

Tidak perlu menggunakan pakaian yang tebal saat di pesawat meskipun negara tujuan Anda dan musimnya memerlukan Anda untuk membawa pakaian tebal. Temperatur kabin cukup hangat, bahkan kadangkala agak gerah. Mungkin Anda perlu sedia jaket, selebihnya kenakan pakaian yang nyaman untuk Anda bergerak dan pastikan tidak kepanasan, celana panjang dan alas kaki yang memudahkan untuk copot pakai.

HINDARI KAFEIN DAN ALKOHOL

Alkohol dan semua minuman yang mengandung kafein seperti juga soda, teh hijau, teh hitam dan kopi membuat Anda terjaga lebih lama dan sulit tidur. Jika Anda benar-benar perlu kopi, minumlah sebelum boarding atau minum satu waktu saja saat di pesawat. Minuman yang paling tepat adalah teh decaf, karena kafeinnya rendah dan membantu Anda cepat tidur.

HINDARI SEGALA GANGGUAN

Anda bisa saja mendengarkan musik atau menonton film dengan maksud agar pikiran Anda tenang dan jatuh tertidur. Namun bisa jadi sinar yang keluar dari layar televisi di depan mempersulit Anda tidur. Jika memilih lagu atau film untuk pengantar tidur, pilih lagu yang slow dan film yang menurut Anda agak membosankan.

MEMINTA BANTUAN PADA PRAMUGARI/A

Anda bisa dengan sopan meminta bantuan pada pramugari/a atau flight attendant untuk tidak membangunkan Anda saat waktu makan tiba atau saat mereka menawarkan sesuatu. Mereka sangat menghargai kebutuhan penumpang terutama yang memerlukan istirahat dan tidur.

GERAK BADAN SEBELUM TIDUR

Olah tubuh ini tidak memerlukan area yang luas, dan dapat dilakukan diatas tempat duduk Anda. Fokuskan pada bagian otot dalam Anda, lakukan peregangan dan pelenturan otot dengan cara mengepalkan dan melepaskan kepalan dengan perlahan beberapa kali. Lakukan hal serupa ke seluruh tubuh, dengan cara menarik otot dan melepaskan secara perlahan.

Konsentrasi pada tarikan napas Anda sehingga dapat mengalihkan perhatian dan membuai Anda sehingga mudah tertidur. Tarik napas, tahan selam kira-kira 5-10 detik lalu hembuskan. Anda juga bisa menggunakan tekhnik 4-7-8 : Tarik napas melalui hidung selam 4 detik, tahan selama 7 detik dan keluarkan melalui mulut selama 8 detik. Lakukan hal ini terus menerus hingga Anda tertidur.

HINDARI STRESS

JIka semua usaha menurut Anda telah dilakukan dan tidak kunjung tertidur juga, jangan stress. Travelling seringkali sudah menimbulkan semangat sekaligus stress, tidak perlu ditambah stress karena tidak bisa tidur di pesawat. Jangan sampai hal ini jadi penghalang. Pikirkan saja bahwa setelah sampai tujuan maka kasur yang empuk di penginapan telah menanti Anda. Lagipula jika Anda telah lelah, kemungkinan besar Anda akan tertidur juga. Ambil keuntungan dari ini, yaitu Anda dapat  tidur pulas di tempat tujuan sehingga dapat menghalau jetlag.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top