Travel

Mengenal Arti Stiker-stiker pada Bis

Mengenal Arti Stiker-stiker pada Bis

Siapa yang sering naik bis? Semua pasti paham bisa adalah kendaraan besar beroda yang digunakan untuk membawa penumpang dalam jumlah banyak. Namun, pernahkah Anda menyadari kalau bus yang Anda naiki mempunyai stiker-stiker yang punya arti pada bis itu sendiri? Anda bisa melihatnya di kaca depan, kaca samping, bagasi, atau bagian belakang. Biar ngga kudet-kudet amat, dikutip dari beberapa artikel komunitas Bis Mania, berikut penjelasan mengenai stiker-stiker pada tersebut.

  1. Air Suspension

Stiker yang pertama akan dibahas adalah stiker yang bertuliskan Air Suspension. Air Suspension itu sistem suspensi udara menggunakan balon yang berisi udara untuk suspensinya, menggantikan pegas besi. Sehingga diperoleh performa dan pengendalian yang lebih baik. Kalau anda  menaiki  bis yang bersuspensi biasa dengan bis yang bersuspesi udara berasa bedanya. Bis dengan suspense udara terasa lebih ‘mental-mentul’, misalnya bis melakukan manuver ke kiri, lalu body bis bakal ke kanan, begitu juga sebaliknya.

Kalau kita mau mengetahui bus tersebut menggunakan suspensi udara atau tidak, kita harus melihat bagian bawah bis, jadi kita harus masuk ke kolong bis tapi bisa juga kita rasakan saat naik bis tersebut. Jika bus dilengkapi Air Suspension ketika melewati jalanan berlubang tidak akan terasa  dan pastinya akan nyaman untuk tidur para penumpang.

  1. MB OH 1830 / RN

Ini merupakan stiker yang menjelaskan daleman bis, baik rangka maupaun mesin. Maksud dari “MB OH 1830” itu artinya adalah MB itu adalah Mercedes Benz, kalo OH merupakan sebutan dari mesin belakang. Angka 1830 merupakan kombinasi angka, 18 artinya berat kendaraan ditambah penumpang jadi 18 ton, dan 30 merupakan power dari bis tersebut jadi 300 HP. Jadi kesimpulannya, MB OH 1830 adalah mesin Mercedes Benz dengan mesin belakang seberat 18 ton dan power mecapai 300 HP.

Masih banyak variannya selain MB OH 1830. Di antaranya MB OH 1526, 1626, Hino RK 8, Hino RG, Volvo, Scania K380 dan banyak lagi.

  1. EURO 3/4/5

EURO itu artinya standar emisi kendaraan bermotor di Eropa yang juga diadopsi oleh beberapa negara di dunia.  Jadi gas emisi yang keluar dari kendaraan bermotor (termasuk biss) sudah diatur kadarnya. Untuk setiap jenis kendaraan, diterapkan standar yang berbeda. Begitu pula pemberlakuan standar Euro di tiap negara semakin besar EURO, semakin bagus.

Di Indonesia, kendaraan bis yang baru mencapai EURO 4, yaitu mesin Scania K380 IB

  1. Jetbus HD/Evonext

Jetbus merupakan salah satu model bis. Sebenarnya masih banyak model bis yang  lainnya seperti New Marcopollo, New Travego, Nucleus 3, Irizar, Euroliner, Evolution, Evonext, Evobus dan lain lain. Model bis biasanya dicantumkan di kaca depan bagian atas atau bawah, sekaligus iklan bagi karoseri yang membuatnya.

Biasanya setelah nama model ada singkatan ‘HD’, atau ‘MD’, HD bukanlah High Definition seperti di film-film. HD merupakan singkatan dari High Deck yaitu model bus tersebut lebih tinggi. Sedangkan MD itu Middle Deck.

  1. Morodadi Prima/Adi Putro

Morodadi Prima merupakan sebuah karoseri bis, sudah disinggung kan di penjelasan sebelumnya. Karoseri itu adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka mobil atau chasis khusus bis ataupun truk. Bisa dibilang karoseri itu yang buat bis nya Nah Karoseri di Indonesia itu ada banyak dari Adi Putro, Tentrem, Laksana, Restu Ibu, Trisakti, Trijaya Union, dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan kaget kalau stiker-stiker yang dengan tulisan di atas tersebut punya arti masing-masing, bukan sekedar tempelan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top