Travel

Bukan di Rio de Janeiro, Patung Yesus Tertinggi Ternyata Ada di Toraja

Bukan di Rio de Janeiro, Patung Yesus Tertinggi Ternyata Ada di Toraja

Brazil memiliki destinasi populer berupa patung Christ the Redeemer atau patung Yesus Sang penebus. Setiap tahun Rio de Janeiro dikunjungi ribuan wisatawan yang ingin melihat langsung kemegahan patung tersebut. namun, ternyata Christ the Redeemer bukan satu-satunya patung Yesus tertinggi di dunia.

Tahukah bahwa di Indonesia juga ada patung Yesus tertinggi di dunia, tepatnya berada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Patung megah ini berdiri di atas bukit setinggi 1700 meter di atas permukaan laut. Berikut fakta-fakta patung Yesus Buntu Buruke yang perlu disimak.

Patung Yesus Tertinggi di Dunia

Diklaim sebagai yang tertinggi kedua di dunia dan mengalahkan patung Yesus Sang Penebus di Brazil yang memiliki ketinggian 40 meter. Patung Yesus Buntu Burake memiliki fondasi 17 meter menjadikan tubuh patung jadi 23 meter. Posisi pertama patung Yesus tertinggi berada di Polandia yang memiliki tinggi 52,5 meter.

Melibatkan Seniman Asal Yogyakarta

Patung Yesus di Toraja ini diinisiasikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Sementara sang perancang adalah seniman dari Yogyakarta bernama Supriadi dan dibantu Wardoyo Suwarto.

Pembangunan patung ini sendiri bertujuan untuk memajukan pariwisata daerah setempat. Dibangun pada 2014 hingga 2015, patung ini diresmikan pada 23 Desember 2018.

Destinasi Populer di Tana Toraja

Dengan fasilitas pendukung yang mumpuni seketika Patung Yesus Buntu Burake menjadi destinasi populer di Tana Toraja. Bahkan sebelum adanya patung ini, Bukit Buntu Burake sendiri telah menjadi ikon wisata di daerah tersebut.

Lihat Juga: TORAJA : Kala Kematian Tiada Memisahkan

Patung ini menjadi objek wisata populer di  Buntu Burake meskipun identik sebagai objek wisata religi bagi umat Kristiani.

Makin Populer dengan Jembatan Kaca

Berbagai fasilitas terus dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Salah satunya yaitu pembangunan jembatan kaca yang diklaim terluas di Indonesia. Jembatan kaca yang dibangun pada Januari 2018 ini menghabiskan dana hingga Rp 4 miliar.

Jembatan kaca sepanjang hampir 100 meter ini adalah spot terbaik untuk menikmati keindahan kota Makele. Spot ini pun menjadi incaran pengunjung untuk berburu foto instagramable. Jika suatu saat Anda dapat kesempatan untuk berkunjung ke patung Yesus tertinggi ini, jangan lupa berfoto di jembatan kaca ini ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top