Travel

Curug Cikaso, Destinasi Indah Di Sukabumi Yang Bikin Malas Pulang

Curug Cikaso, Destinasi Indah Di Sukabumi Yang Bikin Malas Pulang

Bicara soal air terjun, Indonesia memang memiliki banyak air terjun yang terkenal dengan keindahannya yang mempesona. Salah satunya adalah Curug Cikaso yang masih alami dan panoramanya sangat memukau. Tempat ini pun menjadi salah satu destinasi wisata alam paling populer di Ujung Genteng.

Air terjun mempesona ini berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini sering juga disebut sebagai Curug Luhur, tapi beda lokasi dengan Curug Luhur di Bogor ya.

Pesona Curug Cikaso Yang Memanjakan Mata

Air terjun ini memiliki tiga titik aliran air, aliran pertama bernama Curug Aseupan, yang kedua Curug Menong dan terakhir Curug Aki. Curug Cikaso memiliki lebar 100 meter dan tinggi 80 meter serta bermuara di Muara Tegal Buleud, Sukabumi.

Limpahan 3 air terjun terlihat indah dengan pepohonan yang asri di sekitarnya. Di bawah air terjun terdapat kolam dengan air berwarna biru kehijauan. Titik-titik curahan air terjun pun memercik ke dedaunan di sekitarnya, yang membuat pemandangan semakin istimewa.

Lihat Juga : Bingung Mau ke Pantai, Gunung Atau Curug? Di Geopark Ciletuh Sukabumi, Semua Ada

Air terjun terlihat makin menawan saat debit air sedang tinggi, karena aliran air terjun menjadi lebih deras. Namun perlu diingat, pengunjung yang datang harus ekstra hati-hati, kolam air terjun ini sedalam 15 meter dan di bawah kolam terdapat pusran air yang cukup kuat. Jadi, kalau ingin berenang pastikan untuk berenang di tempat yang aman. Jika tidak tahu dimana  bagian yang aman untuk berenang, pengunjung bisa menanyakannya kepada penjaga.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka

Destinasi wisata alam di Sukabumi ini mengenakan tiket mobil yang dihutng per mobil, yaitu Rp 27.000 ditambah biaya parkir Rp 6.000. Sementara untuk yang berjalan kaki, hanya Rp 3.000 per orang. Selain itu, ada tambahan biaya retribusi kebersihan sebesar Rp 2.000 per orang.

Biaya tambahan lain di Curug Cikaso adalah biaya penyewaan perahu dengan tarif yang bervariasi. Sedangkan untuk biaya toilet sebesar Rp 2.000. Bisa dibilang destinasi alam satu ini cukup terjangkau untuk anda yang ingin melepas penat sejenak dari keramain kota.

Lihat Juga: Wisata Tersembunyi di Cianjur ‘Curug Ngebul’

Wisata air terjun ini hanya buka pada pagi hingga sore hari yaitu sekitar pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ada pada pagi dan siang hari, karena pemandangan hijau dan suara air terjun bisa dinikmati dengan lebih leluasa.

To Top