Travel

Daftar Mitos Yang Bisa Bikin Gagal Travelling

Masyarakat Indonesia sangat akrab dengan yang namanya mitos, walaupun beberapa diantara mitos tersebut terdengar sangat tidak masuk akal tapi ternyata jika dinalar mitos-mitos tersebut juga ada benarnya. Hanya saja kadang ada juga mitos yang memang sangat tidak masuk akal dan bahkan ketika dinalarpun masih tetap tidak masuk akal. Diantara banyaknya suku bangsa di Indonesia, orang Jawa paling terkenal dengan banyaknya mitos berupa larangan-larangan yang beberapa diantaranya bisa bikin kamu gagal travelling. Berikut adalah daftar mitos yang bisa bikin gagal travelling.

Larangan Pergi di Hari Sabtu

Pada jaman dahulu masyarakat Jawa menganggap bahwa hari Sabtu adalah hari yang kurang baik jadi sebaiknya hindarilah bepergian di hari Sabtu. Well, agak repot ya buat kamu yang hanya punya hari libur hari Sabtu dan Minggu jadi kalau mengikuti mitos ini bisa-bisa kamu nggak pernah travelling seumur hidupmu.

Larangan Pergi di Tanggal 1 Sura

Tanggal 1 Sura juga dikenal dengan tahun baru Islam yang biasanya juga merupakan libur nasional. Bayangkan jika kamu tidak boleh bepergian pada tanggal 1 Sura, jadi hari libur kamu bakalan sia-sia, padahal sangat jarang bisa menikmati hari libur selain hari Sabtu dan Minggu.

Larangan Untuk Foto Bertiga

Entah dapat ide dari mana bahwa kalau berfoto bertiga salah satunya akan segera meninggal dunia. Akan ribet sepertinya kalau misalnya ingin jalan-jalan tapi cuma bertiga bisa gagal rencana travellingnya karena tidak boleh berfoto bertiga apalagi saat ini selfie sedang booming. Sepertinya rugi banget saat travelling tapi tidak bisa selfie bareng-bareng atau harus cari anggota tambahan terlebih dahulu.

Larangan Untuk Bepergian Satu Keluarga

Mitos yang satu ini mungkin memang ada benarnya jika dinalar yaitu jika terjadi musibah maka setidaknya masih akan ada anggota keluarga yang selamat. Namun mungkin dari pada tidak jadi travelling karena mitos ini sebaiknya lebih hati-hati saja saat bepergian agar selamat sampai tujuan.

Larangan Keluar Rumah Saat Maghrib

Salah satu mitos yang masuk akal kalau dinalar dengan baik adalah larangan keluar rumah saat maghrib. Hal ini mungkin erat kaitannya dengan waktu sholat Maghrib yang pendek jadi sebaiknya sebelum mangrib sudah ada di rumah agar tidak ketinggalan waktu sholat.

Larangan Memakai Baju Hijau Saat Berkunjung ke Pantai Selatan

Dari segi mitos warna hijau adalah warna kesukaan ratu pantai selatan jadi katanya siapa yang mengenakan baju hijau akan diseret oleh ombak. Ngeri memang tapi ternyata secara nalar ada benarnya, jika seseorang yang terseret ombak mengenakan baju hijau akan sulit untuk dilihat diantara ombak dan air laut yang berwarna serupa.

Larangan Bepergian Sendirian untuk Wanita

Sebenarnya ini tak hanya mitos orang Jawa saja tapi memang banyak larangan bahwa wanita tak seharusnya bepergian sendirian. Hal ini erat kaitannya dengan paham lama bahwa wanita tak bisa menjaga dirinya sendiri. Namun saat ini sepertinya larangan yang satu ini sudah mulai ditinggalkan walaupun tetap harus waspada dan lebih berhati-hati saja.

Kupu-kupu Masuk Rumah Artinya Ada Tamu

Saat ada kupu-kupu masuk ke dalam rumah orang Jawa percaya bahwa akan ada tamu jauh yang akan berkunjung. Hasilnya, rencana travelling yang sudah disusun tidak jadi dilaksanakan karena takut ada tamu jauh yang akan datang berkunjung. Mitos yang satu ini walau dinalar seperti apapun tetap tidak masuk akal, siapa tahu kupu-kupunya hanya tertipu bunga-bunga plastik yang kamu jadi hiasan di dalam rumah.

Jadi sebagai orang modern kita harus tetap bijak ya ketika dihadapkan pada mitos-mitos seperti tersebut di atas karena ternyata tak semua mitos atau larangan itu tidak benar karena ternyata beberapa diantara mitos tersebut ada benarnya juga hanya saja masyarakat jaman dulu menggunakan cara yang lebih halus untuk menyampaikan jadi tidak terkesan seperti larangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top