Travel

Dari Domestik Hingga Manca Negara, Ini Daftar Tempat Wisata Virtual Yang Bisa Diikuti

Daftar Tempat Wisata Virtual

Dorongan untuk tetap liburan selama pandemi COVID-19 masih tinggi. Walau jalur penerbangan maupun perjalanan darat masih dibatasi, banyak cara dapat dilakukan untuk mengobati rasa rindu akan berwisata. Salah satunya dengan mengikuti wisata virtual yang digelar oleh objek wisata, kebun raya hingga museum, baik di dalam maupun luar negeri.

Beberapa tur virtual mengenakan biaya namun ada pula yang gratis. Walau hanya jalan-jalan di dunia maya, setidaknya foto maupun video pemandangan yang disajikan cukup menyegarkan mata. Apa saja wisata virtual yang menarik? Berikut daftarnya.

Kebun Raya Bogor

Sebagai pengelola, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menyediakan tur virtual Kebun Raya Bogor. Tur ini sudah tersedia sejak bulan Oktober 2020 di situs Vtkrb.pddi.lipi.go.id dalam bentuk foto 350 derajat interaktif dan juga audio-visual. Foto-foto tersebut juga dilengkapi oleh tombol informasi yang apabila diklik akan menyajikan data maupun informasi menarik terkait lokasi tersebut.

Taman Impian Jaya Ancol

Memanfaatkan aplikasi live streaming Instagram, pengelola tempat wisata ini mengadakan wisata virtual berupa video. Pengunjung akan diajak jalan-jalan ke beberapa tempat di Ancol, seperti Ocean Dream Samudra dan Pantai Ancol. Tur yang diadakan setiap hari ini dilengkapi penjelasan oleh pemandu. Untuk jadwal, pengunjung bisa mengeceknya langsung di akun Instagram @ancoltamanimpian.

JKT Good Guide

Tur virtual yang diadakan oleh komunitas wisata JKT Good Guide ini memang berbayar. Peserta akan diajak untuk berkeliling Kota Jakarta, seperti ke Kota Tua, Monas hingga ke toko-toko kopi terkenal di DKI. Tur dilakukan dengan aplikasi Google Street, dilengkapi oleh pemandu yang akan menjelaskannya melalui Zoom. Jadwal dan cara mengikutinya bisa dilihat di akun Instagram @jktgoodguide.

Iheritage.id

Situs satu ini berisi katalog museum, budaya serta alam berupa tur virtual dan audio-vidual. Pengunjung hanya perlu mengakses situs tersebut dan memilih museum yang ingin didatangi secara virtual. Beberapa museum yang dapat dijelajahi yaitu:

  1. Museum Konferensi Asia-Afrika
  2. Museum Nasional Indonesia
  3. Kasepuhan Cirebon
  4. Museum Maritim Indonesia, dll

Lihat Juga: Tur Virtual Hong Kong Super Fans Beberkan 3 Kuil Yang Ramai Dikunjungi Saat Imlek

KA Wisata

PT Kereta Api Wisata yang merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia juga mengadakan wisata virtual dengan tujuan sejumlah destinasi di beberapa kota. KA Wisata telah mengadakan 2 kali tur terjadwal dan berbayar, dengan tujuan Gedung Lawang Sewu Semarang dan Yogyakarta.

Biaya yang dibayar oleh peserta sebagian akan didonasikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19. Tur dilakukan menggunakan Zoom dengan peserta terbatas, informasi mengenai tur Bersama KA Wisata bisa dilihat di Instagram @kawisata.

3-Minute Tour, Tokyo

Sebelum pandemi, Tokyo adalah salah satu tujuan wisata internasional terpopuler bagi warga Indonesia. Bagi yang merindukan suasana ibu kota Jepang ini, sekarang bisa dilakukan dengan duduk di rumah. Bukan saja berkeliling Tokyo, pengunjung juga bisa merasakan aktivitas warganya. Tur virtual yang disediakan lembapa pariwisata resmi Jepang ini berupa video yang diunggah di channel YouTube Visit Japan.

Lihat Juga: 5 Cara Hemat Traveling ke Jepang

Machu Picchu

Situs World Heritage UNESCO, Machu Picchu yang berada di Pegunungan Andes, Peru juga menyediakan tur virtual dengan alamat Youvisit.com/tour/machupicchu. Tur berupa foto 360 derajat interaktif ini semakin optimal apabila disaksikan menggunakan perangkat virtual reality.

Museum Louvre

Tidak perlu berdesakan dengan pengunjung lain, lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci bisa dilihat melalui layar ponsel. Selain itu, ribuan koleksi lain dari museum yang berada di Paris, Prancis ini juga bisa dilihat.

Pengunjung bisa memilih ruangan yang ingin dijelajahi, selain itu tur virtual Museum Louvre juga dilengkapi dengan peta navigasi yang memudahkan untuk mengeksplorasi tiap ruangan. Tur bisa diakses di laman Louvre.fr/en/visites-en-ligne.

Vatikan

Melalui situs resmi Museivaticani.va, siapa saja bisa menyaksikan keindahan arsitektur maupun monument bersejarah di kota suci Vatikan, Roma, Italia. Pengunjung bahkan dalam memasuki Sistine Chapel dan Raphael’s yang terkenal akan keindahan karya seninya.

Acropolis

Acropolis yang terletak di Atena, Yunani memiliki destinasi popular yaitu Teater Dionysus dan Kuil Parthenon. Situs Acropolisvirtualtour.gr bukan saja menyajikannya dalam bentuk dan video interaktif, namun juga dilengkapi informasi serta sejarah yang berkaitan dengan tempat tersebut.

Itulah daftar tempat dan situs yang menyediakan wisata virtual di dalam maupun luar negeri baik berbayar maupun gratis.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top