Travel

Deretan Makanan Khas Bali Yang Wajib Ada Saat Perayaan Nyepi

Makanan Khas Bali

Setiap Tahun Baru Saka, Umat Hindu di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Nyepi. Tahun ini, hari raya Nyepi jatuh pada Minggu (14/03/2021). Perayaan Nyepi ini merupakan momen yang sakral bagi Umat Hindu. Hal itulah mengapa Nyepi identik dengan suasana yang hening dimana semua orang menghentikan aktivitasnya sementara waktu. Bahkan, jalanan dan pusat perbelanjaan pun sementara ditutup termasuk juga di Bali yang mayoritasnya beragama Hindu.

Meskipun diisi dengan keheningan,  namun setiap keluarga yang merayakan Nyepi tetap menyajikan makanan-makanan khas Hari Raya Nyepi di meja makan maupun untuk sesembahan dimana hal ini sudah menjadi tradisi turun temurun. Kira-kira, apa saja makanan khas Bali yang wajib ada saat perayaan Nyepi? Yuk intip ulasannya di bawah ini!

Nasi tepeng

Nasi tepeng
Nasi tepeng

Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Gianyar, Bali. Nasi tepeng memiliki cita rasa yang pedas dari perpaduan bumbu rempah-rempah pilihan. Ciri khas dari makanan ini dapat dilihat dari isi lauknya yang beragam seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut yang diletakkan di atas nasi. Biasanya nasi tepeng ini disajikan dengan daun pisang.

Ayam betutu

Ayam betutu
Ayam betutu

Siapa yang tidak kenal dengan Ayam betutu? Saat pergi ke Bali akan terasa kurang jika tidak mencoba Ayam betutu khas Bali. Makanan ini biasanya sering disajikan untuk sesembahan ritual keagamaan seperti halnya upacara peringatan Hari Raya Nyepi. Pembuatan ayam betutu ini masih terbilang tradisional yakni dipanggang dalam api sekam sehingga citra rasa dan aromanya sangat khas.

Lawar

Lawar
Lawar

Makanan khas yang wajib ada saat perayaan Nyepi adalah Lawar. Lawar ini termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan saat Nyepi. Makanan ini terbuat dari campuran sayur, daging cincang, kelapa parut dan bumbu khas Bali. Biasanya, sayur yang digunakan adalah sayur nangka muda atau lawar nangka.

Secara tampilan, Lawar ini bisa dibilang hampir mirip dengan urap-urap. Masyarakat Bali percaya jika Lawar melambangkan keharmonisan dan keseimbangan. Jadi, tidak heran jika Lawar kerap kali disajikan untuk merayakan acara-acara besar di Bali termasuk acara Nyepi.

Entil

Entil
Entil

Saat Nyepi tiba, masyarakat Hindu daerah Wongaya Gede, Tabanan, Bali biasanya membuat makanan tradisional yang dikenal dengan Entil. Entil merupakan sejenis ketupat yang terbuat dari beras dibungkus daun dan diikat dengan bambu.

Makanan ini sekilas mirip lepet khas Jawa. Namun, Entil ini terbuat dari beras biasa sedangkan lepet terbuat dari beras ketan. Biasanya Entil ini menjadi makanan utama saat perayaan Nyepi.  

Pulung Nyepi

Pulung Nyepi
Pulung Nyepi

Sama seperti namanya, makanan satu ini wajib ada saat perayaan Nyepi. Makanan ini dikenal dengan nama Pulung nyepi. Pulung Nyepi terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji yang dikukus, diuleni, dibentuk, dan direbus. Biasanya Pulung nyepi disajikan dengan kuah gula merah dan parutan kelapa muda di atasnya.

Celorot

Celorot
Celorot

Makanan yang wajib ada saat Nyepi selanjutnya adalah Celorot. Celorot merupakan salah satu kue basah yang terbuat dari tepung beras dan gula yang dicetak dengan daun lontar. Bentuk dari makanan ini memanjang seperti kerucut. Bentuknya yang lucu dan unik menjadikan makanan ini salah satu favorit anak kecil.   

Jaja Apem

Jaja Apem
Jaja apem

Makanan Jaja Apem merupakan salah satu kue khas Pulau Bali. yang terbuat dari fermentasi tepung beras yang dicampur dengan air kelapa dan tape singkong. Makanan ini sama seperti kue apem dari Jawa. Karena tidak menggunakan gula, rasa dari Jaja apem tidak begitu manis. Rasanya lebih dominan ke tape singkong.  Untuk menambah cita rasa, jaja apem ini bisa disajikan dengan gula merah yang dicairkan dan ditaburi kelapa parut di atasnya.

Ketongkol

Ketongkol
Ketongkol

Jika saat Idul Fitri ada ketupat atau lontong, maka saaat Nyepi ada Ketongkol. Ketongkol ini mirip seperti lontong, namun bedanya Ketongkol ini berbentuk kerucut. Biasanya makanan ini disajikan bersama dengan sayur, kelapa parut, lauk pauk, dan sambal matah khas Bali. Namun, Ketongkol juga enak jika dimakan langsung tanpa campuran apapun.

Baca Juga : Harmonis!! Saat Nyepi dan Solat Gerhana Matahari di Bali

Nah, itulah makanan-makanan yang wajib ada saat perayaan Nyepi. Selamat Hari Raya Nyepi untuk seluruh umat Hindu yang ada di seluruh dunia.

To Top