Travel

Direkomendasi! 6 Buku Bertema ‘Traveling’

rekomendasi 6 Buku Bertema 'Traveling'

Anda tentu tidak asing dan setuju dengan kata-kata, “Buku adalah jendela dunia”. Orang yang tidak gemar membaca buku sangatlah merugi. Melalui buku, kita bisa mendapatkan banyak pengalaman tanpa harus merasakannya secara langsung.

Kok bisa? Hal itu dikarenakan kemampuan penulis yang bisa membawa pembacanya masuk ke dalam tulisan. Apalagi jika kita membaca buku-buku tentang traveling, selain bisa merasakannya kita pun dijamin ingin ke sana alias mupeng. Saat ini buku mengenai traveling sudah banyak beredar di masyarakat. Buku-buku tersebut biasanya menceritakan pengalaman penulis di suatu wilayah yang disertai foto dan tips-tips. Apa saja buku tentang traveling yang menjadi rekomendasi? Berikut beberapa di antaranya:

  1. The Naked Traveler

Buku karangan Mbak Trinity ini terbukti laris di pasaran karena ia berhasil menelurkan empat seri karya dengan judul yang sama dan kesemuanya menjadi buku best seller. Namun sebenarnya kisah perjalanannya juga bisa Anda baca di blog pribadinya, www.naked-traveler.com. Dalam setiap karyanya, Trinity menceritakan berbagai keseruan dan pengalamannya keliling dunia.

  1. Hijab Traveler

Buku ini cocok bagi para muslimah yang doyan jalan-jalan. Buku karya Asma Nadia ini berisikan kumpulan tulisan dari beberapa muslimah. Selain menceritakan pengalaman mereka di berkunjung ke banyak negara, buku ini juga memuat tips-tips bagi muslimah. Kini ketakutan para muslimah untuk berjalan-jalan bisa cukup terbantu dengan tips-tips dari buku ini.

  1. 99 Cahaya di Langit Eropa

Bagi Anda yang menyukai sejarah, apalagi sejarah peradaban Islam di Eropa, buku ini harus Anda baca. Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra menceritakan perjalanan mereka di kota-kota di Eropa seperti Wina, Cordoba, Madrid, Istanbul, Granada, dan Paris. Selain sukses dengan bukunya, 99 Cahaya di Langit Eropa juga telah difilmkan. Hanum juga menulis buku lain yaitu Bulan Terbelah di Langit Amerika dan Berjalan di Atas Cahaya. Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika menceritakan pengalaman Hanum dan Rangga di Amerika, bertemu dengan keluarga korban tragedi 11 September. Kemudian buku Berjalan di Atas Cahaya merupakan lanjutan dari karya 99 Cahaya di Langit Eropa. Buku ini lebih menceritakan tentang nilai-nilai Islam di benua Eropa seperti kejujuran, ketulusan dan kecerdasan.

  1. Meraba Indonesia: Ekspedisi “Gila” Keliling Nusantara

Jika buku-buku sebelumnya menceritakan pengalaman berkunjung ke luar negeri, buku ini justru menceritakan perjalanan dua orang wartawan mengunjungi daerah pedalaman, terpencil, dan terluar negara Indonesia. Kedua wartawan itu adalah Farid Gaban dan Ahmad Yunus. Mereka mengisahkan perjalanan tersebut dengan gaya bahasa khas wartawan. Buku ini juga disertai foto-foto dokumentasi perjalanan mereka.

  1. Titik Nol

Karya dari Agustinus Wibowo tampil berani dengan mengisahkan perjalanannya di negara-negara timur tengah yang jarang dijadikan tujuan wisata. Selain itu ia juga mengunjungi negara-negara yang rawan konflik seperti Afganistan. Ia mengajak para pembaca untuk memikirkan sebenarnya apakah makna dari perjalanan?

  1. 100 Hari Keliling Indonesia (Buku 1 dan 2)

Buku ini merupaan salah satu buku jalan jalan ter-update. 100 Hari Keliling Indonesia merupakan ‘pembukuan’ dari acara televisi yang disiarkan KompasTV.

Buku ini jelas mengajak pembacanya untuk melihat warna-warni Indonesia; tidak hanya mengangkat keindahan alamnya saja, tetapi juga masalah-masalah sosial dan budaya yang dialami tiap-tiap daerah.

Yang paling keren dari buku ini adalah kita tidak hanya disuguhkan oleh narasi dari tayangan 100 Hari Keliling Indonesia. Tim Kompas juga menuliskan kisah kisah dibalik layar dan juga Unforgettble Moment dari rangkaian mengelilingi Indonesia selama 100 hari.

***

Jika Anda belum cukup memiliki uang untuk berpetualang dan jalan jalan, Anda bisa memulainya dengan membaca buku. Anda bisa berimajinasi membayangkan seperti apa tempat-tempat yang diceritakan tersebut. Siapa tahu dengan membaca buku-buku ini Anda akan semakin semangat untuk mewujudkan impian ke keliling dunia. Yuk, budayakan membaca!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top