Travel

Disebut Australia Sebagai Bali Baru, Ini 5 Fakta Tentang Saipan

Pulau Saipan Disebut Media Australia Sebagai Bali Baru

Media Australia mengatakan Pulau Saipan yang berada di Mariana Utara akan menjadi saingan Pulau Bali dalam hal destinasi wisata. Pulau ini akan menjadi destinasi favorit wisatawan Australia selama Pulau Dewata ditutup.

Nama Saipan sendiri memang masih kalah populer dibandingkan Bali. Namun pulau tropis ini sendang bersiap untuk membuka pariwisatanya bagi para turis mancanegara. Dengan cuaca cerah, lautnya yang jernih dan ombak yang relatif aman, mereka percaya diri untuk menjadi pesaing Bali. Berikut 5 fakta tentang Saipan yang perlu diketahui.

Lihat Juga: Wisata dan Kuliner Makanan Khas Australia

Milik Amerika Serikat

Pulau yang masih menjadi bagian dari Mariana Utara ini terletak di Samudera Pasifik bagian barat. Pulau ini merupakan wilayah persemakmuran AS (Amerika Serikat). Sebelum dimiliki Amerika Serikat, pulau ini sempat berpindah-pindah tangan. Pada tahun 1565-1899 pulau ini pernah dikuasai oleh Spanyol. Kemudian pada 1899-1914 berpindah tangan ke Jerman, dan berikutnya pada 1920 dimiliki Jepang.

Saipan Adalah Saksi Bisu Perang Dunia II

Jepang menguasai pulau ini tidak lama, karena AS berhasil merebutnya pada tahun 1944. Saat Perang Dunia II, pulau ini adalah medan perang bagi para pasukan Amerika dan Jepang di kawasan Pasifik. Setidaknya, sekitar 3.500 pasukan Amerika dan 30.000 pasukan Jepang tewas dalam peperangan kala itu.

Pangkalan Udara Amerika Serikat

Pada tahun 1953-1962 pulau ini menjadi pangkalan udara penting bagi pasukan Angkatan Udara Amerika. Selain itu, tempat ini juga pernah menjadi markas besar Wilayah Perwalian PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di Kepulauan Pasifik yang dikelola oleh Amerika pada 1962-1986.

Lihat Juga: Jembatan Golden Gate, Menguak Kemegahan Amerika

Saipan Memiliki Tanah Subur

Saipan terkenal dengan tanahnya yang subur untuk pertanian. Tidak heran kalau disana menjadi tempat budidaya tanaman subsisten seperti pisang, singkong, sukun, ubi dan talas.

Mengandalkan Pariwisata

Pulau ini mengandalkan pariwisata bagi perekonomiannya. Tentu daya Tarik utamanya adalah wisata pantai. Biasanya wisatawan dari luar negeri datang ke tempat ini untuk snorkeling dan diving. Selain fasilitas pendukung seperti restoran, penginapan dan bar yang lengkap, Saipan juga memiliki bandara internasional serta dermaga komersial.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top