Travel

Disneyland akan Hadir di Kota Baru Walini Bandung

Portal Berita

Bandung Barat agaknya mesti bangga memiliki kota baru di kawasan Walini. Kota seluas 3.000 hektar ini akan dikelola dan dikembangkan mengikuti standar kota di Eropa hingga Dubai, demi menjadi salah satu ikon wisata dan bisnis baru di Indonesia.

Dilansir detik.com, PT. Pilar Sinergi BUMN Indonesia atau PSBI, selaku anak perusahaan bentukan konsorsium BUMN yang mengelola kota baru ini dipastikan telah menelaah kerjasama dengan Disney.inc untuk merealisasikan rencana membuka taman hiburan kelas dunia, Disneyland, di Walini.

“Kami sempat melakukan kontak dengan kementerian dan juga CEO Disneyland. Kita ada rencana melakukan kunjungan ke sana,” ungkap Dwi Windarto, selaku Direktur Utama PSBI pada Selasa (27/10/2015).

Dari hasil komunikasi tersebut, Dwi membenarkan tentang adanya ketertarikan pihak Disneyland terkait rencana tersebut. “Mereka tertarik untuk mensurvei dan menindaklanjuti kesepakatan untuk membangun Disneyland,” katanya.

PBSI diketahui juga sebagai badan yang mengelola dan mengembangkan kereta cepat (High-Speed Railway / HSR) rute Jakarta-Bandung dengan menjadikan Walini sebagai salah satu stasiun singgahnya.

Terkait rencana pembukaan Disneyland ini, Deddy Mizwar, selaku Gubernur Jawa Barat mengakui bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak keberatan akan hal itu. “Nggak ada yang melarang untuk investasi di sini. Siapa saja boleh, asal sesuai dengan tata ruang, ada kajiannya, ada amdal-nya, ada izin lingkungannya,” jelas Deddy.

Disneyland yang nantinya dibangun di kawasan Walini ini, digadang-gadang akan menyaingi Disneyland di Amerika. Hal ini bukan tidak mungkin, mengingat tersedianya infrastruktur ditambah jumlah turis per tahunnya yang mencapai 6 juta orang, kelak akan menjadi potensi besar terealisasinya rencana tersebut.

Alasan pendirian Disneyland tentunya tidak jauh-jauh karena daya beli warga Indonesia yang sangat tinggi. Apalagi bila mengingat banyaknya warga Indonesia yang tiap kali berlibur sering memilih lokasi wahana hiburan di luar negeri sebagai tempat berlibur, seperti Disneyland Hong Kong.

Pihak Disneyland pun agaknya tertarik untuk menaruh investasi di Indonesia, sebab saat ini Indonesia memang tengah membangun ekonomi berbasis inovasi dan ilmu pengetahuan.

Perlu diketahui, Disneyland adalah sebuah taman bermain bertema dongeng Disney yang didirikan oleh Walt Disney pada tahun 1955 pertama kali di California. Disneyland menyediakan beragam wahana unik dan seru.

Perusahaan yang terkenal dengan ikon Mickey Mouse itu telah bekerja sama dengan beberapa negara seperti Amerika, Perancis, Jepang dan Cina dengan menjadi bagian-bagian dari negara tersebut sebagai lahan wilayah Disneyland.

Pengelolaan dan pengembangan Kota Raya Walini sendiri, selain akan dilengkapi dengan wahana liburan seperti Disneyland, juga rencananya akan dirancang menjadi pusat belanja, hotel, pusat kesehatan, bahkan menurut Dwi Windarto, pendidikan berkelas di Indonesia seperti ITB pun akan membangun kampus di wilayah kota baru tersebut.

“Pengembangan kampus ITB dan Kantor Pemda Bandung rencananya akan dibangun di sini,” ujar Dwi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top