Travel

Indahnya Mengelana di Pulau Sikuai

pulau sikuai sumatera

Indonesia memang menyimpan berbagai macam tempat indah di dalamnya. Kita bisa menjumpai berbagai tempat eksotis dan indah untuk dikunjungi, mulai dari ujung timur sampai ujung barat. Tempat yang seperti ini adalah buruan bagi para travellers. Para traveller pasti akan bergegas untuk mengunjungi sebuah tempat indah yang baru atau jarang sekali terdengar namanya. Kali ini, ada lagi sebuah tempat indah di ujung barat Indonesia. Tepatnya di kota Padang, Sumatera Barat. Disini terdapat sebuah pulau kecil yang dekat sekali dengan daratan Pulau Sumatera. Namanya adalah Pulau Sikuai. Mungkin nama ini masih jarang dikenal di telinga para travellers baik dalam negeri juga luar negeri. Keindahan yang ditawarkan di pulau ini adalah sebuah pantai pasir putih yang sangat indah, ditambah laut yang masih biru sekali berisikan banyak fauna indah.

Disini kita akan jelaskan sedikit tentang pulau Sikuai ini.

Pulau Sikuai dapat dicapai dari Pelabuhan Teluk Bungus, Kota Padang. Dapat juga dicapai melalui Dermaga Wisata Bahari di Jalan Batang Harau, Padang. Pulau Sikuai hanya berjarak sekitar 20 km dari kota Padang / Pulau Sumatera. Hanya butuh waktu kurang lebih 25 menit saja untuk mencapai pantai Pulau Sikuai dari kota Padang menggunakan speedboat. Dan 60 menit jika menggunakan sebuah kapal.

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44,4 Hektar atau 38,6 kilometer persegi. Sekitar 2,5 hektar luas pulau ini digunakan sebagai resort atau tempat wisata. Dan di sisi yang lainnya masih berupa hutan dan pantai yang tidak terjamah. Bagian yang digunakan sebagai resort wisata mulai dari bagian pantai pulau Sikuai yang menghadap ke arah Pulau Sumatera.

 

New Sikuai Resort adalah pengelola Pulau Sikuai yang menjadikan pulau ini menjadi tempat wisata. New Sikuai Resort dibangun sejak tahun 1994. Dan mendapat dukungan resmi dari pemerintah kota Padang, dan diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2008. Sejak dibukanya sebagai tempat wisata, pulau Sikuai begitu ramai dikunjungi.

 

Apa yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung di Pulau Sikuai?

berlibur ke pulau sikuai

Jika kita berkunjung ke pulau Sikuai, kita akan disuguhi indahnya pantai pasir putih. Pulau Sikuai dikelilingi oleh pantai pasir putih yang kebersihannya sangat terjaga. Sedikit sekali sampah, bahkan bersih karena adanya petugas yang memungut sampah di pantai Sikuai.

Kita bisa melihat matahari terbit / sunrise dan sunset atau matahari terbenam dengan sangat jelas dari pantai. Momen seperti ini banyak ditunggu wisatawan untuk melihat pemandangan dan berfoto bersama.

 

Selain itu, lautnya yang masih biru sekali, dengan ombak yang cukup tenang. Jadi cukup aman untuk kita yang ingin snorkeling / menyelam melihat isi laut ini yang begitu indah. Ada banyak ikan – ikan dan terumbu karang kecil dan tanaman laut lainnya. Selain itu, kita bisa berenang dan bermain kano atau speedboat di tengah laut.

Anginnya yang sepoi – sepoi selalu berhembus, membuat tubuh tidak terlalu merasakan panasnya pantai. Selain itu, kondisinya sangat tenang jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Banyak pohon kelapa yang rindang, cocok untuk tempat berteduh, ataupun tidur di ranjang gantung diantara dua pohon kelapa.

Kita bisa mengelilingi seisi pulau dengan menjelajah, ataupun dengan bersepeda. Mulai dari menjelajahi hutan, panjat tebing, dan jika kita tertarik mengelilingi semua bagian pantai pulau ini, kita hanya mengahabiskan waktu 2 jam saja.

 

Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi pulau Sikuai?

 

Jika kita ingin menikmati semua yang ada di pulau Sikuai maka kita hanya perlu mengeluarkan sedikit uang. Tarif untuk tiket masuk dan menjelajahi seluruh pulau Sikuai hanya perlu mengeluarkan Rp.250.000 sudah termasuk makan siang, biaya itu dihitung per hari. Jika kita memilih paket ini, maka saat pukul 16.00 kita harus segera meninggalkan pulau ini, karena kapal dan speedboat tidak akan beroperasi diatas jam ini.

Jika kita imemilih paket kunjungan dan menginap di resort, biaya resort dimulai dari harga Rp. 750.000 anda sudah mendapat sebuah kamar penginapan dan dapat mengunjungi seluruh isi pulau Sikuai.

 

Sekian penjelasan tentang keindahan pulau Sikuai, bagi anda para travellers yang ingin berkunjung, segera saja mengunjungi salah satu surga yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top