Travel

Ingin Berlibur ke Tempat Unik? Datangi Saja Kota-Kota Ini!

kota unik indonesia

Kamu bosan dengan tempat berlibur yang itu-itu saja? Cari saja tempat yang menyajikan sesuatu yang unik. Eh… tak perlu jauh-jauh, lho. Di Indonesia juga ada kota unik yang bisa kamu kunjungi untuk dijadikan pilihan berwisata.

Apa saja ya? Memangnya apa sih keunikan dari masing-masing kota ini? Hmmm… sebaiknya kamu baca artikel ini sampai selesai. Dijamin kamu akan penasaran dan ingin mengunjungi semua tempatnya!

1. Tembagapura, Papua

Tahukah kamu? Salah satu kota yang ada di Papua ini dijuluki sebagai “negeri di atas awan”. Wah, kok bisa ya? Hal ini disebabkan oleh awan yang selalu menyelimuti kota ini, sehingga curah hujannya pun sangat tinggi. Curah hujan yang tinggi tentunya membuat suhu kota menjadi sangat dingin, yaitu mencapai 5-20 derajat celcius.

Memang di mana sih letak pasti dari kota ini? Ya, kalau mau ke sini, kamu harus datang ke Kabupaten Mimika. Kota yang satu ini memang sengaja dibangun untuk menunjang aktivitas pertambangan. Oleh sebab itu, walaupun letaknya jauh, kota yang satu ini memiliki fasilitas lengkap.

2. Agats, Papua

Masih di Papua nih

Kota yang bernama Agats ini berada di Kabupaten Asmat. Uniknya, kamu akan menemukan banyak sekali papan di sepanjang jalan kota. Untuk apa semua papan tersebut? Wah, ternyata semua bagian dari bangunan dan fasilitas di kota ini dibuat dari papan. Uniknya lagi, jalannya pun terbuat dari papan.

Kamu berpikir kota ini dibangun di atas papan? Kamu benar! Konstruksi ini dibuat bukan tanpa alasan. Konstruksi panggung dari kota ini ada karena wilayah Agats memang sangat berlumpur, sehingga tidak bisa mendirikan bangunan di bagian atasnya. Oh ya, kamu pun hanya akan menemukan kendaraan berupa sepeda dan motor listrik, lho!

3. Kuala Kencana, Papua

Lagi-lagi di Papua. Cukup jauh ya?

Kota apa lagi sih yang unik? Ternyata ada Kota Kuala Kencana yang letaknya di kawasan Timika. Uniknya, kota yang satu ini berada di bagian tengah hutan dan memang sengaja dibuat untuk menunjang kegiatan perusahaan tambang. Batas yang digunakan pun adalah pepohonan lebat.

Tak hanya itu, model dari setiap rumah dibuat menyerupai negara barat. Listrik dan saluran airnya juga menggunakan sistem bawah tanah. Meskipun terdengar seperti terpencil, Kota Kuala Kencara sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan sehari-hari.

4. Gili Trawangan, NTB

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Kota Gili Trawangan ‘kan? Namanya memang sangat familiar. Apa sih yang membuat kota ini menarik? Kota yang berada di Kabupaten Lombok Utara, NTB ini memang memiliki pesona laut yang mampu menjadi daya tarik wisata. Saking menariknya, sudah banyak penginapan di Gili Trawangan.

Nah…ada yang lebih menarik nih. Ternyata di kota ini tidak ada satupun kendaraan bermotor. Hal ini tentunya merujuk pada peraturan pemerintah setempat. Meskipun kedengarannya sulit, semua masyarakat mendukung, lho. Dengan demikian, kawasan yang satu ini juga terbebas dari polusi udara.

5. Kota Bunga, Jawa Barat

Sesuai dengan namanya, kota yang satu ini memang dilengkapi hamparan bunga. Di dalamnya ada pula komplek vila yang totalnya mencapai 2.500 unit. Vilanya pun sangat unik karena bentuknya dibuat menyerupai rumah di berbagai belahan dunia.

Danau Little Venice yang didesain mirip dengan Danau Venecia Italia pun melengkapi tampilan cantik dari Kota Bunga. Tak hanya itu, ada juga bangunan yang dibuat mirip seperti tembok raksasa china dan replika dari patung merlion.

Bagaimana? Cukup unik ‘kan? Kalau kamu, mau mengunjungi kota yang mana?

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap sudut kotanya, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top