Travel

Jadi Tuan Rumah KTT G20, Ini Fakta Menarik Kota Roma

Jadi Tuan Rumah KTT G20, Ini Fakta Menarik Kota Roma

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 digelar di Kota Roma pada, Sabtu (30/10/2021). Selain menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin dunia ini, Roma juga menjadi salah satu kota dengan sejarah yang panjang. Ibu kota Italia ini konon adalah saksi bisu dari perkembangan peradaban umat manusia dari masa lalu hingga saat ini. Berikut beberapa fakta menarik dari kota bersejarah satu ini.

Negara Lain Di Kota Roma

Roma menjadi satu-satunya kota di dunia yang di dalamnya terdapat negara lain. Negara ini adalah Vatikan memiliki luas 44 hektar yang menjadikannya sebagai negara merdeka terkecil di dunia. Letaknya berada tepat di jantung Kota Roma. Uniknya, Negara Vatikan dipimpin oleh Paus dan dihuni oleh 800 penduduk. Bahkan negara ini mempunyai tentara, mata uang hingga kantor pos sendiri.

Menjadi Sumber Air

Selama lebih dari 2000 tahun Kota Roma menjadi kota dengan sumber air. Hal tersebut karena Roma kuno mempunyai lebih dari 2.300 air mancur dan pemandian umum. Bahkan Kaisar Domitian mempunyai air mancur di Bukit Palatine yang besarnya menyaingi air mancur Las Vegas saat ini.

Lihat Juga: 6 Kota-Kota Cantik Saat Musim Dingin di Eropa

Pada abad ke-1 Masehi, orang-orang kaya Romawi bisa membayar air untuk dibawa ke rumahnya dengan pipa timah. Hingga kini Roma masih menyalurkan air secara gratis kepada warganya. Lebih dari 2.000 air mancur di kota ini dibangun dengan megah dan desain yang elegan, salah satu yang terkenal adalah Air Mancur Trevi.

Makam-makam Mewah Di Kota Roma

Roma mempunyai makam-makam mewah yang pada jaman dahulu menjadi simbol mode di kota ini. Pada abad pertama, makam-makam mewah, besar dan penuh dengan hiasan mulai dibangun. Seperti piramida Gaius Cestius di via Ostiense, Mausoleum Cecilia Metella di Appian Way, atau yang lebih mewah, kastel yang didirikan sebagai Mausoleum Kaisar Augustus.

Bangsa Romawi kala itu menghabiskan banyak biaya untuk membangun Mausoleum dan makam yang ditempatkan di sisi jalan utama. Hal tersebut karena keinginan mereka untuk dikenang. Kemegahan makam-makam itu pun juga untuk menunjukkan status mereka dan menceritakan kisah mereka kepada orang-orang yang melewatinya.

Memiliki Ratusan Dewa

Bangsa Romawi mempunyai ratusan dewa karena mereka memang tidak menyembah satu dewa. Beberapa dewa-dewa tersebut adalah Mars yang merupakan Dewa Perang Romawi dan Jupiter yang merupakan raja dari para dewa. Bukan hanya itu, mereka juga mengadopsi dewa dari kebudayaan lain seperti dewa-dewa dari Mesir dan Yunani.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top