Travel

Jembatan Golden Gate, Menguak Kemegahan Amerika

Jembatan Golden Gate, Menguak Kemegahan Amerika

This post is also available in: English

Jembatan Golden Gate – Godzilla adalah satu dari puluhan film yang memuat Jembatan Golden Gate di dalam adegannya. Jembatan yang membentang di selat Golden Gate, menghubungkan kota San Fransisco dan Marin County ini, memang kerap muncul di film, serial TV, buku, video games bahkan lirik lagu berkat keindahan arsitektur dan kemewahannya. Tak hanya menjadi lambang kota San Fransisco, Jembatan Golden Gate juga lekat dengan simbol California, bahkan Amerika.

Sejarah Bangunan Jembatan Golden Gate

Selat Golden Gate sendiri, merupakan selat yang menghubungkan Teluk San Fransisco dengan Samudra Pasifik. Sebelum adanya Jembatan Golden Gate, perjalanan dari San Fransisco menuju Marin County dan sebaliknya hanya bisa dilalui oleh kapal feri. Dibawah pimpinan Joseph Strauss , insinyur jembatan asal Chicago, Jembatan Golden Gate mulai dibangun sejak tahun 1933. Merupakan rintangan tersendiri bagi Joseph untuk membangun jembatan ini, karena pembangunan kerap kali terhambat oleh angin dan kabut, juga penolakan dari beberapa perusahaan kapal feri. Membutuhkan waktu sekitar 4 tahun, Jembatan Golden Gate akhirnya mulai dioperasikan untuk umum baik oleh mobil maupun pejalan kaki.

Inti bangunan adalah, ujung ke ujung jembatan panjangnya sekitar 2.7 kilometer, rentangan antar tiangnya 1.300 meter dan berada dalam ketinggian 230 meter di atas permukaan air. Jalan di jembatan ditopang dua tiang utama dan dua kabel baja. Jembatan ini, menghabiskan sekitar 1.2 Juta baut untuk menyatukan kawat baja dengan tiang-tiangnya.

Objek Wisata Jembatan Golden Gate

Jembatan Golden Gate bisa dicapai dari berbagai sisi. Baik dari San Fransisco, maupun Marin County. Semua sisi ramai, karena jembatan ini memang menjadi objek wisata wajib bagi para turis. Pemandangan di atas selat seolah kita berada dekat dengan langit. Terlebih saat matahari terbenam, pemandangan dari Jembatan Golden Gate ini sungguh indah.

Jika memilih datang dari San Fransisco, maka di sana kamu akan melihat replika jembatan, di mana di sana juga tertulis cara kerja jembatan dan sedikit sejarahnya.

Sedikit saran untuk kamu yang hendak datang ke jembatan ini, jangan lupa memakai jaket dan penutup kepala. Sebab, meski musim panas, cuaca di atas Jembatan Golden Gate tetap dingin dan berangin kencang. Bahkan pagi hari di musim dingin, tak jarang Jembatan Golden Gate ini nyaris seluruhnya tertutupi oleh kabut. Jangan lupa untuk berfoto, karena jembatan Golden Gate ini menyandang rekor tak resmi sebagai jembatan yang paling sering difoto.

Lokasi Bunuh Diri di Jembatan Golden Gate

Sekitar 100 ribu mobil melintas Golden Gate setiap harinya. Kecepatan dibatasi hanya 70 km/ jam untuk mengurangi resiko kecelakaan. Yang paling sulit dikurangi adalah angka bunuh diri. Selain dikagumi karena arsitektur dan kemewahannya, Golden Gate pun ternyata memiliki kisah kelam. Hingga saat ini, Golden Gate tercatat sebagai tempat kedua dari seluruh dunia yang paling sering digunakan untuk bunuh diri.

Sudah lebih dari 1000 kasus bunuh diri terjadi di Golden Gate. Mereka yang memilih untuk mengakhiri hidupnya di sini, biasanya akan bunuh diri dengan terjun dari jembatan. Arus deras di selat Golden Gate, yang merupakan pertemuan antara dua buah sungai besar, kadang membuat pihak berwenang sulit untuk mengevakuasi korban-korban bunuh diri tersebut.

Jembatan Golden Gate warning

Pemerintah San Fransisco telah mengantisipasi agar tidak terjadi lagi kasus-kasus serupa. Di tengah-tengah jembatan, dibangun sebuah saluran telepon darurat yang bisa digunakan oleh mereka yang putus harapan dan bunuh diri. Sepertinya, akan ada konseling khusus untuk mendengar permasalahan mereka yang hendak bunuh diri.

Upaya pemerintah ini patut didukung demi berkurangnya kasus bunuh diri di Jembatan Golden Gate ini. Sayang rasanya, bila mengingat betapa para pendiri jembatan mewah ini telah sekuat tenaga membangun jembatan bukanlah untuk dijadikan tempat untuk melakukan hal seperti bunuh diri.

To Top