Travel

Jepang: Menikmati Kecantikan Sederhana Bunga Wisteria

Kebanyakan orang berfikir bahwa musim semi di Jepang hanyalah tentang bunga sakura yang legendaris. Pada kenyataannya, Jepang adalah sebuah negeri yang kaya akan bunga-bungaan, salah satunya adalah Fuji no Hana yang juga dikenal dengan nama Wisteria. Wisteria juga berbunga selama musim semi, oleh karena itu mungkin pamornya agak kalah saing dengan bunga Sakura yang merupakan simbol negara Jepang. Tapi jika Anda kebetulan berkunjung ke Jepang untuk menyaksikan bunga Sakura dan kurang menikmatinya karena banyaknya pengagum bunga cantik ini yang tak hanya datang dari penjuru Jepang tapi juga dari penjuru dunia, mungkin Anda bisa mencari alternatif lain dan menikmati cantiknya bunga Wisteria adalah salah satunya.

Apa itu bunga Wisteria?

Bunga Wisteria dikenal dengan sebutan Fuji no Hana dalam bahasa Jepang merupakan salah satu dari sekian bunga yang terkenal di Jepang sejak jaman kuno. Masyarakat Jepang juga sangat memuja bunga ini seperti halnya bunga Sakura. Yang unik dari bunga Wisteria adalah bentuk bunganya yang seperti kupu-kupu kecil yang berkerumun dan bentuknya yang menjuntai kebawah membuatnya terlihat semakin cantik dan unik. Wisteria terdiri dari beberapa jenis yang setiap jenisnya berbeda dalam hal bentuk dan terutama warna. Di Jepang Anda bisa menemukan bunga wisteria dalam warna putih bersih cantik, ungu pucat, ungu agak kebiruan dan pink. Bunga ini memang berbunga pada musim semi yaitu dimulai sekitar bulan April tapi bunga ini bisa bertahan sampai awal musim panas sekitar akhir bulan Juni atau awal bulan Juli, tergantung jenisnya.

bunga Wisteria

Kemana harus pergi untuk menikmati bunga Wisteria?

Jika Anda tertarik terdapat lima taman Wisteria yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi di Jepang.

  1. Kawachi-Fujien – Kitakyushu-shi, Fukuoka

Yang unik dari taman bunga Wisteria yang satu ini adalah terdapat sebuah terowongan yang diatasnya menjuntai bunga-bunga Wisteria dengan aneka gradasi warna mulai dari putih, ungu dan pink. Tempat yang super keren untuk foto-foto bahkan taman ini dinobatkan oleh CNN Amerika sebagai salah satu tempat tercantik di Jepang. Untuk berkunjung di Kawachi-Fujien yagn memiliki arti literal ‘Taman Wistera’ sebaiknya sekitar tanggal 29 April – 7 Mei 2017 dimana pada tanggal tersebut merupakan puncak bermekarannya bunga Wisteria.

  1. Ashikaga Flower Park – Ashikaga-shi, Tochigi

Lokasi taman ini tidak jauh dari Kuil Nikko Toshogu yang terkenal. Di taman ini Anda bisa menemukan kurang lebih 350 pohon bunga Wisteria yang bermekaran secara serentak. Di taman ini juga terdapat terowongan sepanjang 80 meter yang diatasnya ditumbuhi oleh bunga Wisteria yang super cantik.

Ashikaga Flower Park – Ashikaga-shi, Tochigi

  1. Kuil Kameido Tenjin – Koto-ku, Tokyo

Jika kamu sedang di Jepang dan agak sedikit bosan dengan kepadatan kotanya, mungkin kamu bisa sedikit menenangkan diri di kuil Kameido Tenjin. Pada bulan April dan Mei terdapat beberapa festival di kuil ini dan salah satunya adalah Fuji Matsuri atau Festival Wisteria dimana Anda bisa menikmati sekitar 50 pohon Wisteria sedang berbunga.

Kuil Kameido Tenjin – Koto-ku, Tokyo

  1. Sainokami no Fuji – Fukuchiyama-shi, Kyoto

Sainkokami no Fuji merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi di Kyoto karena disini pohon wisteria tumbuh dengan liar sehingga memberikan kesan natural. Di taman ini juga katanya ada pohon wisteria yang berumur lebih dari 1.200 tahun. Penasarankan tentunya?

Sainokami no Fuji – Fukuchiyama-shi, Kyoto

  1. Kuil Kasugataisha, Manyo Botanical Garden – Nara-shi, Nara

Pada tahun 1998, Kuil Kasugataisha dinobatkan sebagai Tempat Warisan Bersejarah versi UNESCO dan taman kuil ini didominasi dengan bunga Wisteria. Di taman kuil ini terdapat sekitar 20 jenis pohon Wisteria yang bisa Anda nikmati.

Kuil Kasugataisha, Manyo Botanical Garden – Nara-shi, Nara

Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk menikmati bunga Wisteria pada tahun ini adalah sekitar awal bulan Mei tapi jika Anda baru punya kesempatan sekarang, tidak masalah, karena bunga Wisteria berbunga sesuai jenisnya dan beberapa jenis justru berbunga ketika musim hendak berganti ke musim panas. Happy travelling!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top