Travel

Jogja Istimewa Surganya Pantai

Jogja Istimewa Surganya Pantai

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Yogyakarta. Yogyakarta merupakan sebuah provinsi yang terletak di Jawa Tengah. Yogyakarta juga biasa disebut dengan kota Gudeg maupun kota Pelajar. Selain terdapat banyak universitas, dibalik hiruk pikuk kota Yogyakarta juga terdapat berbagai tempat wisata yang bikin holidaymu menyenangkan. Kalian yang hobby berlibur di pantai, kalian tidak akan kehabisan refrensi pantai yang bisa kalian kunjungi. Simak beberapa pantai yang terdapat di Yogyakarta di bawah ini.

  1. Pantai Parang Tritis

pantai-parangtritis

Pantai Parang Tritis merupakan pantai yang terkenal di Yogyakarta. Selain terkenal dengan legenda Nyi Roro Kidul, tempat tersebut juga dijadikan incaran oleh sutradara untuk menjadi setting filmnya. Jika kalian pernah melihat film Talak Tiga. Itu take gambarnya juga di Parang Tritis loh. Disana selain kalian bisa menikmati sunset dan sunrise, kalian bisa bermain layang-layang, tersedia pula persewaan kuda, delman dan ATV. Sembari menikmati indahnya pantai, kalian juga bisa menyegarkan tenggorokan dengan kelapa muda yang banyak dijual di pinggir pantai.

  1. Pantai Parang Kusumo/Depok
Pantai depok

Perahu Naga di Pantai Depok

Pantai Parang Kusumo hampir setara dengan pantai Parang Tritis. Hal tersebut dipengaruhi oleh sejarah kedua pantai yang berkesinambungan, letaknya yang bersebelahan dan kedua pantai tersebut sama-sama memiliki tingkat kesakralan tersendiri. Di dekat pantai tersebut ada makam Syeh Bela-Belu yang sering dikunjungi oleh para peziarah. Akan tetapi, beberapa orang lebih sering menyebut pantai ini pantai Depok. Dipantai tersebut khas dengan hasil lautnya dan pantai tersebut terdapat pasar ataupun tempat pelelangan ikan. Jadi selain berwisata, kalian bisa berbelanja seafood yang segar-segar.

3. Pantai Baru

Pantai ini lebih teduh dibandingkan pantai lainnya, ditepian pantai terdapat banyak pepohonan dan pohon cemara. Kalian bisa berteduh menggelar tikar sembari menikmati makanan ataupun pemandangan pantai. Selain itu, terdapat pula persewaan ATV.

4.Pantai Pandansari @deddy pradana

Pantai Pandansari juga masih berada di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu mercusuar. Dengan berdiri di atas mercusuar kalian bisa menyaksikan indahnya perbukitan dan garis pantai selatan yang indah. Pantai ini juga asik buat ngecamp. Selain itu, terdapat pula agrowisata buah naga.

5. Pantai Samas pesona pantai samas

Pantai Samas juga masih berdekatan dengan Pantai Parang Tritis, tepatnya di bagian barat. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang relatif besar serta memiliki bibir pantai yang agak curam. Pantai Samas juga memiliki kesakralan karena di pantai tersebut digunakan sebagai tempat untuk upacara adat tertentu seperti Kirab Tamuruning Maheso Sura dan Sedekah laut.

6. Pantai Kuwaru Pantai Kuwaru Jogja yoshiewafa8

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dan terkenal dengan keasriannya. Hutan cemara yang sengaja di tanam oleh pihak pengelola dinas setempat menambah nyaman pengunjung karena keteduhannya. Dipantai ini, selain bisa menikmati keindahan pantai kalian juga bisa menikmati permainan ATV, pesewaan kuda dan kereta mini. Kalian juga bisa berkuliner hidangan khas laut.

7.Pantai Goa Cemara Pantai Goa Cemara

Pantai ini masih terletak di kota Bantul dan tidak jauh dengan pantai Kuwaru. Sesuai dengan namanya Goa Cemara, pantai ini terkenal dengan ribuan pohon cemara yang akan meneduhkan perjalanan berlibur kalian.

8.Pantai Gelagah Pantai Gelagah

Pantai Gelagah terletak di kabupatn Kulon Progo. Yang menjadi ciri khas pantai ini yaitu terdapat ratusan tetrapod di sisi barat, jika kalian pernah melihat film everycild special, pemandangan tersebut mirip dengan setting film india tersebut. Di pantai Gelagah juga terdapat agrowisata buah Naga dan buah Roselle.

9.Pantai Baron Pantai-Baron-gunung-kidul-5

Pantai Baron sudah memasuki kabupaten Gunung Kidul. Yang menjadi ciri khas pantai ini, kalian bisa melihat beberapa kapal nelayan yang ada ditepian pantai. Selain itu, juga terdapat muara sungai yang mempertemukan air laut dengan air tawar yang berada di sudut pantai.

10.Pantai Kukup Pantai-Kukup

Pantai Kukup jua terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini tidak jauh dari pantai Baron. Disana kalian bisa menikmati pemandangan pantai dari atas Gardu Pandang yang terletak di atas batu karang yang kokoh. Untuk sampai ke Gardu Pandang, kalian harus melewati jembatan yang menjadi penghubung dua batu karang yang terpisah agak jauh. Pantai ini memiliki pasir putih dan merupakan pantai dangkal sehingga kalian bisa melihat biota laut yang menakjubkan.

11. Pantai Krakal Pantai Krakal

Tidak beralih dari Gunung Kidul, disana masih terdapat pantai yang memiliki ombak yang indah. Pantai krakal memiliki garis pantai yang landai dan menjadi spot surfing bagi wisatawan. Selain itu, keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini yaitu dengan adanya damselfish yaitu ikan kuning yang memiliki corak biru dipunggungnya dan butterflyfish yang memiliki dua kombinasi warna garis-garis biru tua dan muda.

12. Pantai Watu Kodok pesona pantai watu kodok

Pantai ini juga berlokasi di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki sejarah sebagai tempat pengungsian warga dan tempat berkumpulnya serdadu Belanda. Kemudian, di pantai tersebut terdapat pula karang yang menyerupai kodok sesuai dengan nama pantai tersebut.

13. Pantai Indrayanti Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Pantai ini sering dinilai serasa pantai Bali, karena pemandagannya yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang terdapat di Yogyakarta. Selain dapat menikmati indahnya pemandangan pantai, kalian bisa menikmati kuliner di restoran tepian pantai dan kalian juga bisa mencoba naik jetski yang disewakan di pantai tersebut.

14. Pantai Siung

Kemudian, pantai yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu pantai suing. Pantai ini sedikit tersembunyi namun memiliki keindahan yang luar biasa. Yang menjadi ciri khas dari pantai ini yaitu tebing-tebing raksasa yang ada di pinggir pantai. Adanya tebing-tebing tersebut menjadikan pantai tersebut memiliki fasilitas untuk berolah raga panjat tebing.

15. Pantai Wedi Ombo pantai wediombo

Pantai ini sedikit unik, karena berada dipermukaan maka untuk mencapai ke pantai tersebut kalian harus menuruni puluhan anak tangga. Sesuai dengan namanya “wedi ombo” yang berarti pasir yang luas, sehingga kalian disuguhkan pemandangan dan pair pantai yang luas. Dipinggir pantai terdapat beberapa pohon rindang yang bisa kalian gunakan untuk berteduh. Yamg paling istimewa dari pantai ini yaitu kolam renang alami.

16. Pantai Nglambor snorkeling nglambor cahyogya

Jangan lewatkan pantai yang satu ini, pantai Nglambor yang memiliki sensasi menyenagkan. Di pantai ini kalian bisa merasakan sensasi Snorkeling untuk menyaksikan indahnya panorama bawah laut.

17. Pantai Jungwok Pantai Jungwok

Pantai Jungwok tidak terlalu luas, akan tetapi teduh dan jarang panas. Pantai ini berada disekitaran pantai Wedi Ombo. Kondisi pantai tersebut tidak terlalu ramai. Hamparan pasir putih dan keteduhan serta jauh dari kata riuh membuat pantai ini menjadi incaran para wisatawan yang suka bercamping.

18. Pantai Ngobaran

Pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat beberapa patung kejawen, terdapar pula Pura. Beberapa wisatawan menyebutkan bahwa pantai ini mirip dengan Uluwatu yang ada di Bali. Selain itu, keunikan lainnya yang terdapat di pantai Ngobaran adalah kuliner landak goreng.

19. Pantai Nguyahan pantai-nguyahan

Pantai Nguyahan tidak jauh dari pantai Ngobaran, karena letaknya bersebelahan. Di pantai tersebut kalian bisa menikmati keindahan pantai yang berpasir putih. Untuk kalian yang berhobby mancing juga disediakan spot untuk menyalurkan hobby tersebut.

20. Pantai Ngeden/Ngedan Pantai Ngeden

Dilihat namanya memang sedikit aneh. Akan tetapi pantai ini menawarkan berbagai keindahan. Selain masih baru dan alami, kalian bisa menikmati deburan ombak dan pemandangan laut dari atas tebing. Kemudian, terdapat pula gazebo untuk berteduh dan bersantai. Pantai tersebut juga menjadi incaran para wisatawan yang memiliki kegemaran memancing.

21. Pantai Nampu Pantai Nampu

Pantai ini terletak di sebelah utara pantai Wedi Ombo. Di pantai Nampu terdapat tempat pelelangan ikan. Selain bisa menikmati pemandangan pantai itu sendiri dan berenang sepuasnya, kalian juga bisa melihat pemandagan pantai Wedi Ombo dari atas tebing.

22. Pantai Ngetun Wisata-Pantai-Ngetun-Gunung-Kidul

Pantai Ngetun masih alami dan teduh. Untuk kalian yang stress dan ingin menyendiri, pantai ini bisa menjadi tempat alternatif untuk menghilangkan kepenatan. Pantai tersebut seperti membentuk teluk kecil karena diapit dua bukit yang tinggi.

23. Pantai Drini Pasir-Pantai-drini-

Pantai Drini memiliki keistimewaan, selain tersedianya gazebo untuk menikmati sunset terdapat pula dua pemandangan indah di sisi-sisi pantai tersebut. Di sisi timur pemandangan ombak dan batu karang begitu menakjubkan. Kemudian di sisi barat, kalian bisa melihat perahu-perahu nelayan yang berjajar. Pantai Drini merupakan pantai keluarga. Menghabiskan waktu bersama anak kecil tidak akan merasa khawatir karna di pantai ini ada bukit pemecah ombak di sisi kiri, sehingga ombaknya tidak terlalu besar.

24. Pantai Watu Lawang Pantai Watu Lawang

Pantai ini terletak di anatara pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Pantai ini juga menjadi sasaran para wisatawan yang gemar camping karena tergolong pantai baru yang masih sepi. Di pantai tersebut terdapat dua bagian pantai yang terpisah batu karang yang agak besar.

25. Pantai Sundak Pantai sundak gunungkidul

Pantai ini berdekatan dengan pantai Kukup dan Baron. Ditinjau dari sejarah nama Sundak menurut mitos yaitu adanya pertengkaran antara Anjing dalam bahasa jawa Asu dan Landak. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pasir putih dan birunya air laut yang bisa kalian nikmati di bawah gubuk yang terdapat dipinggiran pantai

26. Pantai Sadranan Pantai-Sadranan

Pantai Sandranan juga menjadi incaran para wisatawan. Selain pemandangannya yang menakjubkan, kalian juga bisa merasakan sensasinya snorkelling. Hamparan pasir putih dan pemandangan biru dan hijau akan menyejukan mata kalian dari kepenatan aktivitas yang padat.

27. Pantai Timang Pantai-Timang

Pantai Timang merupakan pantai yang lumayan besar di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Di pantai ini ada ciri khas tersendiri yaitu adanya kereta gantung atau sering disebut gondola. Dengan fasilitas tersebut kalian bisa menguji adrenalin di atas ketinggian 9-10 m dan perjalanan menyebrang sekitar 90an meter. Menyenagkan bukan?

Itulah beberapa pantai yang dapat kalian kunjungi ketika beribur ke Yogyakarta. Masih ada beberapa pantai yang belum penulis sebutkan yang memang belum terkenal dan belum banyak dikunjungi orang. Retribusi mengunjungi pantai-pantai yang ada di Yogyakarta tidaklah mahal, sekitaran 5.000- 15.000, bahkan untuk pantai yang belum terkenal, kalian cukup membayar ongkos parkir. Jika sempat berlibur ke pantai-pantai tersebut jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Pernah Hampir Jadi Presiden Para Jomblo, Ini Cerita Baim Wong - LoperOnline.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top