Travel

Keseruan Taman Hiburan Unik Dunia

Berbicara mengenai sebuah taman hiburan, sesuai dengan namanya tentu saja diharapkan pengunjung yang datang dapat merasa terhibur dan merasa senang ketika melihat atau mendatangi taman tersebut. Sementara itu, sesuatu yang menyenangkan atau menghibur bagi satu orang belum tentu berdampak yang sama bagi orang lain. Sehubungan dengan hal tersebut, bahkan sebuah taman hiburan juga harus memiliki beragam tema, dan tujuannya bukan hanya untuk membuat orang terhibur namun juga menambah wawasan. Karena itu, alih-alih membuat taman hiburan yang memiliki tema yang itu-itu saja, terdapat beberapa taman hiburan yang dibuat unik atau bahkan terbilang aneh bagai sebagian orang. Taman hiburan apa sajakah itu, dan berada dimana saja? Kali ini kami akan mengedepankan lima taman hiburan paling unik di dunia

Jeju Love Land atau Love Land

Taman yang berisi ukiran dan patung luar ruang ini berada di pulau Jeju, Korea Selatan dan dibuka pada 16 Nov 2004 lalu. Patung yang berada di taman ini telah diciptakan sejak tahun 2002 oleh seniman yang merupakan lulusan dari Universitas Hongik, Seoul. Jeju Love Land memiliki area seluas kira-kira dua kali lapangan bola dan kurang lebih diperlukan waktu satu jam untuk berkeliling taman dan menikmati berbagai kreasi seni patungnya.

Taman ini berfokus pada tema seksualitas, selain itu juga memutar film terkait edukasi seks serta memuat 140 patung yang mewakili beberapa posisi seksual manusia. Destinasi yang banyak diminati pasangan berbulan madu ini bertujuan untuk memberi pendidikan seks bagi pengunjungnya. Pengunjung taman ini diharuskan berusia minimal 18 tahun. Namun jangan khawatir, bagi orang dewasa yang membawa anak-anak, juga telah disediakan taman tersendiri bagi anak-anak yang terpisah dari taman ini yang bertema animasi anak.

Dickens World

Charles John Huffam Dickens atau Charles Dickens merupakan penulis ternama asal Inggris yang melahirkan banyak karya literasi sastra yang sangat dikenal di dunia. Beberapa karya monumentalnya adalah Oliver Twist, Great Expectations, The Pickwick Papers serta A Tale of Two Cities. Dikarenakan karya sastra nya begitu banyak yang memikat hati, maka ia memiliki begitu banyak penggemar. Itulah salah  satu alasan yang membuat taman ini dinilai pantas untuk dibuat.

Dickens World yang berlokasi di Chatham Dockyard in Kent, Inggris ini berisi segala hal terkait karya dan kehidupan Dickens. Taman ini dibuka untuk publik pada 25 Mei 2007 setelah soft opening pada satu bulan sebelumnya. Desain dari taman ini dikerjakan oleh Gerry O’Sullivan-Beare, orang yang juga men-desain Santa World di Swedia dan Andersen World. Namun sayangnya, Dickens World telah resmi ditutup pada tanggal 12 Oktober 2016 lalu, dikarenakan perusahaan Dickens World limited company tidak mampu melunasi tunggakan pajak sebesar 6 juta pound. Perusahaan restrukturisasi dan re-financing langsung manrik diri dari negosiasi mereka. Para kru dan staf taman ini bahkan hanya diberi informasi melalui SMS dan surel bahwa tempat mereka bekerja telah berhenti beroperasi.

Bon Bon Land

Taman hiburan ini terletak di Holme Olstrup, 100 kilometer jauhnya dai kota Copenhagen, Denmark. Jauh sebelum taman ini dibuat, terdapat sebuah perusahaan pembuat gula-gula terkemuka disana, yang dikelola oleh Michael Spangsberg dimana mereka mempersilahkan anak-anak untuk masuk ke pabrik. Mereka dapat melihat langsung proses produksi permen yang unik dan menarik. Namun dikarenakan alasan higenitas yang ketat, pabrik ini tidak lagi dibuka untuk umum. Sebagai gantinya, dibangunlah taman ini. Pada tahun 1992 taman ini dibuka dengan wahana pabrik permen mini, gedung bioskop, sebuah toko dan empat perahu kecil berbantuk bebek. Meski kemudian pada perkembangannya, taman yang kini memiliki 60 wahana tersebut banyak mengandung konten dewasa seperti misalnya menggambarkan bagian pantat dan mabuk serta humor-humor toilet seperti suara muntah atau kentut, BonBon Land tetap merupakan taman bermain anak-anak terpopuler disana.

Hersheypark

Hampir semua pecinta cokelat pasti mengenal merk dagang cokelat yang satu ini. Hersey. Bahkan bagi yang tidak terlalu suka cokelat sekalipun, biasanya mengenal merk ini karena Hersey kerap memiliki strategi marketing yang baik. Mereka aktif memasarkan produknya dengan berbagai macam cara, termasuk diantaranya adalah dengan membangun taman bertajuk Hersheypark (semula disebut Hersey Park, yang terpisah antara kata Hersey dan Park) ini. Taman hiburan keluarga ini terletak di Hershey, Derry Township, Pennsylvania, Amerika Serikat. Taman ini memiliki 60 wahana bermain dan sebuah kebun binatang sendiri. Karakter-karakter yang muncul disesuaikan dengan produk-produk coklat Hershey, seperti Hershey Kisses, Hershey Bar, dan Reeses Peanut Butter Cup.

Taman ini didirikan pada tahun 1906 oleh Milton S. Hershey dan semula ditujukan bagi taman rekreasi bagi para karyawan perusahaan cokela Hershey. Taman ini telah sepenuhnya menjadi milik dari Hershey Entertainment & Resorts Company sejak tahun 2016. Herseypark berhasil memenangkan beberapa penghargaan, termasuk diantaranya adalah IAAPA Applause Award.

Haw Par Villa

Haw Par Villa adalah taman hiburan yang terletak di sepanjang Jalan Pasir Panjang, Singapura. Taman ini berisi lebih dari 1.000 patung dan 150 diorama raksasa yang menggambarkan kisah dari mitologi Tiongkok, cerita rakyat, legenda, sejarah, dan ilustrasi dari berbagai aspek dalam prinsip kepercayaan Kong Hu Cu. Beberapa diantaranya digambarkan dengan sangat vulgar.

Taman ini pada awalnya diberi nama Tiger Balm Garden dan dibangun di tahun 1937 oleh dua bersaudara asal Burma-Tiongkok bernama Aw Boon Haw dan Aw Boon Par dibawah naungan Haw Par Corporation yang merupakan mengembang dari Tiger Balm, sebuah merek dagang pengobatan tradisional termasuk balsam. Pada tahun 1986, Theme Parks Pte Ltd menanamkan investasi sebesar 30 juta USD untuk taman ini dan berharap dapat merubah taman ini menjadi semacam Disneyland oriental, sebuah taman hiburan yang menyatukan teknologi dari Barat dengan mitologi dari Timur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top