Travel

5 Fakta Unik Kota Kuno Pompeii

Kota Kuno Pompeii

This post is also available in: English

Baru-baru ini Kementerian Kebudayaan Italia mengumumkan penemuan sisa jasad dua penduduk Kota Pompeii oleh para arkeolog. Kedua jasad tersebut diperkirakan berasal dari tahun 79 M ketika letusan gunung berapi menghancurkan kota Romawi kuno tersebut. Sisa-sisa jasad itu ditemukan di sebuah villa yang berada di Civita Giuliana yang terletak 700m barat laut dari pusat kota kuno Pompoii.

Diperkirakan, salah satu jasad tersebut adalah seorang pria yang berstatus lebih tinggi dengan usia antara 30 sampai 40 tahun. Sedangkan jada kedua diperkirakan berusia 18 sampai 23 tahun dan memiliki beberapa tulang belakang yang patah. Hal tersebut menandakan bahwa ia merupakan seorang budak yang memiliki pekerjaan berat.

Pompeii yang berada 23 km sebelah tenggara Napoli ini dulunya menjadi rumah bagi 13.000 orang yang kemudian terkubur letusan gunung berapi. Sisa-sisa kota kuno ini kemudian kembali ditemukan pada abad ke 16.

Fakta Kota Pompeii

Fakta Kota Pompeii

Kisah tentang Kota Pompeii yang berada di Italia dan hancur terkubur erupsi Gunung Vesusius pasti pernah terdangar. Akibat dari erupsi yang terjadi pada tahun 79 M tersebut, kota kuno ini menghilang. Seluruh warganya pun ikut terkubur abu vulkanik dan tewas. Sekarang, reruntuhan kota kuno ini menjadi daya tarik yang mampu memikat atensi wisatawan.

Mulai dari turis yang hanya penasaran mengenai keberadaannya hingga para ilmuwan yang ingin tahu lebih jauh tentang bencana tragis tersebut. Dikutip dari Brightside, berikut ini 5 fakta menarik tentang Kota Pompeii beserta kehidupannya. Penasaran?

Tidak Tahu Bahwa Gunung Vesuvius Adalah Gunung Berapi

Karena sudah tidak aktif dan tidak meletus selama 1.800 tahun, warga Pompeii rupanya tidak mengetahui bahwa gunung tersebut merupakan sebuah gunung berapi yang berbahaya. Saat itu, warga kota tersebut menganggap daerah tempat tinggalnya sebagai tempat yang aman. Bahkan gempat-gempa kecil yang menjadi pertanda gunung akan meletus pun sama sekali tidak dianggap berbahaya.

Bukan Kota Romawi

Karena aritektur dan letaknya yang berlokasi di Italia, tidak heran kalau kebanyakan orang mengira kota ini sebagai peninggalan peradaban Romawi. Padahal, kota ini sebenarnya dibangun oleh orang bangsa Osci yang berasal dari Yunani pada abad ke-6 atau ke-7 sebelum Masehi. Kemudian, kota kuno tersebut berhasil direbut oleh orang-orang Romawi. Tetapi, barang-barang yang tertinggal di tempat ini mayoritas merupakan peninggalan budaya Yunani.

Terkubur 1.500 Tahun

Kota bersejarah ini rupanya sudah 1.500 tahun lamanya terkubur abu Gunung Vesuvius dan sempat terlupakan dari beradapan umat manusia. Kota ini ditemukan kembali oleh seorang arsitek Italia, Domenico Fontana pada tahun 1566 ketika menggali saluran air. Barulah pada 1748 situs ini resmi digali, bahkan masih belum selesai hingga sekarang.

Seharusnya Penduduk Bisa Selamat

Salah satu hal yang membuat kota ini terkubur abu adalah hembusan angin di sekitar Gunung Vesuvius yang biasanya mengarah ke barat daya malah berembus ke barat laut. Faktor inilah yang membuat penduduk kota semakin sulit untuk menyelamatkan diri.

Kota Pompeii Terkubur Sedalam 4 Hingga 6 Meter

Saat ditemukan kondisi rumah, benda hingga jenazah masih ditemukan dalam kondisi utuh walaupun sudah terkubur selama 1.500 tahun. Hal tersebut dikarenakan abu yang menutupi Kota Pompeii mencapai 4 hingga 6 meter yang membuat kota ini menjadi kedap udara. Akibatnya, sisa-sis peradaban kota ini pun masih bertahan hingga saat ini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Kota Pompeii yang telah kami rangkum untuk anda. Temukan artikel menarik lainnya di sini.

To Top