Travel

Lezatnya Kuliner Khas Jogja yang Tidak Bikin Kantongmu Bolong

Lezatnya Kuliner Khas Jogja yang Tidak Bikin Kantongmu Bolong

            Para traveler yang doyan makan, harus kalian ketahui bahwa ada makanan-makanan khas di kota Yogyakarta yang rasanya bakal menggetarkan lidah kalian. Jangan khawatir, harganya tidak akan membuat dompet kalian menangis. Meskipun makanan tradisional, menu-menu ini sangat digemari dan memiliki cita rasa tersendiri. Adapun beberapa kuliner yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Yogyakarta sebagai berikut.

  1. Gudeg Manggar
gudeg-manggar

gudeg-manggar

Sesuai dengan julukan kota Gudeg, Yogyakarta terkenal dengan berbagai masakan gudeg. Salah satu gudeg yang paling digemari dan memiliki bahan baku khas yaitu manggar (bunga kelapa). Gudeg ini spesial karena diciptakan oleh Putri Panembahan Senapati Raja Mataram pada ratusan tahun lalu. Kalian bisa menjumpai penjual gudeg manggar di daerah Bantul, Yogyakarta.Gudeg terbuat dari Nangka dan putik bunga kelapa serta suwiran ayam, telur bacem. Kalian cukup merogoh kocek sekitar 50.000 untuk menikmati makanan khas tersebut. Harga yang ditawarkan sepadan dengan cita rasa dan sulitnya pencarian bahan baku yaitu putik bunga kelapa.

  1. Kopi Jos
kopi-joss

kopi-joss

Siapa yang mengaku pecinta kopi, kalian akan menyesal kalau belum pernah minum kopi jos. Kopi jos memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat bongkahan arang di dalamnya. Di Yogyakarta Angkringan yang menjual kopi jos terletak di dekat stasiun utama Yogyakarta (stasiun Tugu). Berderet-deret angkringan yang menjual kopi jos. Kalian bisa menikmati kopi jos sambil duduk lesehan memandang keindahan kota Yogyakarta. Tempat tersebut juga dekat dengan tempat wisata Malioboro. Untuk menikmati kopi unik tersebut kalian cukup merogoh kocek 5.000- 7.000 rupiah. Selain kopi, kalian juga bisa menikmati jajanan angkringan seperti nasi kucing, sate keong, sate usus, gorengan dsb.

  1. Sate Klatak
sate-klathak-pak-bari-sate

sate-klathak-pak-bari-sate

Sate Klatak berbeda dengan sate-sate lainnya. Yang menjadi ciri khas dri sate klatak yaitu tusuknya bukan dari kayu melainkan dari besi. Hal tersebut menjadikan bumbu-bumbu lebih meresap. Untuk menikmati kelezatan sate ini kalian cukup mengeluarkan uang 20.000-25.000/ porsinya.  Harga tersebut setara dengan kelezatan bumbu khas yang digunakan untuk memasak sate tersebut.

  1. Wedang Uwuh
wedang-uwuh

wedang-uwuh

Wedang uwuh awalnya merupakan minuman khas Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Jika dilihat dari namanya Wedang Uwuh berarti (Minuman Sampah). Akan tetapi jangan berfikir bahwa itu minuman sampah, melainkan minuman yang berkomposisi bermacam-macam rempah-rempah meliputi; jahe, cengkeh, pala, daun cengkeh. Seiring dengan perkembangan zaman, wedang uwuh juga dijual dalam kemasan instan. Kalian bisa membelinya seharga 4.500-15.000 rupiah saja.

  1. Soto Sampah
soto sampah

soto sampah

Kalian pasti kaget jika mendengar nama masakan ini. Tapi jangan salah, dibalik namanya unik tersebut soto sampah memiliki ciri khas sendiri. Soto sampah memiliki kuah yang berbeda dari soto lainnya yaitu berwarna kemerahan dan penyajiannya yang awut-awutan alias tidak rapi membuat masakan tersebut dinamai soto sampah. Kalian cukup mengeluarkan uang 5.000-20.000 rupiah untuk menikmati masakan ini beserta camilan, ataupun gorengan lainnya yang tersedia di warung.

  1. Jadah Tempe
Resep Jadah Tempe Khas Sleman

Resep Jadah Tempe Khas Sleman

Jadah tempe merupakan makanan khas dari Kaliurang, Yogyakarta. Jadah tempe merupakan dua makanan yang cara memakannya dipadukan yaitu jadah dan tempe. Jadah sendiri terbuat dari ketan yang diberi perasan santan lalu dikukus. Kemudian tempe sendiri tempe biasa, seperti tempe-tempe lainnya yang dimasak bacem alis bumbu manis. Untuk menikmatinya kalian bisa menata seperti burger. Harga dari jadah tempe berkisar 5.000-20.000 rupiah tergantung berapa banyak pembelian.

Yogyakarta selalu menawarkan keistimewaan tersendiri melalui makanan tradisionalnya. Masih mau melewatkan liburan ke Yogyakarta? Jangan khawatir dompet kalian terkuras habis jika kuliner di Yogyakarta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top