Travel

Menjadi Pemburu Liburan Gratis ke Luar Negeri

Menjadi Pemburu Liburan Gratis ke Luar Negeri

This post is also available in: English

Siapa yang tidak ingin pergi berlibur ke luar negeri? Hampir semua orang pasti ingin berlibur ke luar negeri. Ya, ke luar negeri menjadi impian banyak orang Indonesia. Berlibur ke luar negeri memberikan gengsi tersendiri.

Namun banyak pula orang yang mengubur impian tersebut lantaran terbentur biaya. Bagi Anda yang memiliki impian seperti itu, jangan buru-buru menguburnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar impian berlibur ke luar negeri bisa tercapai tanpa biaya alias gratis. Berikut beberapa tipsnya yang diperoleh dari berbagai sumber:

  1. Carilah beasiswa ke luar negeri. Ada banyak informasi beasiswa mulai dari jenjang pendidikan sarjana hingga doktor. Anda dapat memanfaatkan kesempatan belajar ke luar negeri sekaligus untuk berlibur. Selain bisa mengunjungi berbagai tempat di negara tempat Anda belajar, Anda juga dapat berlibur ke negara-negara tetangganya dengan biaya yang murah. Cara lain selain beasiswa adalah dengan mengikuti program pertukaran pelajar, pelatihan, ataupun kursus. Cara ini sangat sesuai dan paling diminati bagi mereka yang masih berstatus sebagai seorang pelajar dan mahasiswa.
  2. Manfaatkan media sosial dan media massa. Biasanya di media sosial dan media massa diadakan kuis-kuis yang berhadiah liburan ke luar negeri. Selain itu, produk-produk seperti coklat juga memberikan undian yang berhadiah liburan ke luar negeri. Memang peluangnya sangat kecil, namun Anda dapat mencobanya dan semoga beruntung.
  3. Bagi Anda yang senang berwirausaha, Anda dapat mencoba menjadi agen penjual produk-produk seperti produk kecantikan. Produk-produk tersebut terkadang memberikan penghargaan bagi agennya jika telah mencapai target penjualan.
  4. Mencari pekerjaan yang bisa membuat Anda ke luar negeri secara gratis seperti menjadi seorang jurnalis, diplomat, pramugari, dan sebagainya.
  5. Ikuti lomba atau kontes yang berhadiah liburan ke luar negeri, seperti lomba menulis, lomba fotografi, dan sebagainya.
  6. Apakah Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi? Jika iya, Anda dapat menjadi relawan di negara lain. Relawan tidak selalu berbau bencana, Anda bisa menjadi relawan lingkungan, relawan pembangunan daerah tertinggal, dan sebagainya.
  7. Bagi Anda yang senang menulis, tuangkanlah tulisan Anda di blog. Buatlah tulisan yang berbeda dan semenarik mungkin dengan tema aktual. Kemudian promosikan blog Anda. Jika banyak orang yang senang membacanya, bukan tidak mungkin Anda mendapat kesempatan diundang ke luar negeri.
  8.  Gunakan bakatmu seperti menyanyi, bermain alat musik, dan melukis. Banyak musisi dan seniman yang bisa ke luar negeri dengan gratis bermodalkan bakat mereka.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Beberapa tips di atas ada yang bersifat kondisional, maksudnya Anda bisa tiba-tiba mendapatkan kesempatan itu. Agar tidak terburu-buru dalam menyiapkan keberangkatan, alangkah lebih baik jika Anda sudah mempersiapkannya sejak dini.

Anda bisa mulai membuat paspor, mempelajari bahasa sehari-hari dan budaya negara tujuan Anda, dan bertanya pada orang-orang yang telah berhasil ke luar negeri. Dan ingatlah yang paling terpenting jangan mudah berputus asa dan tetap semangat mencari peluang. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

To Top