Travel

Lokasi Liburan Indonesia Berpotensi Hits

Sudah dekat akhir tahun nih ! Saatnya kamu berpikir untuk mencari waktu yang tepat untuk berlibur. Tentukan lokasi mana yang akan kamu tuju dan bersama siapa saja, sebelum kemudian mengajukan permohonan cuti di tempat kerja, atau pilih waktu liburan sekolah/kuliah. Setelah itu, rencanakan semuanya dengan matang sebelum keberangkatan. Buat kamu yang mencintai wisata alam dan budaya, tentunya negara kita adalah surganya. Beragam tempat wisata nan cantik tersebar di berbagai lokasi dari Sabang sampai Merauke. Tapi biasanya kita cenderung akan memilih tempat wisata populer yang sudah terlalu sering dikunjungi wisatawan.  Kebanyakan tempat wisata seperti ini sudah terlalu ramai,apalagi pada musim liburan. Lagipula, mengapa harus ke tempat yang itu-itu saja sementara lokasi lain tidak kalah kerennya? Berikut ini adalah 7 tempat wisata pilihan yang bisa jadi belum terlalu banyak dikunjungi sebagai pilihan.

Spot Riyadi, Yogyakarta

Pernah dengar Puthuk Setumbu bukan? Sebuah dataran tinggi dimana kita bisa menikmati Candi Borobudur dari ketinggian dan kemudian demikian populer setelah diputarnya film Ada Apa Dengan Cinta 2? Nah, Spot Riyadi mirip dengan Puthuk Setumbu. Jika Puthuk Setumbu berada di wilayah Magelang seputaran Candi Borobudur, maka Spot Riyadi berada di wilayah Jogyakarta, seputaran lokasi candi Prambanan.

Lokasi Spot Riyadi tepatnya berada di Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Prambanan. Dari lokasi inilah kita dapat menikmati keagungan Candi Prambanan dari sudut pandang yang berbeda, yaitu dari atas bukit. Dari Spot Riyadi pula kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Merapi pada sisi tenggaranya. Berburu sunrise dan sunset di lokasi ini juga sangat tepat. Selain dapat menikmati keindahannya secara langsung, lokasi ini juga pas buat kamu yang menyukai fotografi.

Nusa Penida, Bali

Ini dia lokasi alternatif yang keren, sehingga kamu tidak harus selalu ke Sanur atau Kuta saja jika berkunjung ke Bali. Pulau ini terletak di sebelah Tenggara pulau Bali berada di Kapubaten Klungkung dan keduanya dipisahkan oleh selat Badung. Lokasinya berbukit dengan ketinggian maksimum 524 meter.  Selain kamu dapat menikmati pemandangannya, dan berpetualang pada lokasinya yang berbukit, kamu juga dapat menikmati wisata bawah airnya yang diklaim sebagai yang terbaik di Bali. Kunjungi wilayah Pantai Kelingking atau Pantai Karang Dawa disana yang katanya mirip dengan gugusan kepulaun Raja Ampat, atau Angel’s Billabong kolam renang alami tepi laut. Bisa juga kamu berkunjung ke Bukit Teletubbies, pantai Atuh, Pasih Uug, Crystal Bay, pantai Banah, Toya Pakeh, Smoke Beach serta tentu saja terdapat sejumlah pura yang biasa dijadikan tujuan Tirta Yatra bagi para pemeluk agama Hindu.

Danau Buyan dan Tamblingan, Buleleng

Belum beranjak dari sekitar Bali, wisata ke danau juga bisa menjadi pilihan. Di kedua danau ini, suasana alami masih dapat terasa. Selain pemandangan alamnya yang asri, kamu juga masih dapat melihat orang memancing menggunakan perahu-perahu kecil yang disebut : Pedahu, dan tidak menggunakan perahu motor. Di tempat ini kamu juga dapat menjumpai kera-kera liar yang berkeliaran pada sekitar danau Buyan, di jalan raya jurusan Denpasar-Singaraja. Obyek wisata danau Buyan dan Tamblingan juga terletak diantara beberapa destinasi wisata lain seperti Bedugul, air terjun Gitgit, dan danau Lovina. Dari lokasi ini kamu juga dapat menikmati keindahan pemandangan gunung Lesong dari kejauhan.

Curug Putri Tahura, Pandeglang, Banten

Lokasi air terjun ini dijuluki The Little Green Canyon. Berlokasi di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, Banten. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter serta memiliki aliran air yang sangat jernih. Wisatawan dengan aman dapat bersantai maupun berenang di sungai yang berada tepat dibawah air terjun. Aliran sungainya  unik, berliku-liku diantara himpitan tebing batu yang tinggi. Hanya saja sayangnya fasilitas yang disediakan masih minim, sehingga wisatawan harus mempersiapkan segalanya sendiri.

Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah Tenggara Sulawesi. Wakatobi merupakan singkatan dari empat pulau di dalamnya, yaitu Wangi-wangi, Kaleidupa, Tomia dan Binongko. Taman Nasional Wakatobi memiliki lahan seluas 1,39 juta hektar ini memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Selain lokasi pantainya yang cantik, Wakatobi juga menyimpan kekayaan bawah air seperti contohnya terumbu karang juga beragam ikan berwarna-warni bersama ekosistemnya yang masih sangat terjaga.

Mandalika, Lombok

Nama ini berasal dari nama Putri Mandalika, seorang putri dari kerajaan Tonjang Beru di pantai selatan Pulau Lombok yang merupakan legenda suku Sasak. Putri ini mengorbankan diirinya dengan terjun ke laut lalu kemudian menjelma menjadi Nyale, sejenis cacing laut yang dapat dikonsumsi. Dengan berubah wujud sang putri menjadi Nyale, maka itulah berwujudan kasih nya pada rakyat. Nyale dapat dikonsumsi seluruh penduduk di sana. Kawasan ini menyimpan area pantai dengan pasir putih yang sedemikan halus seperti pantai Kuta, Tanjung Aan, Seger hingga Selong Belanak. Pada Pantai Seger ini lah setiap tahun dirayakan Festival Bau Nyale, dimana warga setempat bersama berburu Nyale, cacing laut yang konon penjelmaan sang putri.

Weekuri Lagoon, Sumba

Semakin bergeser ke Timur, semakin banyak pula tawaran lokasi wisata yang menakjubkan. Diantara berbilang yang terdapat disana, tersebutlah Weekuri Lagoon atau Laguna Weekuri, sebuah danau yang juga kerap disebut dengan ‘danau garam’. Tempat ini terletak 45 kilometer atau tepatnya sekitar dua jam perjalanan dari Waitabula. Film Pendekar Tongkat Emas memilih lokasi syuting disini, dan dari sana saja kamu sudah dapat menyaksikan keindahan alamnya. Panorama yang luar biasa cantik dan air danau yang sangat jernih, hijau kebiruan, laguna yang kerap pasang surut ini dipisahkan oleh tebing yang terjal dan berada 20 meter dari laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top