Travel

Lokasi Tercantik Untuk Menikmati Sakura di Jepang

Lokasi Tercantik Untuk Menikmati Sakura di Jepang

Tiket pesawat yang semakin terjangkau membuat kita menjadi lebih memiliki harapan besar untuk mewujudkan keinginan kita menatap dunia. Traveling, saat ini merupakan kegiatan yang terjadwal. Dari berbagai negara dan lokasi dunia, Jepang merupakan salah satu destinasi pilihan paling diminati pelancong. Salah satu hal dari Jepang yang paling menyita perhatian wisatawan adalah bunga Sakura, yang tumbuh pada awal musim semi. Meskipun bunga jenis ini bukan hanya terdapat di Jepang, namun bunga ini telah menjadi tumbuhan khas disana.

Namun meskipun kita telah tiba di negeri Sakura di musim semi pada bulan Maret hingga awal April, namun jarang diantara kita yang benar-benar  mengetahui sebenarnya dimana lokasi paling tepat kita dapat menikmati Sakura dengan leluasa, tentu saja juga dilengkapi dengan spot terbaik  untuk mengambil foto. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Jepang pada musim semi tahun depan, dan bagia Anda yang menyukai segala hal yang berbau Jepang dengan Sakura-nya, berikut ini adalah 7 tempat terbaik pilihan untuk menikmati keindahan bunga Sakura di Jepang

Ueno Park di Tokyo

Taman raksasa yang terletak di Taito, Tokyo ini pada masa lalu merupakan Kan’ei-ji, sebuah kuil yang berkaitan erat dengan Shogun Tokugawa, tokoh pembangun kuil penjagaan bagi Benteng Edo. Di taman ini terdapat 10 ribu buah pohon Sakura yang tentunya akan berkembang pada tiap musim semi tiba. Pada saat bunga Sakura berkembang, warga Jepang berdatangan ke taman ini untuk melakukan kegiatan yang disebut : hanami, yaitu makan bersama atau piknik sambil menikmati suasana dibawah naungan pohon Sakura. Kita sebagai wisatawan juga dapat bergabung disana, ikut ber-hanami bersama warga lokal.

The Osaka Mint Bureau di Osaka

Lokasi yang satu ini memang salah satu lokasi paling cantik untuk menikmati keindahan bunga Sakura dan tentunya, sangat instagramable. Di sini kita dapat menyaksikan kurang lebih 348 pohon Sakura dari 126 varietas dengan bunganya yang berkembang berjajar di tepi sungai Okawa. Di lokasi ini, selain dapat menikmati bunga Sakura musim semi, Anda juga sekaligus dapat menikmati jajan khas Jepang yang dijual oleh sederetan penjuan jajanan di tempat ini. Osaka Mint Bureau ini hanya dibuka satu kali setahun atau tepatnya satu minggu saja pada bulan April di musim semi , dan dapat Anda kunjungi secara gratis.

Yoshinoyama atau Mount Yoshino di Perfektur Nara

Gunung Yoshino atau Yoshinoyama telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO dibawah nama Situs Suci dan Rute Ziarah pada pegunungan Kii. Lokasi ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Bungan Sakura. Di sini, Anda dapat menyaksikan gerombolan cantik pohon Sakura dengan bunganya yang bermekaran di musim semi atau tepatnya Anda akan menemukan kurang lebih 30.000 pohon bunga Sakura. Pohon –pohon ini ditanam pada ketinggian yang masing-masing berbeda serta mengarah pada sebuah kuil yang berada di puncak gunung yang terletak di kota Yoshino, Distrik Yoshino, perfektur Nara ini.

The Philosopher’s Path di Kyoto

Lokasi ini dinamakan The Philosopher’s Path dikarenakan konon seorang filsuf berpengaruh asal Jepang di abad ke-20 yang juga merupakan seorang profesor dari Universitas Kyoto bernama Nishida Kitaro pernah menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk bermeditasi. Rute ini melewati sejumlah kuil dan tempat suci seperti Honen-in, Otoyo Shrine, dan Eikan-do Zenrin-ji. Dibutuhkan waktu sekita 30 menit untuk menyusuri rute ini. Pada rute inilah berbaris ratusan pohon Sakura pada pinggir kanal, sehingga membuat pemandangan kuil yang berada di rute ini jadi semakin indah dipandang mata.

Handayama Botanical Garden di Okayama

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Handayama Botanical Garden atau Kebun Raya Handayama merupakan taman botani yang terletak di Kitagata, Okayama. Taman ini buka setiap hari terkecuali pada hari Selasa. Pada masa hanami, tempat ini juga terbuka umum di hari Selasa. Taman ini didirikan pada tahun 1953 pada sisi bukit yang menghadap kea rah kota. Taman ini menyimpan 3.000 jenis species tanaman, termasuk di dalamnya adalah Sakura. Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan kota dari atas bukit ditemani Sakura di sekeliling Anda.

Matsumae Park di Hokkaido

Matsumae Park merupakan taman yang memiliki area luas, dimana didalamnya terdapat kastil Matsumae (kastil Fukuyama), Teramachi yang merupakan tempat tinggal klan Matsumae di Matsumaegun, Hokkaido. Di tempat inilah Anda dapat menjumpai kurang lebih 10.000 pohon Sakura dari 250 varietas berbeda berbunga di musim semi pada kurun waktu yang berbeda-beda. Sakura dengan berbagai jenis memang dikenal berbunga tidak pada waktu yang bersamaan. Hokkaido merupakan prefektur yang terletak paling utara di Jepang sehingga menikmati musim semi dan Sakura-nya akan terasa lebih istimewa  dan lebih menarik di tempat ini.

Miyajima, pulau Itsukushima

Lokasi ini dapat Anda jangkau dengan menggunakan kapal feri dari kota Horoshima . Lokasi ini juga dikenal dengan nama Miyajima yang dalam bahasa Jepang berarti Shrine Island atau Pulau Kuil karena di tempat terdapat beberapa kuil atau tempat suci yang indah. Tempat ini juga sangat dikenal dengan gerbang mengambangnya yang cantik, disertai rusa-rusa yang tampat bebas berkeliaran.  Kuil Itsukushima dikenal sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pada bagian atas bukit pada jalur pejalan kaki di lokasi inilah Anda dapat menemukan sekumpulan pohon Sakura. Kurang lebih 1300 pohon Sakura tumbuh pada sepanjang jalur pejalan kaki dan pada sekitar kuil disana.

Demikianlah beberapa tempat yang direkomendasikan bagi Anda untuk menikmati Sakura pada musim semi. Sehingga Anda dapat memilih lokasi yang tepat tentuna disesuaikan dengan lokasi yang akan rencananya akan Anda kunjungi di negara Jepang. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda, dan tentunya, selamat berlibur!

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top