Travel

Mampir yuk, dan Rasakan Beragam Kuliner di Kota Tulungagung

Tulungagung adalah daerah yang diakui sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia. Tulungagung berasal dari kata “Pitulungan Agung” yang artinya pertolongan yang agung. Sebuah kota yang lokasinya di pesisir pantai selatan pulau jawa, memiliki beberapa tempat wisata yang lumayan mantab untuk membuang stres kerjaan.

Tempat wisata di tulungagung kalau dijelajahi memang tidak seterkenal seperti tempat wisata yang ada di kota besar seperti tempat wisata di jogja atau tempat wisata di bali, bandung yang notabene sudah tersohor hingga mancanegara, tetapi banyak yang keindahan dan kenikmatan yang tersembunyi di kota tulungagung. Menikmati wisata kuliner akan lebih mantap dan lebih puas bila bisa datang langsung ke tempat asal dari makanan tersebut, Selain kuliner di kota Tulungagung yang mantap, satu lagi yang pasti para anak muda penikmat kopi semua tahu kalau tulungagung terkenal akan kopi cete-nya. Berikut ini adalah beragam kuliner Tulungagung enak yang bisa di cicipi .

Beragam Kuliner di Kota Tulungagung

Nasi Lodho Tulungagung

Menu kuliner ini merupakan menu yang sajiannya hampir sama dengan opor ayam. Namun, yang membedakannya adalah sebelum di sajikan ayamnya di panggang terlebih dahulu sehingga aromanya enak dan juga lezat. menu ini biasanya di sajikan dengan di temani lontong, ketupat atau pun nasi putih. 1 porsinya di banderol Rp. 15.000 saja. lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di jl. semeru.

Jenang Grendol

Jenang grendol ini di buat dengan menggunkan tepung kanji. Jenang ini biasanya di sajikana dengan di temani jenang baning dan di buat dari tepung beras dan juga di siram dengan menggunakan kuah santan. Perpaduan rasa manis dan juga gurih akan menggoyang lidah anda. 1 porsinya Rp. 7.000. lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di pasar tradisional.

Opak Pasir Tulungagung 

Opak pasir adalah salah satu makanan khas kota tulungagung. dimana kita dapat menemukannya banyak dijual dipinggir jalan atau tempat wisata. opak pasir adalah krupuk yang digoreng tanpa minyak diganti dengan pasir.

Sredek

Sredek

Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Singkong terlebih dahulu diolah menjadi gethuk, kemudian digoreng. Sredek biasanya dimakan dengan tempe goreng dan cabe mentah.

Sate Kambing Tulungagung 

Kawasan di depan BARATA yang cukup ramai dikunjungi saat waktu makan siang maupun malam, tepatnya di JL. WR. Supratman. Di sepanjang jalan ini terdapat beberapa tempat makan seperti Warung Pecel, Tahu Lontong, Nasi Bantingan, Soto Garang Asem dan lain-lain.

Jenang Syabun

Jenang ini merupakan makanan yang sering di jadikan sebagai oleh oleh khas tulungagung. Jaenang ini terbuat dari beras ketan. Rasanya manis dan juga legit, teksturnya sangat lembut dan juga tanpa menggunakan bahan pengawet. 1 bungkusnya di jual dengan harga Rp. 25.000. lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di desa botoran.

Demikainlah artikel tentang Wisata Kuliner di Tulungagung. semoga bisa bermanfaat untuk anda dan menjadi panduan wisata anda untuk menjelajahi tempat tempat wisata menarik yang ada di Tulungagung jawa timur. Jangan lupa kunjungi tempat wisata menarik lainnya yang ada di indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top