Travel

Mengejar Matahari di Gunung Kukusan

gunung kukusan

Para Pengejar Matahari. Mungkin itulah julukan yang tepat bagi orang-orang yang senang mencari momen matahari terbit dan terbenam. Mereka biasanya mencari momen tersebut di gunung, bukit dan pantai. Mereka rela pergi ke berbagai tempat, bangun dini hari, demi mendapatkan kepuasan batin serta mengabadikannya dalam foto.

Momen tersebut memang sayang untuk dilewatkan. Lalu apakah kamu salah satu orang yang menjadi ‘pengejar matahari’? Untuk kamu yang berdomisili atau sedang berada di Yogyakarta, kamu perlu mampir ke Gunung Kukusan untuk melihat momen matahari terbit.

Gunung Kukusan ini sebenarnya masuk ke wilayah Magelang, tepatnya di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Namun kamu juga bisa mencapainya dari Yogyakarta, yaitu melalui kebun Teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo. Bila ingin perjalanan yang lebih dekat dan singkat, disarankan melalui Yogyakarta.

Gunung Kukusan terdiri dari dua puncak, yaitu Puncak Kendeng dan Puncak Dempok. Jarak antar puncak ini tidak jauh, kamu bisa mencapainya hanya dalam hitungan menit. Untuk menuju puncak, ada dua buah jalan setapak, jalan setapak di sebelah kiri menuju Puncak Dempok dan jalan setapak di sebelah kanan menuju Puncak Kendeng. Pemandangan di Gunung Kukusan sangatlah indah. Bila beruntung, kamu bisa melihat pemandangan delapan gunung di Jawa Tengah yaitu Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro dan Prau.

Untuk mendapatkan momen matahari terbit, kamu bisa berangkat dini hari sekitar pukul tiga pagi. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah akses menuju Gunung Kukusan cukup terjal dan menanjak, serta jalanan yang agak rusak. Oleh karena itu, siapkanlah kendaraanmu dengan baik dan berhati-hatilah, apalagi kamu yang berangkat dini hari di mana jalanan masih gelap dan sangat sepi. Kendaraan pengunjung hanya bisa sampai di wilayah kebun teh, selebihnya dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tenang saja, di sana sudah disediakan area parkir dan ada orang yang menjaganya.

Perjalanan menuju puncak cukup melelahkan bagi kamu yang tidak terbisa berolahraga ataupun mendaki. Bagi kamu yang berangkat dini hari, jangan lupa untuk membawa senter dan menggunakan pakaian yang tebal seperti jaket. Hal itu untuk memudahkanmu melihat jalanan yang kecil dan menghangatkan badanmu dari udara gunung yang dingin.

Gunung Kukusan menghadap ke utara, sehingga arah matahari terbit berada di sebelah kanan. Posisi tersebut sangat strategis karena tidak terhalang oleh bukit, apalagi jika cuaca cerah, langit tidak tertutup awan, dan kabut yang tidak begitu tebal. Ketika matahari terbit, kamu akan merasakan sensasi berada di negeri di atas awan. Membayangkannya saja sudah membuat senang dan merinding, apalagi jika kamu bisa datang ke sana.

Selain menikmati momen matahari terbit, jangan lupa siapkan kameramu. Pemandangan yang indah tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. Ada sebuah spot foto yang sangat digemari pengunjung namun juga membutuhkan usaha ekstra dan keberanian untuk mencapainya. Spot itu berupa batu besar yang berada di puncak Kendeng yang dipercaya merupakan sebuah batu nisan dari seorang pangeran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top