Travel

Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

Jika Anda ingin menikmati pemandangan hijau serta menyejukkan di Kota Yogyakarta, sebaiknya kunjungi Kebun Buah Mangunan di Imogiri, Bantul. Tempat ini lebih tepatnya terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Kebun Buah Mangunan, Anda bisa menempuh dari Yogyakarta melewati ringroad. Kemudian saat tiba di perempatan Giwangan, ambil arah ke Jalan Imogiri Timur. Setelah tiba di Pasar Imogiri, akan ada petunjuk arah untuk menuju Kebun Buah Mangunan.

Taman yang memiliki luas 23.3415 hektar ini dibangun pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Di kebun ini, pengunjung bisa melihat berbagai macam pohon buah-buahan seperti belimbing, mangga, sawo, rambutan, duku, jeruk, durian, manggis, jambu air dan lainnya. Ada juga buah-buahan yang relatif dikit seperti jambu biji, belimbing, matoa, cempedak, dan kelengkeng. Namun, pengunjung harus tetap mematuhi peraturan untuk tidak memetik buah yang ada di pohon-pohon tersebut. Objek utamanya yaitu pada puncaknya yang berada di ketinggian 150-200 meter di bawah permukaan laut. Di atas puncak ini terdapat gardu pandang yang terletak di sebelah selatan, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan indah dan menyejukkan dari Pegunungan Sewu serta Sungai Oyo. Tak hanya itu saja, pengunjung pun dapat melihat pemandangan Pantai Parangtritis di arah selatan dan dan Kota Bantul yang ada di sebelah barat. Suasana semakin sejuk karena di sekitar kebun ini ditanami king grass, magium, jati, pinus, dan pagar hidup berupa salak.

Untuk menuju puncak, pengunjung harus melalui jalanan yang menanjak dan cukup curam. Perjalanan bisa dilalui dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan motor atau berjalan kaki. Biasanya untuk menuju gardu pandang, dianjurkan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Ada trotoar yang disediakan khusus untuk pejalan kaki. Sepanjang rute perjalanan juga terdapat batuan purba yang berserakan dan pohon-pohon buah yang bisa dilihat. Jika pengunjung merasa lelah, terdapat pos-pos yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan. Waktu yang paling tepat untuk menikmati pemandangan indah di Kebuah Buah Mangunan ialah saat sore hari menjelang senja. Banyak pengunjung yang ingin melihat sunset di tempat ini.

Kebun Buah Mangunan juga memiliki banyak populasi monyet yang bisa dijadikan sebagai potensi wisata. Selain itu, ada pembibitan sapi yang bertujuan menambah populasi ternak sapi dan pembuatan pupuk kandang untuk perawatan tanaman dan pepohonan yang ada di taman ini. Jumlah sapi yang ada di peternakan kebun ini sebanyak kurang lebih 40 ekor.
Menikmati Pemandangan kabut dari Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan
Beberapa fasilitas yang ada di Kebun Buah Mangunan antara lain kolam renang, penginapan, gedung pertemuan, aula besar (kapasitas 300 orang), aula sedang (100 orang), gazebo, joglo, pendopo, area kemah, musholla, kolam pemancingan, area outbond, kamar mandi, area bermain anak, dan kantor managemen. Tak hanya itu saja, bagi pengunjung yang menyukai olahraga mountain biking (sepeda gunung) juga bisa melakukan tracking di dua lintasan trek yang memiliki panjang 2.300 meter untuk kelas downhill dan 3.800 meter untuk kelas cross country. Untuk menikmati pemandangan yang ada pada puncak Kebun Buah Mangunan, pengunjung diwajibkan untuk membayar retribusi sebesar Rp 5.000. Cukup terjangkau kan? Selamat berlibur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top