Travel

Misteri Dan Sejarah Hotel Niagara Malang Yang Kini Tengah Viral

Misteri Dan Sejarah Hotel Niagara Malang Yang Kini Tengah Viral

Menjelang malam Jumat, ada sebuah konten viral di TikTok yang berbau horor, yaitu tentang sepasang kekasih yang mengaku ketakutan saat menginap di Hotel Niagara Malang, Jawa Timur. Dari video yang diunggah pada akun TikTok bernama @fmpeg, pengguna membagikan pengalamannya menginap di hotel kuno bertarif Rp 120.000 per malam itu.

Pada video pertama yang diunggah pada Rabu (24/3), perempuan itu merekam suasana di dalam kamar yang ia tempati di hotel tersebut. Bersama pasangannya, ia berencana bermalam di hotel murah itu untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo. Karena akan menuju Bromo pada dini hari, ia berpikir kalau menginap untuk istirahat satu dua jam di hotel murah bisa menjadi pilihan.

“Kita ditaruh di lantai 3, paling atas, paling pojok, sebab pegawai hotelnya ngomong seluruh kamar penuh. Padahal waktu kami lihat suasana dalam hotelnya sepi, parkirannya pun sepi,” kata @fmpeg mengutip dari laman CNNIndonesia.com.

“Di luar hanya terdapat 1 satpam, di dalam hanya ada 1 pegawai. Masa hotel sebesar itu, dan bilangnya penuh, karyawannya cuma 2?” Sambungnya.

Video berseri yang upload turut menunjukkan interior kamar dan bangunan Hotel Niagara Malang Jawa Timur yang kuno namun terjaga kebersihannya.

Suara Ketukan Pintu Di Kamar Hotel

Yang semakin membuat bulu kuduk berdiri saat @fmpeg memperlihatkan video ketika pintu kamar seperti diketuk seseorang dari luar, namun tidak ada siapapun. Kebetulan sang pacar yang membuka pintu, tapi di luar hanya terlihat sekilas ada bayangan hitam di luar.

Tidak lebih dari satu jam berada di hotel tersebut, mereka langsung mengemas barang bawaan dan berniat untuk pindah hotel. Saat menuruni tangga menuju lobi, @fmpeg masih memperlihatkan sudut-sudut di hotel tersebut yang menurutnya aneh.

“Kami ditempatkan di lantai 3 sebab katanya lantai 1 dan 2 penuh, tetapi ini sepi saja. Sebagai bangunan kuno, catnya masih bagus, bahkan gak ada debu sama sekali,” tutur @fmpeg.

“Namun seluruh jendela seperti dipaku supaya tidak bisa dibuka. Di kamar kami juga ada pintu sambungan menuju kamar lain, kelihatannya dipaku, namun bagian bawahnya seperti bekas berusaha dibuka paksa,” sambungnya.

Setelah pindah ke hotel lainnya, pemilik akun @fmpeg itu baru bisa menceritakan pengalamannya dengan lebih tenang dalam video.

“Udah pindah ke hotel, walaupun lebih mahal sedikit tetapi lebih modern dan nyaman. Aku tidak disponsori, ini murni pengalaman,” katanya.

Terkait pemilihan hotel, ia menjelaskan kepada netizen bahwa Hotel Niagara di Malang adalah hotel terjangkau dengan rating serta ulasan bagus di internet maupun aplikasi pemesanan transportasi dan akomodasi. Karena itulah ia tidak berpikir dua kali saat memesannya.

Lihat Juga: 7 Hotel Fotogenik Ini Ada di Indonesia, Lho!

Sejarah Hotel Niagara Malang

Sebenarnya banyak tersiar kabar soal salah satu hotel di Malang ini, tapi tidak banyak catatan resmi yang menjelaskan tentang sejarahnya. Hotel yang berada di Lawang, Kabupaten Malang ini terdiri dari lima lantai dan dibangun oleh pengusaha lokal bernama Liem Sian Joe. Bangunannya sendiri  dirancang oleh orang Brazil bernama Fritz Joseph Pinedo pada tahun 1900-an.

Setelah dibangun selama 15 tahun, gedung ini dijadikan rumah peristirahatan keluarga untuk menikmati panorama sekitarnya yang sejuk dan asri. Memiliki ketinggian 35 meter, bangunan ini menjadi gedung tertinggi di Indonesia dan Asia pada masa itu.

Namun karena keluarga pemilik pindah ke Belanda, bangunan tersebut menjadi tidak terurus dan akhirnya ahli waris menjualnya kepada pengusaha dari Surabaya, Ong Kie Tjai. Kemudian, ia membuka Hotel Niagara di Malang, Jawa Timur, dan masih beroperasi hingga kini.

To Top