Travel

Bingung Mau ke Pantai, Gunung Atau Curug? Di Geopark Ciletuh Sukabumi, Semua Ada!

Bingung Mau ke Pantai, Gunung Atau Curug? Di Geopark Ciletuh Sukabumi,

Sejak diakui keindahan alamnya pada tahun 2015 oleh UNESCO sebagai warisan geologi dunia, Geopark Ciletuh Sukabumi semakin dikenal. Landskap alam yang ada memang luar biasa, membuat kamu berdecak kagum dan pulang liburan dengan pikiran ringan. Mau kenalan?

Destinasi wisata satu ini merupakan kawasan konservasi, edukasi dan pembangunan berkelanjutan yang terdapat aneka ragam geologi, hayati dan budaya dalam lahan seluas 128 ribu hektar—atau sekitar delapan kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Geopark Ciletuh Sukabumi menjanjikan panorama alam yang nyaris sempurna nan komplet. Kamu yang bingung mau liburan ke pantai atau gunung, ke sini saja! Nggak bohong, kawasan wisata satu ini punya semuanya yang kamu butuhkan.

Sebelum cus, ada baiknya kamu tentukan dulu mau ke mana saat berada di Geopark Ciletuh Sukabumi. Jangan sampai, banyaknya destinasi wisata di sana bikin kamu sulit memilih. Berikut Loper merangkum destinasi wisata favorit di Geopark Ciletuh Sukabumi. Cekidot!

1. Masuk Dari Arah Laut, Bertemu Pantai Palangpang

Dinamakan Palangpang,  mungkin karena pantai satu ini merupakan ‘pintu masuk’ Geopark Ciletuh Sukabumi dari arah laut. Pantai ini cukup panjang dengan deretan pohon kelapa berbaris rapi yang menambah kesempurnaan. Luas pantainya yang ideal bikin cozy banget buat berlarian di atasnya atau sekadar duduk santai mendengar betapa syahdu bisikan ombak.

@paquadivabening _TripZilla

Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Sukabumi merupakan keajaiban pertama yang bisa kamu temukan. Jangan berhenti sampai di sini, kamu harus jelajah tempat lain atau kalau nggak, bakalan nyesal!

2. Ajak Pasangan ke Puncak Tugu

Nggak cuma pantai, di Geopark Ciletuh Sukabumi juga terdapat bukit-bukit dengan spot-spot menarik berpemandangan alam yang luar biasa indah. Salah satu puncak paling ngehits adalah Puncak Tugu yang disebut-sebut sebagai spot romantis. Kenapa romantis? Karena di sini terpasang dermaga kayu kecil berbentuk huruf I, lambang hati dan huruf U.

Kalau kamu berniat kasih kejutan ke pasangan kamu dan kebetulan dia belum tahu mengenai spot satu ini, bakal jadi momen romantis banget nih! Pemandangan Geopark Ciletuh Sukabumi pun tampak jelas dari sini. Nggak cuma itu, kamu juga boleh bermalam di sini sambil menikmati alam terbuka ada malam hari. Berikan hadiah bintang-bintang yang berkelipan untuk Si Dia di Puncak Tugu ini, dijamin makin lengket!

3. Curug Cikaso Yang Mistis

Kamu yang doyan sama bau-bau mistis, harus banget nih, mampir ke Curug Cikaso saat berada di Geopark Ciletuh Sukabumi. Konon, mitos yang beredar, curug ini mempunyai penunggu. Penunggunya bahkan bukan orang biasa, Curug Cikaso Geopark Ciletuh Sukabumi ini dijaga oleh Nyai Blorong. Simpang siur, ada juga yang mengatakan bahwa penunggunya adalah Prabu Siliwangi.

Meski begitu, Curug Cikaso memiliki panorama alam yang hebat, yang mungkin bisa membuat kamu lupa tentang mitos yang beredar. Air terjun yang cantik mengalir dari tebing tinggi nan hijau, jatuh ke kolam jernih yang sejuk—dan kamu boleh berenang! Asyiknya!

Sebagian orang mengatakan, wajar jika curug ini ada penunggunya, mengingat ada alam cantik luar biasa yang harus ‘mereka’ jaga. Bagaimana pun, percaya atau tidak, menjaga sopan santun memang wajib diterapkan saat berlibur ke mana pun, ya, Sobat!

4. Pulau Kunti Yang Nggak Seseram Namanya

Salah satu pulau tersembunyi yang masuk kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi adalah Pulau Kunti yang terletak di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas. Disebut Pulau Kunti karena dulu, konon katanya, banyak yang melihat penampakan Kuntilanak di pulau ini. Namun, cerita mistis itu nyaris tidak berarti apa-apa setelah dunia mulai mengakui keindahan pulau satu ini.

Di sini terdapat pantai yang bersih dan keindahan bawah laut yang kaya sehingga bagus banget kalau mau snorkeling.

Traveling Yuk

Nggak cuma itu, di pulau ini terdapat pula Gua Kunti yang bisa jadi spot foto terbaik untuk memperindah feed Instagram kamu. Satu lagi, jangan pulang sebelum melihat matahari terbenam yang bisa bikin kamu lupa semua masalahmu!

Sebagai salah satu pulau yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi, kamu akan setuju bahwa Pulau Kunti ini nggak seseram namanya. Tenang, alih-alih takut, kamu malah bakalan terpesona oleh kecantikan pulau ini.

5. Landskap Menawan di Puncak Gebang

Salah satu spot yang paling hebat untuk menikmati keseluruhan landskap Geopark Ciletuh Sukabumi adalah Puncak Gebang. Di sini terdapat spot view berupa perahu kayu buatan masyarakat setempat yang bila kita berdiri di atasnya, tampak seperti sedang menaiki perahu yang melayang-layang di awan.

Di bawah sana adalah pantai dengan pasir bersih dan air yang jernih serta perbukitan hijau yang menawan. Bila menatapnya sambil menghirup oksigen sebanyak-banyaknya, kamu akan merasa seperti tersihir.

Demi hasil foto yang terlihat hebat, kamu mungkin harus rela mengantre untuk bisa berfoto di Puncak Gebang ini. Naumn, semua itu bakal terbayar, kok! Kalau berfoto sama pasangan nih, di ujung dek itu, hasilnya kayak Rose dan Jack sedang berpose di kapal Titanic! Gumuy banget, kan~

6. Curug Awang, Trademark-nya Geopark Ciletuh Sukabumi

Seperti kita ketahui, nggak cuma pantai dan puncak-puncak bukit, Geopark Ciletuh Sukabumi pun menawarkan suguhan panorama alam berupa beraneka macam curug. Di antara semua curug, ada Curug Awang yang disebut-sebut sebagai trademark-nya Geopark ini.

Curug Awang menyerupai gorden yang tersibak, karena dari tebing tinggi dan panjang, hanya bagian ujungnya yang terdapat air terjun. Keindahan menakjubkan yang dimiliki Curug Awang bahkan membuatnya digadang-gadang sebagai Niagara Falls mini. Kamu setuju? Keren banget ini!

@yuriparinduri -TripZilla

Kamu bisa memilih, mau bermain air di kolam yang jernih dan segar atau naik ke atas tebing untuk melihat langsung bagian atas tebing yang keren itu. Kapan lagi bisa melihat puncak air terjun sedekat itu, sih? Nggak heran kalau Curug Awang ini jadi andalannya Geopark Ciletuh Sukabumi.

7. Pasir Putih Mempesona di Pantai Pangumbahan

Kamu tahu Maldives a.k.a Maladewa? Tempat berliburnya para artis untuk berlibur bahkan berbulan madu. Kalau kamu ngiri, nih, dan pengin banget ke Maldives tapi nggak bisa, jangan khawatir, ada Pantai Pangumbahan yang mirip dengan Maldives!

Nggak berlebihan, mengingat betapa bersihnya pasir putih di sana dan birunya air laut. Dengan cahaya matahari yang pas, cobalah berfoto di sana. Hasilnya oke punya!

Selain menikmati panorama tersebut, kamu bisa snorkeling dan surfing di sini, juga melihat penyu hijau! Yap, Pantai Pangumbahan Geopark Ciletuh Sukabumi ini adalah habibat asli penyu hijau. Ingat ya, jangan ganggu mereka, cukup pandangi aja! Sebab sudah sepatutnya kita menjaga habibat mereka, berlibur tanpa merusak.

8. Curug Tiga Tingkat Nan Dramatis, Curug Cigangsa

Masih berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, Curug Cigangsa merupakan destinasi yang wajib (pake) banget untuk masuk ke dalam itinerary liburan kamu. Curug satu ini, indah nan dramatis karena bertingkat tiga dan setiap tingkatannya itu rapi banget!

@irwindwind – TripZilla

Tingkat tertinggi adalah tebing paling atas, lalu air turun ke tingkat kedua di mana kamu bisa bermain dan berpose di sana karena airnya tenang. Selagi kamu bermain di tingkat kedua ini, air akan tetap mengalir untuk jatuh ke tingkat paling bawah.

Spot terbaik untuk mengambil foto adalah di tingkatan kedua. Secara kebetulan, tingkat kedua ini memang terdapat kolam yang cukup luas sehingga memungkinan untuk kamu berada di sana. Eits, tetap hati-hati, ya. Jangan kebanyakan bercanda, di bawahmu masih tebing, lho!

9. Menikmati Suasana Pedesaan di Ciptagelar

Nggak cuma wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Geopark Ciletuh Sukabumi, melainkan ada sebuah desa adat di sana, Ciptagelar atau biasa dikenal sebagai Kasepuhan Ciptagelar. Kamu yang lelah sama hiruk pikuk kota dan ingin beristirahat sejenak setelah berkeliling geopark, mampir ke sini dulu, yuk!

Kasepuhan Ciptagelar terletak di kaki gunung Halimun. Penduduk di sana merupakan masyarakat pedalaman yang masih memegang teguh adat dan ajaran leluhur mereka, mulai dari bentuk rumah dan tradisi. Selain dapat menyaksikan nilai-nilai adat yang kuat, bila datang di waktu yang tepat, kamu bisa melihat sendiri upacara adat saat tradisi bertani.

Dalam tradisi bertani itu biasanya terdapat rangkaian acara seperti ngaseuk, mipit, nutun, nganyaran dan ponggokan serta diakhiri dengan puncak acara atau Serentaun.  Selain rangkaian acara, akan dipamerkan pula sejumlah kesenian seperti Jipeng, Topeng, Angklung Buhun, Wayang Golek, Ujungan, Debus dan Pantun Buhun yang amat menghibur.

10. Puncak Darma yang Menawan, Sejauh Mata Memandang

Seperti puncak-puncak lain di Geopark Ciletuh Sukabumi, Puncak Darma pun biasa dijadikan spot yang pas untuk menikmati pemandangan alam geopark secara keseluruhan. Versi Loper, Puncak Darma ini adalah puncak atau spot terbaik yang ada di sana.

Bagaimana tidak, dari puncak yang berada di ketinggian lebih dari 230mdpl ini, kamu bisa menatap langsung pantai di hadapannya secara penuh, lengkap dengan suguhan pemandangan langit tanpa terhalang apa pun.

@riougen _ TripZilla

Sejauh mata memandang, yang ada hanyalah persawahan, pantai, bukit-bukit dan langit yang semakin cantik bila senja datang. Berada di atasnya, kamu akan dibuat bersyukur bisa berkesempatan menyaksikan semesta ciptaan Tuhan seindah ini.

Apalagi yang kurang di Geopark Ciletuh Sukabumi ini, coba? Semua ada, semua luar biasa. Kamu bebas pilih! Satu lagi, biar hasil foto kamu menakjubkan, intip deh beberapa cara mengambil foto agar tampak profesional. Sayang kan, kalau alamnya seindah itu, tapi, skill fotomu masih biasa saja. Selamat liburan, kamu!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top