Travel

Pantai Nipah yang Memanjakan Lidah

Kini ketenaran Pulau Lombok tidak kalah dengan Pulau Bali. Pulau Lombok terkenal dengan berbagai jenis objek wisata alam, terutama pantainya. Ada banyak pantai indah di Lombok, salah satunya Pantai Nipah.

Pantai Nipah menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi para wisatawan ketika berlibur ke Lombok. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Dusun Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang.

Untuk menuju ke sana membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Mataram menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Waktu dan jarak tempuh yang singkat, serta pemandangan alam berupa pantai-pantai selama perjalanan menuju ke Pantai Nipah menjadi bonus tersendiri bagi wisatawan.

Begitu memasuki kawasan Pantai Nipah, Anda akan disambut dengan berugak atau bale-bale yang berjejer di sepanjang jalan disertai asap yang mengepul. Itulah yang menjadi penanda dan menjadi ciri khas dari pantai ini. Asap-asap itu merupakan hasil pembakaran ikan. Di Pantai Nipah terdapat banyak penjual ikan bakar yang mulai berjualan sejak pagi. Peminat kuliner ini tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara.

Biasanya Pantai Nipah lebih ramai di jam makan siang. Oleh karena itu, jika Anda ingin makan siang di sini, jangan datang dalam keadaan lapar. Selain karena ramai, menu yang disajikan pun masih segar. Jadi Anda harus bersabar menunggu, apalagi jika Anda berkunjung di hari libur.

Ikan langsung dibakar di atas arang tanpa menggunakan bumbu. Untuk menambahkan cita rasa, penjual menyediakan dua jenis sambal, yaitu sambal pelecing dan sambal kecap. Namun, menikmati ikan bakar terasa kurang lengkap tanpa ditemani dengan sayur bening kelor atau sayur pelecing kangkung, atau pun terong bakar. Untuk minuman, Anda dapat memesan kelapa muda yang langsung diambil dari pohon kelapa di sekitar pantai. Penjual juga menyediakan ikan asap yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Lalu bagaimana dengan harganya? Tenang saja, untuk porsi makan empat orang, Anda hanya perlu mengeluarkan gocek kurang lebih sekitar Rp 100.000. Murah, bukan?

Sembari menunggu pesanan, pengunjung dapat memanjakan mata melihat keindahan pantai dengan duduk di berugak. Bagi Anda yang senang berfoto ria, pemandangan Pantai Nipah dengan airnya yang biru jernih dan dikelilingi bukit-bukit dapat menjadi latar belakang yang cantik. Dari sudut itu Anda bisa melihat tiga gili (Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno) dari kejauhan. Kemudian bisa turun ke bawah ke dekat bibir pantai untuk berenang. Selain itu, masih ada satu momen yang sayang untuk dilewatkan, yaitu melihat matahari terbenam.

Itulah salah satu momen makan di alam terbuka dengan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi bagi Anda yang berasal dari kota-kota besar, momen tersebut sangat mahal harganya. Ya, Lombok adalah sebuah pulau yang selalu berhasil membuat penduduknya dan orang yang pernah singgah ingin kembali lagi. Maka jangan heran jika ada orang yang mengatakan, “Jangan ke Lombok, nanti nggak mau pulang!”

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top