Travel

Pantai Perawan – Pulau Pari, Sejarah & Mitos

Pantai Perawan - Pulau Pari, Sejarah & Mitos

Pantai perawan merupakan salah satu spot wisata di Pulau Pari dengan keindahan pasir putihnya yang tidak boleh terlewatkan jika anda berwisata ke pulau pari. Selain keindahan pasir putihnya, travel to Pari Island pantai perawan terdapat pohon mangrove yang cukup banyak.

Kenapa dinamakan pantai perawan? Sejumlah mitos maupun cerita masyarakat mengenai asal muasal nama pantai perawan telah beredar luas dimasyarakat.

Kenapa disebut pantai perawan? Salah satu cerita dari penduduk sekitar pulau Pari, menjelaskan bahwa dahulu kala, berpuluh-puluh tahun yang lalu bermainlah dua orang anak kecil di pantai Pulau Pari, pantainya rimbun dengan rumput ilalang dan semak, serta banyak ditemukan pohon pandan berduri dan pohon kelapa.

Waktu itu, mereka melihat seekor burung gagak hitam yang terbang mendekati mereka. Burung gagak itu hinggap tidak jauh dari mereka. Dua orang anak kecil ini masih acuh dan bermain di pesisir pantai sambil mencari kerang.

Tidak lama kemudian, burung gagak itupun terbang mendekati mereka dan mengangkat salah seorang anak kecil tersebut. Lalu burung gagak terbang membawa salah satu anak perempuan itu dan tak pernah kembali.

Kedua anak kecil perempuan itu tentulah masih masih perawan. Sehingga dinamakanlah pantai itu menjadi Pantai Perawan, yang merupakan pantai tempat anak perawan yang hilang.

Anak kecil yang seorang lagi melapor ke warga bahwa temannya dibawa burung gagak. Warga sudah mencoba mencari ke berbagai tempat tetapi anak perempuan itu tetap tidak dapat mereka temukan. Saksi mata (anak kecil) tersebut sampai sekarang masih hidup dan tinggal di Pulau Pari.

Tak dapat dipungkiri, bahwa Pantai Perawan sangatlah indah dengan pasir yang masih ‘perawan’ yang keperawanannya direnggut oleh Turis.

To Top