Travel

Pemandangan Indah Langit Malam di Pantai Parangtritis

Pemandangan Indah Langit Malam di Pantai Parangtritis

“Bintang kecil, di langit yang biru. Amat banyak, menghias angkasa. Aku ingin terbang dan menari. Jauh tinggi, ke tempat kau berada.” Begitulah salah satu lagu anak-anak yang sudah tidak asing di telinga kita.

Bintang menjadi salah satu objek langit yang indah untuk dipandang. Melihat pemandangan langit seperti bintang sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, melihat bintang merupakan suatu momen yang sangat langka. Ditambah lagi dengan kegiatan kita entah itu bekerja ataupun belajar dari pagi hari hingga menjelang malam hari, melihat bintang dapat menjadi salah satu cara untuk melepas penat.

Salah satu tempat yang cocok untuk melihat bintang adalah pantai. Nah, bagi kamu yang berada di Yogyakarta, Pantai Parangtritis bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Hal tersebut dikarenakan tempatnya yang luas dan gelap membuat bintang-bintang terlihat lebih jelas, apalagi jika langit sedang cerah. Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Akses menuju ke Parangtritis pun mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Jaraknya dari Kota Jogja pun tidak begitu jauh, sekitar 27 km selatan Kota Jogja.

Sembari melihat pemandangan langit dan sedikit menghangatkan badanmu dari dinginnya angin laut, kamu bisa sambil makan jagung bakar yang dijual di pinggir pantai. Melihat bintang di Pantai Parangtritis terasa lebih syahdu dengan suara deburan ombak yang memecah keheningan malam. Melihat bintang pun akan terasa lebih menyenangkan bersama orang-orang terdekatmu.

Kamu bisa membawa makanan ringan, gitar, atau kartu uno untuk menciptakan suasana yang akrab. Atau kamu juga bisa tidur di atas hamparan pasir pantai sembari memandangi bintang, kemudian saling berbagi cerita satu sama lain. Ini akan menambah kedekatanmu dengan orang-orang yang kamu sayangi. Selain menambah kedekatan, melihat bintang juga dapat dijadikan sarana belajar mengenai astronomi. Kamu bisa mengunduh aplikasi Google Sky. Arahkan kamera HPmu menghadap ke langit dan kamu bisa melihat rasi-rasi bintang. Menyenangkan, bukan?

Jika kamu ingin menikmati keindahan bintang semalaman suntuk, kamu dapat mendirikan tenda, tetapi jangan lupa untuk meminta izin ke pos SAR yang berada di pantai. Selain itu, kamu juga dapat menginap di salah satu hotel atau losmen yang banyak terdapat di sekitar pantai. Untuk masalah keamanan kamu tidak perlu khawatir. Selain ada tim SAR, warga di sekitar Pantai Parangtritis melakukan ronda secara bergantian setiap malam. Penjual-penjual makanan pun ada beberapa yang masih buka. Intinya fasilitas di Pantai Parangtritis bisa dikatakan sangat mumpuni.

Melepas penat tidak selalu membutuhkan biaya yang banyak. Melihat bintang memang terkesan sangat sederhana dan bisa dilakukan dimana saja. Namun akan menjadi sesuatu yang spesial bergantung pada momen yang kamu ciptakan. Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan kendaraanmu dan ajak orang-orang yang kamu sayangi ke Pantai Parangtritis. Nikmati kebersamaan dan ketenangan malam bersama bintang-bintang di langit Pantai Parangtritis. Semoga hari esok dapat kamu hadapi dengan senyuman dan semangat baru!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top