Travel

Pendaki Pemula Wajib Baca Ini

Pendaki Pemula Wajib Baca Ini

Akhir-akhir ini euforia masyarakat, khususnya remaja, untuk mendaki gunung semakin tinggi. Ada berbagai macam alasan mereka mendaki gunung, seperti ingin menjadi seorang traveller, ikut-ikutan, hingga pamer di media sosial. Semua alasan itu sah-sah saja selama tidak membahayakan diri sendiri dan merugikan orang lain.

Namun sayangnya, banyak orang yang nekat mendaki gunung tanpa persiapan sama sekali. Akibatnya tak sedikit yang mengalami hal yang tak diinginkan. Untuk itu, dikutip dari berbagai sumber, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti bagi kamu seorang pendaki pemula:

Persiapan

  • Luruskan niatmu mendaki. Jangan sampai karena niat yang salah kamu jadi celaka. Ada beberapa kisah orang-orang yang mendaki dengan niat yang salah dan berujung pada tersesat, bahkan hingga meninggal.
  • Rencanakan pendakianmu seperti gunung apa yang akan didaki, berapa biaya yang dibutuhkan, siapa yang menemanimu mendaki (usahakan ada orang yang sudah berpengalaman mendaki sebelumnya), kapan pendakian akan dilakukan, dan bagaimana medan pendakiannya (pelajari medannya dan hormati mitos serta kepercayaan yang berkembang di masyarakat setempat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan).
  • Pelajari hal-hal yang berkaitan dengan pendakian seperti cara menentukan arah mata angin, cara memberi tanda agar tidak tersesat, dan sebagainya.
  • Setelah merencanakan pendakian, siapkan fisik terlebih dahulu. Mendaki membutuhkan stamina dan fisik yang kuat agar kita bisa mencapai puncak. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan berolahraga, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan latihan dengan mendaki bukit.
  • Cari peralatan-peralatan mendaki, bisa dengan meminjam kepada teman, menyewa, ataupun membeli. Kemudian persiapkan barang-barang apa yang akan dibawa mendaki. Jangan membawa barang yang tidak perlu dan memberatkan. Susun barang-barang bawaan dengan baik yaitu dengan menata barang yang paling ringan di posisi bawah.
  • Ingat prinsip pecinta alam: Take nothing but picture, Leave nothing but footprint, Kill nothing but time.”

Pendakian

  • Minta izin kepada orang tua atau orang-orang di sekitarmu agar jika terjadi sesuatu mereka bisa segera mengabarkan pihak yang berwenang serta berdoa agar dilindungi dan diberikan keselamatan selama pendakian.
  • Jaga perilaku dan ucapan, serta senantiasa berpikiran positif selama mendaki. Selain itu, senantiasa bersyukur atas nikmat Tuhan.
  • Gunakan sepatu khusus mendaki seperti sandal gunung. Gunakan pakaian yang nyaman, ringan, dan cepat kering, intinya yang memudahkanmu selama mendaki.
  • Karena terlalu bersemangat, jangan terburu-buru saat mendaki. Atur nafas dan langkah agar tidak mudah lelah.
  • Jangan beristirahat jika tidak terlalu lelah. Terlalu sering istirahat akan memakan waktu yang lama dan justru membuatmu semakin lelah. Namun, jika benar-benar lelah jangan sungkan bilang kepada teman-teman sekelompok.
  • Untuk kamu yang gampang haus, siasati dengan makan permen atau gula merah. Untuk gula merah, dimakan saat keadaan benar-benar haus.
  • Jangan buang air kecil sembarangan terutama di dekat sumber air bersih. Untuk buang air besar lakukan prinsip seperti kucing.
  • Jangan meninggalkan teman sekelompok dengan jarak yang terlalu jauh, apalagi di malam hari.
  • Jangan meninggalkan sampah, coret-coretan, dan jangan mengambil hal-hal yang tidak boleh diambil, seperti bunga edelweis.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda praktikkan sebagai pendaki pemula. Ingat, tujuan utama mendaki gunung adalah bukan puncak gunungnya, tapi Anda bisa kembali ke rumah dengan keadaan selamat. Semoga pendakian Anda menyenangkan!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top