Travel

Persyaratan Visa Pensiun Di Malaysia

Persyaratan Visa Pensiun Di Malaysia

Tersebar di Semenanjung Malaysia dan pulau Kalimantan, Malaysia adalah negara tropis yang hangat, beragam budaya, dan menarik yang merupakan rumah bagi banyak pantai paling menakjubkan di dunia, beberapa makanan paling lezat di kawasan ini, dan budaya yang memadukan yang terbaik India, Malaysia, dan Cina bersama sebagai satu. Dengan iklim hangat sepanjang tahun dan pemandangan yang fantastis, Malaysia telah menarik banyak pensiunan dari negara-negara beriklim selama beberapa tahun.

Biaya hidup yang rendah, dikombinasikan dengan kenyamanan negara modern dan pilihan kota besar dan kehidupan pedesaan telah menjadikan Malaysia salah satu tujuan pensiun utama di Asia Tenggara. Untungnya, Malaysia adalah negara yang relatif mudah untuk pensiun, karena secara budaya dapat diakses oleh penutur bahasa Inggris dan secara hukum terbuka untuk dunia Barat.

Dengan program visa yang dirancang untuk memudahkan transisi ke kehidupan Malaysia bagi para pensiunan dan budaya yang, dalam banyak kasus, menyambut orang asing, Malaysia adalah tempat yang tepat untuk pensiun.

Apakah Malaysia Menawarkan Program Visa Untuk Pensiunan?

Malaysia adalah salah satu dari tiga negara di Asia Tenggara yang menawarkan visa pensiun khusus untuk ekspatriat yang bertujuan untuk menghabiskan kehidupan mereka nanti di dalam perbatasannya.

hal ini menempatkannya di liga yang sama dengan Thailand dan Filipina dalam hal aksesibilitas. Dicap sebagai Malaysia: Program Rumah Kedua Saya, sistem visa pensiun telah ditetapkan selama beberapa tahun dan telah membuka Malaysia sebagai negara pensiun asing.

Berdasarkan umpan balik dari pensiunan yang telah mengajukan dan mendapatkan visa melalui program rumah kedua, mudah untuk menyelesaikan dan relatif terbuka, memberikan pelamar yang luas kemungkinan tinggal di Malaysia dalam jangka panjang. Persyaratan visa didokumentasikan secara lebih rinci di bagian berikut.

Persyaratan Keuangan Untuk Mendapatkan Visa Pensiun Malaysia

Pelamar untuk visa pensiun di Malaysia harus memenuhi beberapa pedoman keuangan. Pedoman dan persyaratan ini berbeda berdasarkan jenis aplikasi – pelamar tunggal hanya harus memenuhi persyaratan untuk diri mereka sendiri, sementara pelamar yang ingin tinggal di Malaysia bersama pasangannya harus memenuhi persyaratan keuangan gabungan.

Persyaratan pertama adalah saldo akun lancar setidaknya $ 33.000 dolar AS di rekening bank yang berbasis di Malaysia. Persyaratan ini hanya untuk pensiunan tunggal. Jenis akun yang valid termasuk saldo rekening bank pribadi di Malaysia, atau peluang investasi jangka panjang di Malaysia, seperti deposito berjangka atau rekening pasar. Pasangan menikah yang ingin pensiun ke Malaysia harus memiliki saldo gabungan minimal $ 50.000 dalam satu rekening bank Malaysia untuk memenuhi syarat mendapatkan visa pensiun. Saldo ini, seperti halnya saldo pemohon satu orang, dapat dalam rekening bank atau deposito berjangka di bank yang berbasis di Malaysia.

Dalam kasus tertentu, persyaratan keuangan ini dapat dikesampingkan untuk pelamar. Pengecualian yang paling umum adalah untuk pensiunan yang hidup dari upah tetap pensiun yang dibayarkan ke rekening mereka secara mingguan atau bulanan. Dalam hal ini, persyaratan untuk visa didasarkan pada pendapatan bulanan rata-rata, bukan total tabungan tunai. Dalam hal ini, pelamar tunggal untuk visa pensiun harus memiliki penghasilan bulanan minimal $ 2.300 dolar AS per bulan.

Penghasilan ini harus disetor ke bank yang berbasis di Malaysia dan harus dari sumber yang berbasis di luar Malaysia – transfer bank atau setoran dari dalam Malaysia umumnya tidak diterima. Pelamar yang sudah menikah yang mencari visa pensiun bersama juga dapat melewati persyaratan setoran bank jika mereka dapat membuktikan penghasilan bulanan mereka. Dalam hal ini, pendapatan bulanan sekitar $ 3.300 dolar AS per bulan diperlukan. Sekali lagi, itu harus bersumber dari luar Malaysia dan disetorkan ke akun domestik.

Persyaratan Administrasi Untuk Mendapatkan Visa Pensiun Malaysia

Malaysia memberlakukan pedoman usia lima puluh tahun, namun, pelamar berusia di bawah lima puluh juga dapat mengajukan permohonan visa pensiun. Persyaratan deposit sama untuk kedua kelompok umur, seperti persyaratan lainnya. Namun, pelamar dengan usia di bawah lima puluh tahun juga harus memberikan referensi dari sponsor yang tinggal di Malaysia sebagai warga negara atau penduduk tetap untuk memenuhi syarat mendapatkan visa.

Persyaratan administrasi lainnya untuk visa termasuk dua foto ukuran paspor, sertifikat yang membuktikan saldo rekening bank atau setoran tetap, dan formulir pernyataan dari sponsor Malaysia, jika diperlukan karena usia. Pasangan suami istri yang mengajukan permohonan izin tinggal juga harus memberikan salinan akta nikah yang bersertifikasi. Pada Desember 2011, otoritas Malaysia juga mewajibkan pelamar untuk memberikan dokumen yang mengonfirmasi dan merinci sejarah hukum masa lalu mereka, termasuk hukuman pidana apa pun. Ini harus diaktakan dan dikonfirmasi sebagai asli oleh pengacara, baik di negara asal Anda di Malaysia.

Anak-anak tanggungan di bawah 21 tahun dapat mengunjungi orang tua mereka di Malaysia sebagai bagian dari visa tinggal jangka panjang, atau dengan menggunakan sistem visa turis standar. Jika Anda berencana untuk pensiun ke Malaysia bersama anak-anak, ada baiknya mencari nasihat dari pengacara di Malaysia, karena menambahkan mereka ke visa pensiun pasangan bisa menjadi rumit.

Di mana saya dapat mengajukan permohonan untuk Visa Pensiun Malaysia?

Visa pensiun dapat diterapkan di kedutaan atau konsulat Malaysia, seperti yang ada di negara tetangga seperti Thailand dan Singapura. Daftar kedutaan untuk Malaysia dapat ditemukan di situs web Informasi Kedutaan, dan informasi lokal tersedia dari Pemerintah Malaysia.

Dengan pantai-pantainya yang fantastis, makanan lezat, budaya sambutan, dan perpaduan kehidupan kota modern dan relaksasi pedesaan, Malaysia adalah rumah baru yang hebat bagi para pensiunan yang mencari perubahan besar dari negara asal mereka. Berkat sistem visa pensiunnya yang baru dan proses aplikasinya yang ramping, pindah ke Malaysia sebagai pensiunan atau ekspatriat sekarang menjadi lebih mudah daripada sebelumnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top