Travel

Petualang Sejati? Coba Baca Ini 

Petualang Sejati? Coba Baca Ini

Kegiatan berjalan-jalan, berpetualang, atau ekplorasi alam kini semakin digemari masyarakat. Lalu apakah manfaat dari kegiatan tersebut selain kepuasan bagi diri sendiri? Pernahkan terlintas dipikiranmu, adakah manfaat langsung bagi masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata jika kita berkunjung ke sana?

Seringkali para wisatawan tak acuh terhadap lingkungan apalagi masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata. Jika kamu mengaku sebagai seorang petualang sejati, sudah seharusnya kamu peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitar. Apa saja yang bisa kamu lakukan sebagai wujud nyata kepedulianmu? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Lingkungan 
  • Tidak membuang sampah sembarangan. Ini menjadi masalah utama yang paling sulit dihilangkan oleh para wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Kita seringkali mengeluh dan menyalahkan pihak pengelola bila melihat tempat wisata yang kotor. Daripada hanya mengeluh dan marah tanpa melakukan apapun, lebih baik kamu lakukan aksi nyata dengan memungut dan mengumpulkan sampah di tempat wisata, minimal di sekitar tempatmu duduk. Agar pekerjaanmu lebih ringan, kamu juga bisa mengajak pengunjung lain untuk ikut membantu. Selain itu, kamu juga bisa membuat program bersama teman-temanmu untuk membersihkan tempat wisata serta membuat poster dan melakukan aksi kampanye. Apakah kita tidak malu dengan para wisatawan asing yang malah lebih peduli seperti yang terjadi di Gunung Rinjani? So, ayo bergerak!
  • Tidak merusak lingkungan dan fasilitas umum seperti mencabut tanaman, membunuh hewan, dan mencorat-coret tembok. Tuhan telah menciptakan alam dengan begitu indahnya. Pemerintah juga telah merancang pembangunan tempat wisata yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apakah kita tega merusaknya padahal kita pun masuk ke tempat wisata terkadang tidak perlu membayar?
Masyarakat Sekitar
  • Pernah mendengar program 1000 guru? 1000 guru memiliki dua kegiatan, salah satunya Traveling and Teaching. Ini adalah sebuah program dimana kamu bisa jalan-jalan ke tempat-tempat menarik di pelosok Indonesia sekaligus mengajar anak-anak di sana. Selain mengajar, kamu juga bisa mendapat pembelajaran dan pengalaman baru mengenai adat istiadat dan budaya di daerah tersebut. Kamu juga akan diajak mengikuti berbagai kegiatan sosial. Asyik, bukan? Namun kegiatan ini tidaklah gratis alias bayar tergantung pada daerah dan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Tidak mahal kok, biasanya berkisar pada ratusan ribu rupiah, sesuailah dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Namun jika kamu ingin membuat kegiatan yang serupa secara mandiri bersama teman-temanmu juga tidak masalah. Selamat mencoba!
  • Jika tadi kita berperan sebagai seorang pengajar, kali ini kita bisa mencoba menjadi seorang penggerak. Kita bisa memberikan berbagai sosialisasi dan penyuluhan, mengajak masyarakat berwirausaha dan mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah), dan sebagainya. Namun untuk kegiatan ini lebih disarankan bagi kamu yang berdomisili di daerah tersebut sehingga lebih mudah dalam pelaksanaannya.
Apakah kamu, yang mengaku sebagai petualang sejati, sudah tergerak untuk melakukan salah satunya? Yuk, tingkatkan kepedulian terhadap sekitar. Berbuat baik bisa dilakukan dimana pun dan kapan saja. Berbuat baik tidak akan merugikanmu, malah akan semakin menambah kebaikan bagi dirimu.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top