Travel

Presiden Soroti Munculnya Revenge Tourism

Presiden Soroti Munculnya Revenge Tourism

Penerapan PPKM Level 3 memperlihatkan penurunan kasus COVID-19. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap waspada. Dari hasil rapat terbatas bersama Presiden RI Joko Widodo angka positif COVID-19 dilaporkan menurun. Namun justru muncul fenomena revenge tourism atau pariwisata balas dendam. Sebut saja di Puncak Bogor dan Pantai Pangandaran.

Menparekraf Sandiaga Uno kembali mengingatkan supaya para pengelola tetap menerapkan prokes secara ketat. Selain itu, ia juga meminta supaya masyarakat tak kendor protokol kesehatan.

“Penanganan PPKM level yang telah dilakukan memperlihatkan hasil yang baik. Kami ingin menyampaikan ke masyarakat kalau kondisi saat ini sudah membaik terkendali. Anda kasus COVID-19 terus menurun,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing, Senin (6/9/2021).

“Tapi, jangan euforia. Presiden menyoroti padatnya Pantai Pangandaran dan macet di Puncak. Jangan sampai euforia, sebab euforia ini akan berdampak ke peningkatan penularan COVID-19,” tambahnya.

Lihat Juga: Tips Liburan Aman Bersama Anak Yang Belum Vaksinasi

Sementara itu, saat ini Indonesia telah memasuki masa transisi dengan angka rata-rata positif 5%. Sementara kasus aktif yang sempat menyentuh hampir 500 ribu kini berada di kisaran 100 ribu.

“Kita hari ini mulai transisi, menuju kehidupan yang bisa dibilang ‘normal baru’,” ucap Sandiaga.

“Oleh sebab itu, transisi ini harus bersamaan dengan protokol kesehatan ketat dan disiplin. Peningkatan vaksinasi secara masif utamanya di sejumlah daerah yang masih di bawah 20%,” tuturnya.

Untuk daerah khusus, pemerintah bakal mengintervensi meningkatkan vaksinasi COVID-19 dan menurunkan status level PPKM. Sedangkan daerah dengan status PPKM Level 2 dapat mulai membuka tempat wisatanya secara bertahap.

“Bagi daerah yang telah mencapai level 2, ini tentu tak bisa sekaligus dibuka tempat wisata tetapi dengan proses secara bertahap. Sebab kita tak mau terjadi lonjakan kasus secara drastis usai dibuka tempatnya,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai varian-varian virus Corona.

“Kita harus antisipasi beberapa varian, ada varian MU jangan sampai terjadi lagi seperti Delta,” pungkasnya.

Terkait revenge tourism ini Kementerian Kesehatan RI juga mengingatkan untuk mewaspadai peningkatan penularan COVID-19.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top