Travel

Punthuk Setumbu, Sudut Strategis untuk Nikmati Eksotisme Borobudur

Punthuk Setumbu, Sudut Strategis untuk Nikmati Eksotisme Borobudur

Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang terletak di sekitar Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang. Akses ke bukit ini tidaklah sulit karena jalanan sudah beraspal, tetapi Anda harus melewati perkampungan warga. Ada papan penunjuk jalan menuju Punthuk Setumbu. Waktu tempuh jika melalui Yogyakarta sekitar 1 hingga 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 15.000.

Biasanya, waktu yang paling digemari wisatawan untuk berkunjung ke Punthuk Setumbu adalah saat sunrise atau matahari terbit. Melihat matahari terbit dari Punthuk Setumbu menjadi suatu pengalaman yang eksotis. Mengapa? Karena Anda dapat melihat matahari terbit dari balik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, sekaligus melihat Candi Borobudur yang tertutup kabut. Namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit yang bulat sempurna tanpa tertutup kabut. Anda bisa dating ke Punthuk Situmbu pada saat musim kemarau.

Sebaiknya Anda sudah tiba di lokasi sebelum subuh agar bisa mendapatkan spot yang bagus untuk melihat matahari. Jika tidak, waktu menjelang matahari terbit Punthuk Setumbu akan ramai oleh pengunjung lain. Selain itu, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju puncaknya. Jangan lupa siapkan kamera Anda, apalagi jika Anda memiliki kamera dengan lensa tele. Foto yang dihasilkan akan lebih indah.

Jalan untuk menuju puncak bukit tidaklah sulit, terdapat anak tangga yang dibangun sebagai akses jalan Anda pun tidak perlu khawatir jika Anda lapar dan haus. Di jalur Punthuk Setumbu juga terdapat gubuk yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, fasilitas umum seperti kursi-kursi telah disediakan untuk beristirahat sembari menunggu matahari terbit.

Setelah menyaksikan matahari terbit, Anda dapat melanjutkannya dengan berkunjung ke Candi Borobudur. Waktu mengunjungi Candi Borobudur memang lebih cocok di pagi hari sebelum jam 10.00 pagi. Pada waktu tersebut, Candi Borobudur masih sepi pengunjung dan terik matahari belum menyengat sehingga Anda bisa menikmati keindahan Candi Borobudur dengan tenang.
Punthuk Setumbu, Sudut Strategis untuk Nikmati Eksotisme Borobudur
Bila sebelumnya mata Anda sudah dimanjakan oleh matahari terbit, di Candi Borobudur mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan dan kemegahan arsitektur bangunannya. Anda dapat melihat relief-relief pada dinding candi. Untuk mendapatkan penjelasan terhadap relief-relief tersebut, Anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata. Selain itu, Anda dapat melakukan piknik dengan keluarga di area taman Candi Borobudur.

Kompleks borobudur juga memberikan anda spot untuk menikmati sunset atau terbenamnya matahari. Tempat yang paling bagus untuk melihatnya adalah dari Hotel Manohara. Anda akan melihat pemandangan matahari terbenam dengan semburat jingga yang merah sempurna, cantik sekali.

Dengan mendatangi satu tempat selama seharian, Anda sudah bisa merasakan eksotisme wisata mulai dari matahari terbit hingga terbenam.  Momen sunset  dan sunrise  ini akan sayang jika dilewatkan. Selain itu, Anda pun dapat melihat kemegahan kreasi dari tangan manusia. Pasti Anda selalu bertanya-tanya bagaimana cara manusia-manusia terdahulu membangun Candi Borobudur dengan begitu kokohnya. Padahal dulu tidak ada teknologi alat berat, tidak ada bahan-bahan perekat seperti semen.

Daripada Anda hanya membaca tulisan ini dan menerka-nerka keindahan Puthuk Setumbu dan Candi Borobudur, segera persiapkan biaya dan transportasi serta ajak orang-orang terdekat Anda!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top