Travel

Review Pantai Klayar Pacitan – Jawa Timur

Tak hanya dikenal dengan julukan Kota 1001 Goa, Pacitan memiliki kekayaan alam lainnya yang tak kalah memukau. Salah satu diantaranya adalah Pantai Klayar Pacitan yang sedang naik daun namanya karena foto-foto keindahannya sering diunggah di media sosial. Terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur,  pantai ini berjarak sekitar 40 km kearah barat dari pusat kota Pacitan atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Berada di pantai selatan Jawa Timur, pantai ini terletak di cekungan teluk sehingga disekeliling pantainya yang berpasir putih terdapat bukit-bukit yang bisa didaki oleh wisatawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas. Di pantai ini kamu akan disambut deburan ombak deras menghempas batu karang yang menjulang seperti bentuk layar. Karang-karang yang unik ini terbentuk akibat abrasi ombak besar yang menghempas karang secara terus menerus sehingga karang ikut tergerus dan menciptakan keeksotisannya tersendiri.

Tak hanya keindahan karangnya yang megah, pantai ini juga memilki keunikan yang tidak ada duanya yaitu celah di batu karang yang dapat menyemburkan air hingga 10 meter. Saat ombak datang menghempas dengan keras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah-olah seperti sebuah air mancur raksasa. Kemunculan air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga disebut sebagai Seruling Samudra. Keindahan serta keunikan itulah yang menarik wisatawan untuk melihatnya langsung dan menjadikannya destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Pacitan.

Menikmati Keindahan Pantai Klayar dari Atas Bukit

Video Review Pantai Klayar

Sesampainya di tempat wisata ini kamu bisa menyusuri pasir pantainya sambil menikmati deburan ombak. Karang-karang yang ada juga bisa kamu telusuri namun harus didampingi pemandu karena ombaknya berbahaya. Untuk menikmati keindahan dari sisi lain, kamu bisa naik ke bukit pandang di sebelah timur pantai dengan membayar Rp. 2.000. Disini kamu akan melihat indahnya karang-karang yang menjulang dilatarbelakangi luasnya samudra. Selain menikmati keindahannya dari atas bukit, kamu juga bisa menyusuri garis pantainya yang panjang dengan menyewa ATV yang bertarif Rp. 75.000 per jam.

Menyaksikan Seruling Samudra

Dari atas bukit pandang, kamu juga bisa menyaksikan fenomena alam yang disebut Seruling Samudra. Saat ombak besar datang bergulung-gulung, siapkan kameramu karena disaat itulah celah batuan Seruling Samudra akan menyemburkan air. Jika kamu beruntung kamu juga bisa mendengar bunyi-bunyian seperti seruling bersamaan dengan semburan air. Datanglah pada siang menjelang sore hari karena deburan ombaknya akan lebih deras dibanding pagi hari sehingga semburan airnya akan makin tinggi.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Ada yang kurang rasanya jika mengunjungi pantai tanpa melihat sunset atau sunrisenya. Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang memiliki spot terbaik untuk melihat sunset maupun sunrise. Jika ingin menikmati sunset kamu bisa naik keatas bukit di sebelah barat pantai, sedangkan untuk melihat sunrise kamu bisa naik keatas bukit disebelah timur. Sinar matahari yang keemasan akan menambah keindahan pemandangan Pantai Klayar dari atas.

Review Pantai Klayar Pacitan - Jawa Timur
Pantai Klayar

Tips Berwisata

Tempat wisata ini terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai ini. Oleh karena itu berhati-hatilah jika bermain air disekitar bibir pantai. Gunakanlah alas kaki bersol tebal karena jalanan menuju bukit dan dipinggiran karang terdapat bebatuan yang lumayan tajam.

Waktu terbaik ke pantai ini adalah ketika sore hari dan pagi hari. Jika kamu ingin menikmati sunset bersiaplah sekitar pukul 16.00 s/d 17.30 WIB dan untuk menikmati sunrise sekitar pukul 05.00 s/d 06.30 WIB. Selain itu disarankan ke pantai ini pada saat musim kemarau, karena jika musim hujan jalanan menuju pantai yang naik turun dan berliku akan menjadi lebih sulit. Jika kamu membawa kendaraan pribadi siapkan juga kondisi kendaraanmu agar siap menempuh medan yang berat.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Tempat wisata ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk sebesar Rp 7.000,- untuk dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak-anak, sedangkan untuk akhir pekan Sabtu-Minggu sebesar Rp. 10.000 untuk dewasa dan tetap Rp. 5.000 untuk anak-anak. Seiring dengan makin banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi Pantai Klayar, fasilitas wisata disini sudah lengkap dan dikelola dengan baik, seperti toilet umum, mushola, lahan parkir, gardu pandang, pusat informasi dan menara pengawasan.

Jika kamu ingin menginap sudah banyak homestay di sekitar pantai yang dikelola penduduk dengan tarif mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000 per malam tergantung fasilitasnya. Di pantai ini kamu juga bisa merasakan sensasi camping di atas bukit yang menghadap lautan, dengan syarat harus melapor dulu kepada pengelola wisata pantai klayar. Untuk urusan makanan kamu tidak perlu khawatir karena di sepanjang pantai Klayar ini terdapat banyak warung makanan yang menjual berbagai macam menu makanan dan kebutuhan lainnya.

Cara Menuju Pantai Klayar

Untuk menuju tempat wisata ini dari Jakarta atau kota besar lainnya, terlebih dahulu kamu harus menuju kota Pacitan dengan menggunakan bus AKAP jurusan Pacitan. Dari Jakarta terdapat PO. Aneka Jaya dan PO. Agra Mas yang memilki trayek langsung ke Pacitan dengan tarif Rp. 180.000,-  s/d Rp. 250.000,-. Alternatif lainnya kamu bisa naik kereta api atau pesawat terbang menuju kota Solo terlebih dahulu, lalu dari terminal bus Kota Solo dilanjutkan naik bus Aneka Jaya menuju Pacitan yang bertarif Rp. 25.000 dengan waktu tempuh sekitar 3 s/d 4 jam perjalanan. Selain dari kota Solo kamu juga bisa melalui kota Yogyakarta dimana terdapat travel menuju Pacitan yang bertarif Rp. 70.000,- s/d Rp. 90.000,- dengan waktu tempuh sekitar 4 s/d 5 jam perjalanan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top