Travel

Saung Angklung Udjo, Salah Satu Destinasi Di Bandung Yang Terancam Tutup

Saung Angklung Udjo, Salah Satu Destinasi Di Bandung Yang Terancam Tutup

Saung Angklung Udjo terancam yang merupakan salah satu objek wisata di Kota Bandung, Jawa Barat tercancam tutup akibat dari dampak pandemi COVID-19. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Taufik Hidayat yang merupkan Dirut Saung Angklung Udjo.

“Benar,” kata Taufik, seperti yang dilansir dari detikTravel, Kamis (21/2/2021).

Taufik mengatakan, pandemi virus Corona sangat berdampak pada objek wisata yang telah berdiri sejak 1996 ini. Belakangan ini sangat jarang pengunjung datang ke tempat yang dikelolanya.

Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengenal sekaligus belajar kebudayaan Sunda lebih dalam. Namun, semenjak ada aturan pembatasan dan larangan berkumpul, kegiatan di tempat tersebut pun menjadi sangat terbatas.

“Ya seperti pada umumnya, karena COVID-19. Maksudnya pengunjung lebih susah, karena ada regulasi dari pemerintah dan banyak faktor, jadi saya maklum,” tutur Taufik.

“Pemerintah tidak memperbolehkan banyak berkumpul, sedangkan aktivitas kami basic-nya berkumpul. Virtual ada tetapi hasilnya tidak cukup signifikan,” tambahnya.

Ia mengatakan, sejak pandemi mulai melanda, pihak pengelola sangat kesulitan untuk menjalankan bisnis.

“Sekarang ini lebih sulit,” katanya.

Lihat Juga: Tips Liburan Akhir Tahun Dengan Aman Di Masa Pandemi Covid-19

Sebelumnya, para seniman di Saung Angklung Udjo menjajal panggung digital dengan tampil di Perayaan 100 Tahun Gedung Sate.

“Alhamdulillah, metode digital yang dilakukan membuahkan hasil,” Kata Manager marketing SAU, Maulana.

Ia menyampaikan, walaupun masih belum sempurna, SAU sedang berusaha untuk tetap hadir di tengah masyarakat lewat platform virtual. Walaupun begitu, ada pencipta lagu berasal dari Jepang yang tertarik untuk membuat lagu bertemakan COVID-19 berjudul ‘Mata Itsuka’. Lagu tersebut akan berpatokan pada music dari SAU.

Proses penciptaannya pun cukup unik, karena sejumlah ibu-ibu yang berasal dari Jepang dan pernah tinggal di Indonesia tersebut berlatih memainkan angklung dari tempat tinggalnya masing-masing. Saung Angklung Udjo melatihnya secara virtual.

Setelah selesai latihan, masing-masing ibu-ibu tersebut memainkan angklung yang direkam secara mandiri. Kemudian pencipta lagu dan komposer menyuntingnya untuk kompilasi video tersebut.

“Semoga dapat kembali normal, karena bagi pekerja bidang pariwisata, kesenian saat ini memang sulit. Tapi adanya pandemi juga memberi hikmah untuk berinovasi dan berkreasi, terutama di virtual dan digital,” terangnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top