Travel

Situ Gunung, Ikon Wisata Sukabumi Dengan Pemandangan Mengesankan

Situ Gunung, Ikon Wisata Sukabumi Dengan Pemandangan Mengesankan

Sari ujung timur hingga barat Indonesia memang memiliki beragam pemandangan alam yang memukau. Mulai dari gunung, laut, bukit maupun danau. Nah, kali ini ada salah satu wisata di Sukabumi yang memiliki panorama maupun pesona tiada duanya. Situ Gunung namanya, kawasan ini memang sudah menjadi primadona bagi traveler dari seluruh Jawa Barat.

Bahkan namanya sudah mulai dikenal hingga ke daerah lainnya. Lalu apa saja sih yang menarik dari tempat wisata alam di Sukabumi satu ini? Langsung simak ulasannya yuk!

Seputar Situ Gunung

Destinasi ini terletak di ketinggian 850 mdpl dan dikelilingi oleh pepohonan tinggi yang membuatnya makin mempesona. Selain perbukitan hijau, destinasi satu ini juga memiliki danau yang tak kalah cantiknya. Perpaduan alam sempurna dengan air danau yang jernih, udara bersih, serta suhu dingin khas pegunungan.

Untuk menikmati panorama danau lebih dekat, pengunjung bisa berkeliling dengan perahu atau sampan yang banyak disewakan. Jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Sawer yang berada tidak jauh dari danau.

Terkenal dengan nuansa mistisnya, siapapun pasti dijamin merasakan suasana berbeda saat menginjakkan kaki di air terjun satu ini. Bukan rasa takut, melainkan perasaan takjub dengan pemandangan air terjun yang luar biasa.

Melintasi Hutan Dengan Jembatan Gantung

Di antara semua pesona yang dimiliki oleh Situ Gunung, salah satu yang paling unik adalah jembatan gantung. Jembatan ini melintang panjang di atas hutan yang menyajikan pemandangan tak biasa. Siapapun pasti akan dibuat terpesona saat melintas di atas jembatan ini. Selain itu, adrenalin juga akan terpompa saat melihat di bawah jembatan gantung yang berupa jurang.

Lihat Juga: Curug Cikaso, Destinasi Indah Di Sukabumi Yang Bikin Malas Pulang

Dengan panjang 250 meter, tinggi 150 meter dan lebar 2 meter membuat jembatan satu ini tampak aduhai di mata para petualang. Belum lagi saat kabut basah mulai menyelimuti kawasan perbukitan yang tak jarang juga menutupi jembatan, pesonanya makin tak terelakkan.

Jembatan ini terbuat dari kayu, dan memiliki tingkat keamanan cukup tinggi, sehingga aman untuk dilintasi. Namun jika memiliki ketakutan akan ketinggian, lebih baik untuk tidak melintas di ikon wisata baru Sukabumi satu ini.

Jika tertarik berkunjung, langsung saja ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Yang lebih tepatnya berada di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Wisatawan juga bisa mendirikan tenda di area yang telah disediakan. Menariknya saat camping pengunjung bisa menikmati panorama Situ Gunung pada malam hari di mana bintang-bintang terlihat sangat jelas.

To Top