Travel

Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Memasuki musim liburan memang menyenangkan. Namun terbang ke suatu tempat dengan naik pesawat seringkali membuat sebagian orang justru ketakutan. Bahkan menurut penelitian, sekitar 40% orang yang melakukan perjalanan naik pesawat terbang mengalami berbagai kecemasan yang mengganggunya.

Apalagi ditambah gencarnya pemberitaan tentang kecelakaan pesawat. Tak heran jika banyak orang mengalami sindrom yang disebut aviophobia atau ketakutan naik pesawat terbang. Di Amerika Serikat sendiri yang notabene negara maju, sekitar 6,5 persen dari populasi penduduk ternyata menderita aviophobia ini.

Kalau kamu termasuk orang yang selalu merasa takut naik pesawat terbang, berikut ini 5 tips yang dianjurkan ahli psikologi agar dapat mengatasi rasa takutmu ketika berada di dalam pesawat.

Anggap sebagai kebiasaan

Begitu berada di dalam pesawat, otak kita langsung menangkap rasa cemas dan menganggap pesawat adalah sebuah ‘ancaman’. Hal ini disebabkan naik pesawat bukanlah kebiasaan kita sehari-hari.

Karenanya kita harus terus menerus mengatakan pada diri sendiri dan melatih otak kita bahwa naik pesawat adalah hal yang biasa dan tidak membahayakan. Selain itu, sering-seringlah menggunakan transportasi udara ketika berlibur untuk membiasakan diri sendiri dan mengurangi rasa takut secara perlahan.

Fokus pada pernapasan

Ketika ketakutan, tak jarang kita jadi merasa napas semakin sesak. Untuk itu, jika mengalami ketakutan di udara, cobalah menarik napas perlahan dan menghembuskannya lebih lama dari biasanya. Lakukan meditasi singkat atau membayangkan momen-momen indah.

Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Edukasi diri sendiri

Mengatasi rasa takut naik pesawat juga bisa dilakukan dengan mengedukasi diri sendiri. Bacalah hal-hal yang berkaitan tentang pesawat, rangka pesawat dan sebagainya. Ketahui bahwa pesawat bukanlah sarana transportasi yang mudah patah atau rusak. Dengan mempelajari seluk beluk pesawat, kamu juga akan lebih tahu dan dapat mengatasi keragu-raguan naik pesawat terbang.

Kenali rasa takut

Menghindari rasa takut justru membuat kamu semakin ketakutan. Lebih cepat menerima rasa takut akan semakin memudahkanmu untuk melawannya. Hadapi rasa takutmu dan lawan dengan keras, karena takut hanya membuatmu merasa tidak nyaman selama berlibur.

Ubah rasa takut jadi permainan

Begitu ketakutan muncul ketika kamu sudah berada di udara, ubah rasa takutmu menjadi permainan. Mungkin kamu bisa memperhatikan orang-orang di sekitarmu dan mencoba melakukan analisa psikologi, bagaimana wataknya berdasarkan wajah, atau fokus pada pramugari dan apapun yang membuat kita nyaman. Lakukan sesuatu yang menyenangkan hingga ketakutanmu mereda.

Nah, itulah 5 tips mengatasi rasa takut naik pesawat yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top