Travel

Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Kamu Kunjungi

Apa yang kamu ingat ketika ada yang menyebut Pekalongan? Pasti sebagian besar dari kalian akan menjawab batik. Ya, jawaban ini memang tidak salah karena Pekalongan memang terkenal dengan batiknya. Tak jarang juga ada yang menjual batik khas Pekalongan di berbagai kota.

Eits… tidak hanya batik, lho! Ternyata Kota Pekalongan juga memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Ada beberapa tempat wisata yang belum banyak orang tahu karena memang jarang terkespos di media. Apa saja tempat wisatanya?

1. Desa Wisata Lolong

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini memanglah sebuah desa. Nuansa khas pedesaan pun terasa masih sangat kental. Buktinya saja, kamu akan disuguhkan oleh suasana pegunungan dan udara yang sangat sejuk. Bukan hanya itu, desa wisata yang satu ini juga sangat terkenal dengan buah duriannya.

Adanya Sungai Singkarang yang lokasinya membelah desa membuat suasananya semakin indah. Bahkan, sungai yang satu ini menjadi lokasi rafting yang sangat terkenal di Pekalongan. Kamu tertarik? Kunjungi saja desa yang berada di Kecamatan Karanganyar ini!

2. Pantai Pasir Kencana

Pantai cantik yang satu ini lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Pekalongan, yaitu hanya sekitar 4,5 kilometer. Saking dekatnya dengan pusat kota, Pantai Pasir Kencana sering dijadikan sebagai pilihan tempat untuk menikmati suasana sore oleh warga sekitar atau para pendatang.

Saat ini kawasan pantai sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga terdapat berbagai fasilitas di sekitarnya. Apabila kamu datang ke sini, kamu akan menemukan toilet, kamar mandi bilas, musholla, bangku untuk bersantai, taman bermain, panggung terbuka, dan berbagai fasilitas lainnya.

3. Gunung Kendalisodo

Khusus untuk yang sangat senang mendaki gunung, kamu bisa coba mendaki Gunung Kendalisodo. Gunung yang satu ini memang tidak terlalu tinggi karena hanya sekitar 1.695 mdpl. Ya, sangat cocok untuk kamu yang merupakan pendaki pemula. Meskipun demikian, jangan sepelekan pemandangannya.

Sebagai informasi, dulunya gunung yang satu ini lebih dikenal sebagai gunung untuk melakukan ritual tertentu. Walaupun begitu, masih banyak saja para pecinta alam yang tidak peduli dan mendaki Gunung Kendalisodo. Puncak gunung ini pun lebih dikenal dengan Puncak Hanoman.

4. Gunung Rogojembangan

Masih dengan wisata gunung nih. Tidak hanya Gunung Kendalisodo, Pekalongan juga memiliki Gunung Rogojembangan. Gunung yang satu ini memang lebih tinggi dari gunung yang kita bahas sebelumnya. Tingginya sendiri mencapai 2.117 mdpl.

Gununf Rogojembangan berada di perbatasan Kabupaten Pekalongan dengan Banjarnegara. Tidak hanya bisa mendaki ke puncak, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik yang ada di sekitar gunung ini. Salah satunya adalah Curug Muncar yang berada di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 1.249 mdpl.

5. Curug Bajing

Kini kita beralih dari bahasan gunung. Pekalongan juga memiliki wisata alam lain yang tak kalah indah, yaitu CurugBajing. Ya, namanya memang cukup nyeleneh bukan? Meskipun demikian, suasananya akan membuat kamu merasa nyaman.

Curug Bajing ini berada di kawasan yang sangat jauh dari pemukiman warga. Kalau kamu ingin ke sini, kamu harus berjalan kaki sekitar 300 meter dari tempat parkir. Air terjun yang ada pada curug ini memiliki bentuk yang sangat unik karena menyerupai perosotan batu dengan tinggi sekitar 80 meter.

Nah, sebaiknya mulai sekarang kamu pilih akan mengunjungi yang mana. Jadi, jika suatu saat kamu ke Pekalongan, tinggal kunjungi saja salah satu tempat wisata ini!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top