Travel

Tempat Wisata Di Pekanbaru Riau

Situs ini merupakan situs kumpulan tempat wisata terbaik dan populer saat ini dan juga yang paling ramai dikunjungi seluruh kalanagan dalam nengeri maupun internasional. Tempat wisata di Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah objek wisata yang sangat melimpah. Objek wisata tersebut dapat kita jumpai dari sabang sampai merauke. Beberapa objek wisata yang terkenal di Indonesia yang kami rangkum didalam situs iniRiau salah satu provinsi di Pulau Sumatra Ibu Kota Pekanbaru ini dikenal bukan sebagai kota tujuan utama untuk berwisata. Sebab, masih kurangnya promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan pariwisata di Riau. Seperti yang kita ketahui, setiap jengkal tanahnya memiliki potensi yang luar biasa jika dikembangkan dengan maksimal. Salah satunya adalah Riau, jika Kamu ingin mencoba wisata yang berbeda dari lainnya dan kamu ingin menjadi salah satu pelopor sekaligus duta bagi dunia pariwisata di Riau maka kamu dapat berkenalan terlebih dahulu dengan sembilan tempat wisata di Riau sebelum kamu memulai petualangan disana.

1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus adalah satu-satunya candi yang berada di Riau. Candi ini merupakan peninggalan sejarah yang masih tersisa, dulunya digunakan sebagai salah satu candi bagi agama Budha. Candi Muara Takus ini berjarak cukup jauh dari pusat kota Pekanbaru yaitu sekitar 135 km. Sebagai pertanda antara kawasan Candi Muara Takus dan area luar maka dibangunlah tembok yang cukup besar mengelilingi kompleks Candi Muara Takus, dan tembok ini berbatasan langsung dengan pinggir Sungai Kampar Kanan.

2. Museum Kandil Kemilau Emas

Museum Kandil Kemilau Emas terletak di Pulau Belimbing Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau. Musem ini bergaya rumah adat Riau, lokasi yang tidak begitu luas membuat museum ini hanya memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyimpan benda-benda bersejarah, seperti barang tembikar atau barang-barang peninggalan para pedagang asing yang berasal dari China.

3. Makam Syekh Burhanuddin

Makam Syekh Burhanuddin yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Riau ini terletak di Kuntu Lipat Kain Kabupaten Kampar, Riau. Makan ini bisa dijadikan salah satu lokasi tujuan wisata di Riau, namun pada hari-hari biasa pengunjung makam ini cenderung sedikit. Puncak peningkatan jumlah pengunjung terjadi ketika menjelang bulan Ramadhan, banyak umat muslim yang berziarah dan memanjatkan doa.

4. Masjid Raya Pekanbaru

Masjid Raya Pekanbaru yang terletak dipusat kota Pekanbaru ini merupakan salah satu lokasi yang bisa dijadikan tujuan wisata di Riau. Masjid ini tidak hanya besar, namun juga menyimpan sejarah. Masjid Raya Pekanbaru pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Masjid raya salah satu bukti dari kesuksesan Kerajaan Siak tepatnya pada abad ke-8 menguasai Riau.

Di area sekitar masjid terdapat sumur yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lokasi melakukan berbagai aktivitas, seperti menunaikan nazar. Sumur ini menjadi pilihan favorit masyarakat karena dianggap memiliki unsur magis yang cukup kuat. Salah satu lokasi penting yang terdapat di dalam kompleks Masjid Raya Pekanbaru ini adalah makam dari kedua tokoh pendiri Kota Pekanbaru yaitu Sultan Marhum Bukit dan Marhum Pekan.

5. Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin berlokasi di kompleks Banda Serai kota Pekanbaru yang berfungsi sebagai pusat seni dan budaya masyarakat Riau. Anjungan Seni Idrus Tintin memiliki arsitektur yang cukup unik berbentuk seperti rumah adat Riau yang sangat klasik. Anjungan Seni idrus Tintin ini merupakan bangunan khusus yang disediakan oleh pemerintah Riau untuk masyarakat pada umumnya dan penduduk Pekanaru pada khususnya. Tujuan didirikannya anjungan ini adalah agar masyarakat Riau memiliki fasilitas yang layak sebagai tempat untuk mereka menyalurkan bakat seni mereka.

6. Pasar Terapung di Tembilahan

Pasar Terapung di Tembilahan ini hampir mirip dengan pasar-pasar terapung pada umumnya. Baik pembeli dan penjual melakukan transaksi jual-belinya diatas perahu kayu. Satu hal yang menjadikan Pasar Terapung di Tembilahan sebagai lokasi wisata yang wajib dikunjungi di Riau karena pasar terapung ini satu-satunya pasar terapung yang masih bertahan di Riau.

7. Pantai Rupat

Pulau Rupat adalah pulau di Riau yang memiliki garis pantai sepanjang 17 km dan pantai disepanjang Pulau Rupat ini kesemuanya memiliki pasir putih. Menarik bukan, jadi di Riau pun ada pasir putih yang tidak kalah menariknya dengan pantai yang berada di Pulau Bali.

8. Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Taman Nasional Bukit Tigapuluh adalah lokasi konservasi bagi ekosistem yang sudah hampir terancam punah, yang terletak di dataran tinggi hutan rimba. Taman Nasional Bukit Tigapuluh ini menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna. Bahkan disekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh masih banyak suku-suku asli Riau yang menempati daerah yang masih berlokasi ditengah hutan tersebut.

9. Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh yaitu sebagai pusat konservasi flora dan fauna. Namun, satu hal yang membedakan keduanya adalah Taman Nasional Tesso Nilo terletak di dataran rendah namun tepat dikelilingi hutan.

Ternyata Riau punya banyak tempat wisata yang menarik, bagi kamu yang ingin berpetualangan di Riau. Maka, jangan lupa kunjungi Candi Muara Takus, Masjid Raya Pekanbaru, Museum Kandil Kemilau Emas dan juga yang lainnya ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top