Travel

Ternyata Ada Banyak Tempat Aneh di Bumi. Di Mana Saja?

Pernahkah kamu membayangkan pergi ke tempat-tempat aneh layaknya di film? Mungkin pertanyaan ini cukup konyol, tapi tahukah Anda? Ternyata di dunia nyata ini ada juga lho tempat-tempat yang aneh dan unik. Wah, seperti apa ya? Di mana tempatnya?

1. “Causeway” Raksasa, Irlandia

Sudah bisa dilihat ‘kan betapa unik dan cantiknya tempat yang satu ini? Kecantikannya disebabkan adanya gunung api yang meletus pada enam puluh juta tahun yang lalu. Gunung api tersebut memuntahkan lahar yang akhirnya menjadi dingin dan memadat.

Fenomena tersebut akhirnya membentuk batuan yang menyerupai poligon. Diperkirakan sampai saat ini ada 37.000 poligon yang memiliki kolom simetris sempurna. Saat ini, Causeway menjadi sebuah Situs Warisan Dunia.

2. Plain of Jars, Laos

Tempat yang satu ini memiliki banyak guci raksasa yang terbuat dari batu megalitik raksasa yang tersebar di Propinsi Xieng Khouang. Ada mitos yang mengatakan bahwa guci-guci tersebut selalu digunakan dalam upacara pemakaman kuno.

Hal ini berbeda dengan legenda setempat yang mengatakan bahwa semua guci tersebut digunakan untuk menyeduh anggur beras para raksasa. Laos bagian utara menjadi sasaran pengeboman besar-besaran oleh Amerika pada tahun 1960-an. Namun, kini daerah ini sudah dinyatakan aman bagi pengunjung.

3. Catacombs, Paris

Catacombs dikenal sebagai tempat yang sangat menyeramkan karena merupakan sebuah terowongan tambang tua di bawah kota yang sekaligus tempat “peristirahatan terakhir” bagi enam juta warga Paris. Makam yang berada di bawah tanah ini berisi tengkorak dan tulang yang diambil dari kuburan pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas.

Pemerintah setempat pun menyadari potensi wisata dari tempat ini, sehingga semua tulang dan tengkorak yang ada disusun sedemikian rupa. Hal inilah yang akhirnya menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

4. Danau Warna-Warna, Kanada

Siapa sangka kalau danau yang satu ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Danau ini dianggap suci dan dihormati oleh penduduk asli Lembah Syilx.  Apa yang membuat mereka sangat menghormatinya? Ternyata ini disebabkan oleh fenomena aneh dari danau.

Saat musim panas, air danau akan menguap dan mineral kecil akan tertinggal di dalamnya. Masing-masing mineral memiliki warna yang berbeda di setiap lapisan. Danau yang sangat unik ini dapat dilihat dari Highway 3, barat laut kota kecil Osoyoos Kanada.

5. Danau Hillier, Australia Barat

Masih membahas tentang danau, kita beralih ke Australia Barat. Danau yang ditemukan pada tahun 1802 ini selalu memancarkan warna pink selama sekian tahun. Para ilmuwan yang melakukan penelitian pun mengatakan bahwa warna tersebut ternyata dihasilkan oleh kandungan salinitas yang tinggi. Tidak hanya itu, ada juga spesies alga jenis Dunaliella Salina dan bakteri merah muda yang dikenal sebagai halobacteria.

Danau cantik ini sangat tidak berbahya, namun sayangnya siapapun tidak diizinkan untuk berenang di dalamnya. Alasannya? Bukan hanya untuk melestarikan alam, danau ini juga dipakai untuk penelitian. Oleh sebab itu, pengunjung yang penasaran hanya bisa menikmati keindahan danau ini dari atas helikopter.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top