Travel

Tips Liburan Akhir Tahun Dengan Aman Di Masa Pandemi Covid-19

Tips Liburan Akhir Tahun Dengan Aman Di Masa Pandemi Covid-19

Di masa pandemi ini tentunya kalian banyak menghabiskan waktu di rumah. Nah jelang akhir tahun nanti, tidak mungkin kalian tetap berada di rumah. Kalian pastinya menginginkan untuk pergi berlibur meskipun dalam waktu yang singkat untuk merayakan hari pergantian tahun.

Memang di masa pandemi ini sebaiknya untuk tetap berada di rumah. Namun, pergi liburan sekali-kali pun tidak apa-apa. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa jenuh yang timbul selama berada di rumah. Jika memang demikian, sebelum kalian berlibur, pastikan liburan tersebut sudah direncanakan dengan matang agar saat liburan kalian tidak akan terganggu dengan hal apapun.

Nah yang paling penting adalah liburan yang dilakukan harus tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Berikut ini tips aman liburan akhir tahun di masa pandemi Covid-19. Simak ya!

1. Pastikan kondisi kesehatan

Sebelum liburan, kalian harus memastikan kondisi kesehatan kalian terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan pencegahan virus. Sebelum liburan, ada baiknya kalian melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika perlu lakukan tes rapid agar mendapatkan surat bebas Covid-19  yang bisa digunakan sebagai bukti bahwa kita dalam keadaan sehat ketika liburan.

2. Tentukan tujuan liburan yang aman

Sebelum pergi liburan akhir tahun, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah tentukan tempat yang menjadi destinasi liburan dimana tempat tersebut harus aman dan tidak masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19. Untuk mendapatkan informasi mengenai hal ini, kalian bisa membuka situs resmi yang memberikan informasi mengenai Covid-19.

Sebagai solusi, kalian bisa berlibur ke alam karena jarang ada kerumunan. Wisata alam memiliki ruang gerak yang luas sehingga dapat menghindari kontak dengan orang lain. Carilah wisata alam yang menerapkan protokol kesehatan termasuk membatasi jumlah pengunjung 50% dari kapasitas biasanya.

3. Cari tau aturan yang ditetapkan di destinasi wisata yang dituju

Tips selanjutnya adalah kalian harus mencari tahu terlebih dahulu aturan yang diterapkan oleh destinasi wisata yang kalian tuju. Selain aturan untuk menggunakan masker, mungkin ada peraturan lainnya seperti batasan jumlah pengunjung, jam operasional, proses pembelian tiket, wahana yang dibuka, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar liburan akhir tahun yang kalian lakukan tetap aman dan nyaman terutama jika kalian liburan bersama dengan keluarga.

4. Siapkan dokumen yang diperlukan

Saat ini, membawa dokumen ketika bepergian memang diwajbkan. Dokumen yang dimaksud seperti KTP, KK, surat kesehatan, surat keterangan bebas Covid-19, dan sebagainya. Jika di perjalanan ada pemeriksaan dan kalian lupa membawa dokumen-dokumen tersebut, maka dipastikan liburan yang sudah direncanakan akan gagal.

5. Lakukan pemesanan tiket secara daring

Jika kalian berencana menggunakan transportasi umum untuk liburan akhir tahun, maka sebaiknya pesanlah tiket secara daring. Hal ini dilakukan untuk menghindari antrian dan kontak langsung dengan banyak orang. kalian bisa memanfaatkan situs-situ penjualan tiket secara online yang terpercaya seperti tiket.com, traveloka.com, dan sebagainya.

Apabila terpaksa harus beli tiket secara langsung, maka pastikan bahwa tempat penjualan tiket tersebut menerapkan protokol kesehatan termasuk aturan jaga jarak antrian maksimal 2 meter.

6. Selalu membawa hygiene kit

Ketika liburan akhir tahun di tengah pandemi ini, jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan kesehatan atau hygiene kit meliputi masker cadangan, disinfektan, hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, dan sabun. Selain itu, kalian juga bisa membawa face shield sebagai alat perlindungan lainnya dan peralatan makan sendiri. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan.

7.  Cobalah untuk melakukan staycation

Meskipun tidak bepergian jauh, kalian masih bisa menikmati liburan dengan  melakukan staycation di penginapan dalam kota sendiri. Kalian bisa pergi ke hotel terdekat yang tentunya menawarkan fasilitas lengkap dan juga menerapkan protokol kesehatan. Staycation bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa bosan selama beraktivitas di rumah.

Baca Juga : Romantisme Wisata Malam Jakarta

Nah itulah beberapa tips liburan akhir tahun dengan aman selama masa pandemi Covid-19. Dengan tips ini, mungkin bisa menjadi referensi bagi pembaca yang ingin menikmati liburan akhir tahun dengan aman dan nyaman terutama ketika liburan bersama dengan keluarga.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top