Travel

Tips Liburan Aman Bersama Anak Yang Belum Vaksinasi

Tips Liburan Aman Bersama Anak

Hampir semua anak di Indonesia belum mendapatkan vaksinasi virus Corona. Meningkatnya kasus COVID-19 sendiri diketahui salah satunya karena banyaknya masyarakat yang masih belum divaksinasi. Anak-anak salah satunya, karena belum ada vaksin COVID-19 yang diperuntukan bagi anak di bawah 12 tahun. Melansir dari CNN, risiko terpapar COVID-19 saat liburan sangat berkaitan dengan tujuan, kontak dekat dan apa yang dilakukan. Nah, berikut ini tips aman liburan bersama buah hati:

Risiko COVID-19 Bagi Anak-anak

Saat membicarakan COVID dan anak-anak yang tak divaksinasi, dua jenis risiko wajib diperhatikan, yaitu risiko langsung untuk anak-anak dan risiko penularan kepada orang lain. Kebanyakan anak-anak memang tak memiliki penyakit berat yang dapat berpotensi menjadi penyerta COVID-19. Selain itu kasus meninggal karena COVID-19 pada anak pun jauh lebih sedikit.

Lihat Juga: Ingin Liburan Hemat? Ikuti Tips Ini!

Namun, kasus tersebut tetap ada dan beberapa anak juga mengalami COVID-19 berkepanjangan. Jadi saat risikonya rendah untuk anak, penularan kepada anak-anak dan orang dewasa yang tak divaksinasi masih jadi perhatian serius.

Apakah Perjalanan Darat Lebih Aman Dibanding Pesawat Terbang?

Liburan akan membuat seseorang lebih sering bertemu dengan orang lain. Artinya, hal ini juga meningkatkan kemungkinan tertular COVID-19. Ketika terbang, kemungkinan akan bertemu dengan orang dari berbagai daerah bahkan dunia ketika berada di bandara ataupun pesawat. Untungnya, masih belum ada kasus penularan di dunia penerbangan. Secara umum, traveling menggunakan mobil cenderung lebih aman. Sebab, paparannya terbatas di tempat peristirahatan.

Destinasi Liburan Juga Memengaruhi Risiko

Salah satu yang patut dipertimbangkan yaitu tingkat kasus penularan COVID-19 di destinasi yang dituju. Saat kasus meningkat maka tingkat penularannya pun bisa dikatakan tinggi. Dalam beberapa minggu terakhir, tingkat penularan COVID tertinggi tampak pada komunitas dengan tingkat vaksinasi rendah. Salah satu cara menilai risiko destinasi tertentu aman atau tidak yaitu dengan membandingkan tingkat COVID dan vaksinasi terbaru di kawasan tersebut.

Lihat Juga: Tips Traveling Saat Pandemi, Aman Dan Nyaman

Kegiatan Apa Yang Lebih Aman?

Intinya, kegiatan di dalam ruangan akan lebih berisiko, karena virus dapat melayang di udara selama beberapa waktu. Namun yang juga patut diperhatikan yaitu komunikasi intens yang lama saat berada di luar ruangan. Duduk beberapa jam di stadion, menghadiri festival atau konser musik juga sangat berisiko. Apalagi jika tak mengenakan masker dan tingkat vaksinasi yang masih rendah.

Bagaimana Cara Menurunkan Risiko Infeksi Selama Liburan?

Tak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Sebab, bepergian pasti meningkatkan paparan terhadap anak-anak dan orang dewasa yang belum divaksin. Penting untuk diingat, vaksinasi hanyalah salah satu cara untuk mengurangi risiko. Lainnya yaitu dengan disiplin mengenakan masker dan mengikuti peraturan lainnya untuk mencegah penularan virus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top