Travel

Tips Merencanakan Liburan

Tips Merencanakan Liburan

Berlibur adalah cara terbaik untuk bersantai, beristirahat dari rutinitas dan bersenang-senang. Namun demikian, perencanaan liburan yang baik akan sangat membantu Anda karena perencanaan yang buruk akan membuat liburan Anda berantakan dan bahkan membuat stress. Dibawah ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam merencanakan liburan impian

TENTUKAN TUJUAN

Buatlah daftar 5 tempat tujuan liburan yang Anda inginkan. Pikirkan apa yang Anda inginkan selama liburan. Apakah Anda ingin menemukan petualangan baru atau Anda hanya ingin bersantai saja? Apakah Anda menginginkan suasana kemeriahan pesta atau ingin menjelajah wilayah yang memiliki sejarah dan kebudayaan yang unik? Apa yang Anda inginkan pada saat liburan akan berpengaruh pada wilayah tujuan liburan Anda, jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda menentukan tujuan liburan.

PIKIRKAN KONDISI KEUANGAN

Inilah saatnya Anda mencari informasi di internet mengenai biaya yang diperlukan apabila Anda ingin bepergian ke suatu tempat. Jika sudah menemukan angkanya, maka pikirkanlah apakah sudah sesuai dengan kantong Anda. Selain biaya akomodasi, transport dan makan juga harus diperhitungkan. Apakah Anda akan menginap di rumah kost, apartemen, tempat tinggal seorang kawan, hostel atau hotel? Kondisi tiap penginapan tentunya juga berbeda. Pada apartemen bisa jadi Anda tinggal satu atap dengan pemilik sehingga harus lebih menjaga kesopanan dan kebersihan. Demikian juga apabila tinggal dengan teman. Di hostel, Anda harus siap tidur bersama orang lain dalam satu kamar, serta harus siap menghadapi ruang kamar yang sudah dalam kondisi gelap pekat karena yang lain sudah tertidur pulas tatkala Anda kembali ke hostel saat telah larut.

ATUR PERJALANAN DENGAN TEPAT             

Bandingkan harga tiket pesawat antara maskapai yang satu dengan yang lain secara online untuk tempat tujuan yang sama. Anda juga perlu mengenal lebih jauh masing-masing maskapai sehingga Anda tahu bagaimana kualitasnya. Misalnya banyak menawarkan harga promo tetapi seringkali delay, atau murah tetapi pelayanannya buruk, dan lain sebagainya. Beberapa situs wisata seringkali menawarkan paket harga penerbangan sekaligus penginapan sehingga Anda dapat memperoleh harga yang jauh lebih murah. Jika pesawat masih dirasa mahal, Anda dapat memilih bus malam atau kereta api, namun itu semua tergantung dari tempat tujuan liburan Anda.

ATUR AKOMODASI

Bukalah situs pemesanan penginapan terpercaya yang memungkinkan Anda untuk membandingkan harga penginapan, fasilitas yang disediakan, akses menuju penginapan tersebut hingga rating yang diberikan oleh pengunjungnya. Kalau perlu, baca beberapa testimony dari beberapa pengunjung. Dari sini tidak jarang kita menemukan kekurangan atau kelebihan yang tidak tersebut dalam data sebuah penginapan. Misalnya saja disebutkan bahwa wifi tersedia disana, namun pengunjung merasa koneksi internet di daerah tersebut sangat buruk sehingga percuma saja meskipun wifi tersedia, atau disebutkan tersedia pengering rambut, namun ternyata tidak untuk setiap kamar, air panas yang sering tidak keluar dan lain sebagainya. Pemilihan penginapan merupakan sesuatu yang subyektif ; beberapa orang memilih penginapan yang dekat dengan area tujuan wisata, sementara yang lain lebih mementingkan apa fasilitas yang diberikan penginapan tersebut. Untuk menghemat biaya, coba Anda buka situs yang menampilkan rumah atau apartemen yang dapat disewa dalam waktu singkat, seperti Airbnb misalnya.

RENCANA KEGIATAN

Last but not least, sebaiknya rencanakan kegiatan Anda selam liburan se-detil mungkin. Tentu saja Anda  ingin memiliki waktu longgar untuk menikmati setiap spot yang Anda tuju, namun mengatur semuanya dengan rencana yang matang juga perlu. Jangan sampai begitu tiba di tempat tujuan, Anda hanya berjalan tak tentu arah dan akhirnya bingung harus kemana atau mengerjakan apa. Sebaiknya buat rencana, kalau perlu lengkapi datanya dengan akses menuju tempat tujuan, walaupun mungkin tidak semua dapat Anda jajaki atau lakukan. Namun demikian, jika kemudian rencana yang Anda buat diputuskan untuk dibatalkan dan Anda memilih mengikuti kemana arah kaki melangkah, tentu saja tidak ada masalah dengan itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top