Travel

Tips Pergi Liburan Saat Musim Hujan

Datangnya musim hujan, bukan berarti Anda harus mati gaya. Ayo liburan! Memang sih, bepergian saat musim hujan itu tidak mudah. Jalanan licin, udara dingin, hujan yang tidak bisa diprediksi hingga berbagai macam bahaya mengintai seperti petir menyambar dan pohon tumbang. Sehingga ketika hari libur tiba bertepatan dengan musim hujan, Anda berpikir mungkin sebaiknya Anda tidak ke luar rumah dan hanya meringkuk di balik selimut. Jangan sampai menyesal karena melewatkan liburan begitu saja, sebab, sebenarnya banyak cara kok agar Anda tetap bisa pergi berlibur dengan nyaman dan aman meski musim hujan. Berikut beberapa tips yang kami rangkum untuk Anda.

Pakai Pakaian Hangat

Jangan sampai liburan Anda tidak nyaman karena Anda salah memilih kostum. Udara dingin, ada baiknya mengenakan pakaian hangat. Mulai dari jaket, baju lengan panjang atau sweter, celana panjang, kalau perlu pakailah syal atau topi kupluk untuk menghindari Anda dari udara dingin. Pilihlah pakaian yang stylish agar Anda tetap percaya diri. Nggak lucu kan, kalau selama liburan Anda menggigil terus sepanjang jalan?

Bawa Payung

Ketika Anda memutuskan untuk pergi liburan saat musim hujan, tentu benda yang harus Anda bawa adalah payung. Agar muat ditaruh dalam koper barang bawaan Anda, bawalah payung lipat yang lebih praktis. Atau bawalah mantel hujan kalau ingin lebih praktis. Bisa juga jaket tebal dengan tudung yang mampu menghalau kepala Anda dari hujan. Apa pun boleh, asal Anda tidak kehujanan saat mengunjungi tempat wisata. Selain itu, membawa sendiri dari rumah lebih murah dibanding harus membeli di tempat wisata. Pedagang kerap memanfaatkan situasi, apalagi di tempat wisata.

Bawa Baju Ganti

Jika Anda bermaksud bepergian selama beberapa hari, Anda pasti membawa pakaian ganti. Namun, berkunjung ke temapt wisata yang dekat, sekalipun Anda tidak menginap, Anda tetap harus membawa pakaian ganti kalau ingin nyaman berlibur saat musim hujan. Tidak perlu banyak, cukup satu set saja. Baju, celana, pakaian dalam diperlukan kalau-kalau Anda kehujanan di tempat wisata.

Pakai Sepatu yang Nyaman

Jika ingin tetap memakai sepatu hak tinggi saat pergi liburan di musim hujan, jangan harap akan nyaman mengenakan sepatu hak tinggi dengan tumit runcing. Pilihlah wedges. Namun, itu pun akan membuat Anda gampang terpeleset. Cobalah pakai sepatu kets atau sandal. Pilihlah yang modis agar Anda tetap percaya diri.

Liburan di Dalam Ruangan

Tempat-tempat wisata yang asyik dikunjungi saat musim hujan nyaris tidak ada. Berlibur ke pantai saat musim hujan adalah ide buruk. Tidak mungkin juga Anda pergi ke kolam renang atau wahana air lainnya saat musim hujan. Saran dari kami, cobalah berlibur di dalam ruangan saja. Seperti menyewa vila di pegunungan. Anda tidak akan bosan sebab biasanya vila menyediakan berbagai fasilitas seperti televisi dan organ tunggal. Pergilah bersama orang terkasih. Duduk di perapian di vila di tengah gunung, ditemani cokelat panas dan orang-orang terkasih, cukup menarik, bukan?

Berburu Kuliner Hangat

Daripada hanya makan mi rebus di rumah, cobalah pergi ke luar rumah saat liburan musim hujan untuk berburu kuliner hangat. Anda boleh sengaja berburu kuliner ke tempat yang agak jauh dari rumah untuk mencari pengalaman baru.  Jangan lupa pakai pakaian hangat dan bawalah payung atau mantel. Berburu kuliner hangat di musim hujan, hati senang, tubuh tetap hangat!

Jangan Harap Bisa Mendapatkan Banyak Foto

Pergi liburan ke tempat wisata adalah momen yang tepat untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Namun, bukan berarti Anda harus nekat juga. Rela hujan-hujanan demi mengambil sebuah gambar kelihatannya terlalu memaksakan diri, ya? Beberapa spot di tempat wisata yang Anda kunjungi bisa saja terlalu licin dan berbahaya untuk Anda berfoto. Anda harus memberi tahu diri Anda sendiri bahwa Anda tidak akan bisa mendapat banyak foto dari liburan kali ini. Lagipula, asyik foto sana-sini akan mengurangi kesenangan liburan Anda. Fokuslah berlibur, berinteraksi dengan orang-orang di tempat wisata dan perbanyaklah kualitas keintiman Anda dengan orang terkasih yang Anda ajak liburan saat itu.

Manfaatkan Ramalan Cuaca

Anda bisa saja pergi ke pantai saat musim hujan dengan catatan, lihatlah ramalan cuaca. Sekarang ini, ramalan cuaca dari BMKG mudah diakses dari mana saja. Mulai dari siaran tv, ramalan cuaca di koran bahkan ramaln cuaca BMKG ada aplikasinya sendiri. Pastikan sumber dapat dipercaya. Cocokkan tanggal liburan Anda dengan ramalan cuaca. Jangan nekat pergi kalau ramalan cuaca mengatakan hari itu akan turun hujan lebat. Memang sih, ramalan cuaca bisa saja meleset. Tapi, tidak ada salahnya berjaga-jaga, kan?

Itu dia beberapa tips dari kami. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan seberapa pun antusiasnya Anda merencanakan liburan sebab musim hujan identik dengan mudahnya tubuh tertular flu. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top